l Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi


Advertisement
Advertisement

Pengertioan Periodisasi - Periodisasi adalah pembabakan dalam sejarah. Periodisasi sejarah pada umumnya didasarkan terhadap suatu kejadian yang bersifat aktual atau pada momen tertentu.

Periodisasi adalah proses pembagian rencana tahunan ke dalam fase latiha yang lebih kecil, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam menyusun bagian-bagian  yang lebih dapat diatur serta untuk menjamin pemuncakan / peaking yang tepat dalam pertandingan penting di tahun yang bersangkutan

Manfaat Periodisasi 

Manfaat periodisasi atau pembabakan sejarah merupakan suatu peristiwa sejarah yang teramat panjang. Hal demikian, mampu menimbulkan adanya kesukaran dalam mempelajari sejarah tersebut.

Ingatan manusia yang terbatas juga tidak mampu dalam menyimpan setiap memori tentang suatu peristiwa dalam sejarah yang rumit dan terus menerus.

Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu untuk disederhanakan dan disusun sedemikian rupa agar dalam membaca suatu gambaran peristiwa dapat saling berhubungan dan disatukan.

Hal ini menjadi suatu peran dalam periodisasi, atau fungsi dalam pembabakan sejarah untuk memudahkan bagi kalangan umum atua setiap orang dalam mempelajari sejarah.

Tujuan Periodisasi 

Lebih khususnya, manfaat periodisasi atau tujuan pembabakan dapat disimpulkan sebagai berikut:
  1. Untuk menyatuhkan peristiwa yang memang berangkai antara kejadian-kejadian sejarah.
  2. Untuk memudahkan mempelajari peristiwa sejarah.
  3. Untuk memudahkan ingatan.
  4. Untuk menghindari kebosanan belajar sejarah.
  5. Untuk mendapatkan suatu pandangan kejadian peristiwa sejarah. 

Komponen Periodisasi Sejarah 

Periodisasi mempunya dua komponen utama yakni kronologi dan juga kronik.
1. Kronologi
Pengertian Kronologi adalah urutan waktu dari sejumlah kejadian atau adanya peristiwa. Selain itu, sejumlah kejadian atau peristiwa demikian haruslah saling berkesinambungan agar dapat terciptanya sebuah periodisasi yang baik.

Hal ini dimana periodisasi tersebut runtut dan tidak dengan cara melompat-lompat dalam uran waktunya sehingga dapat diarunut dari masa kemasa.

Bahasan kronologi adalah suatu sistem kalender yang digunakan dari sejumlah tempat berbagai zaman yang memiliki perbedaan serta menerjememahkan istem kalender dengan sistem kalender yang lain.

Adanya perbedaan sistem kalender pada setiap daerah yang menyebabkan adanya keragaman sistem kalender yang terdapat di dunia.

2. Kronik.
Selain pengertian Kronologi, juga dikenal adanya Kronik sebagai komponen dalam periodisasi sejarah.

Pengertian Kronik adalah kisah atau catatan peristiwa yang berdasarkan pada urutan waktu. Beberapa contoh kronik di antaranya: 
  • Adanya catatan perjalanan Fa Hien ke Tarumanegara.
  • Terdapat catatan perjalanan kedua tokoh Cina demikian disusun secara sistematis berdasarkan urutan waktu sehingga mampu dalam memberikan informasi yang baik.
  • Kisah perjalanan I-tsing dari China ke India yang melewati Sriwijaya.

Contoh Periodisasi 

Terdapat banyak contoh Periodisasi dalam sejarah. Terlebih lagi jika melihat periodisasi atau pembabakan sejarah di Indonesia. Secara umum, periodisasi sejarah dibagi menjadi zaman prasejarah dan zaman sejarah.

Sedangkan dalam periodisasi atau dalam pembabakan waktu sejarah Indonesia berdasarkan menurut Dr. Kuntowijoyo yang terdapat dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Sejarah.

Dalam buku Kuntowijoyo, jenis-jenis periodisasi atau pembabakan sejarah membagi kedalam 4 periode, yaitu zaman prasejarah, zaman kuno, zaman Islam, dan zaman modern.

Contoh Periodisasi 

Adapun contoh-contoh periodisasi atau pembabakan sejarah Indonesia berdasarkan pendapat para ahli antara lain sebagai berikut:..

a. Pembabakan berdasarkan Ir. Sukarno dalam bukunya yang berjudul "Indonesia Menggugat" dibedakan atas:
  1. Masa lampau yang jaya
  2. Masa sekarang yang suram
  3. Masa datang yang gemilang
b. Pembabakan Sejarah Indonesia menurut Prof. Mr. M Yamin yang dikenal dengan "Panca Warsa" antara lain: 
  1. Prasejarah Indonesia (....0 M)
  2. Protosejarah Indonesia (0-600 M)
  3. Babakan Kebangsaan (Zaman Kolonial (600-1525 M)
  4. Babakan antar Bangsa (Zaman International (1525-1900 M)
  5. Abad Proklamasi (1900-1945 M). 
c. Hasil Seminar Sejarah Nasional yang berlangsung di Yogyakarta pada bulan Agustus 1957 membagi sejarah Indonesia ke dalam beberapa babakan antara lain: 
  1. Prasejarah
  2. Zaman Kuno
  3. Zaman 1500-1800
  4. Zaman 1800-1900
  5. Zaman 1900-1942
  6. Zaman sesudah 1942
Ilustrasi: Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuka cakrawala pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi