l Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Menurut Para Ahli | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Menurut Para Ahli


Advertisement
Advertisement

Pengertian Entrepreneur - Pengertian Entrepreneur secara etimologi berasal dari bahasa Prancis, entreprendre, yang telah dikenal mulai dari abad ke-17. Arti entreprendre adalah berusaha.

Sedangkan pengertian Entrepreneur secara terminologi atau terkadang disebut sebagai pengertian entrepreneurship secara istilah adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapinya. 

Segalah hal yang berkaitan dengan sikap, tindakan dan proses yang dilakukan oleh para entrepreneur atau dikenal dengan sebutan entrepreneurship. Jadi pada dasarnya istilah entrepreneurship adalah istilah untuk orang yang bergelut didunia usaha atau entrepreneurship. Entrepreneurship juga disebut dalam merintis, menjalankan dan mengembangkan usaha mereka. 

Entrepreneurship adalah gabungan dari suatu kretivitas, inovasi dan juga dalam keberanian setiap manusia untuk menghadapi resiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru. 

Sehingga apabila disimpilkan bahwa, definisi dari pengertian entrepreneurship adalah kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan siasat, kiat dan proses dalam mengadapi tantangan hidup. 

Ciri-Ciri Entrepreneur 
Terdapat beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur 
  1. Creation, menciptakan suatu peluang bisnis dari peluang yang ada. 
  2. Innovation, mengembangkan inovasi dalam lingkup bisnisnya yang meliputi produk baru, proses, market, material dan organisasi. 
  3. Risk Undertake, setiap entrepreneur menerima dan juga mengambil resiko bahwa bisnis yang dijalankannya akan mengalamik erugian atau kegagalan. 
  4. General Management, pemilik bisnis harus dapat mengelola dan mengalokasikan seluruh sumber dayanya yang terbatas dan yang terakhir adalam performance intention, menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan menghasilkan laba (Yulianto, 2009).

Pengertian Entrepreneur

Berikut pengertian entrepreneur menurut para ahli
1. Pengertian Entrepreneur dalam Bisnis
Dalam bisnis, pengertian entrepreneur adalah memulai sebuah bisnis. 

2. Pengertian Entrepreneur dalam Kamus Merriam-Webster
Dalam kamus Merriam-Webster menggambarkan bahwa definisi dari pengertian entrepreneur adalah sebagai seseorang yang mengorganisir dan menanggung sebuah risiko, sebuah bisnis atau usaha. 

3. Pengertian Entrepreneurship (kewirausahaan) Menurut Thomas W. Zimmerer (2008)
Menurut Thomas W. Zimmerer (2008) bahwa pengertian Entrepreneurship adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi setiap hari. 

4. Pengertian Entrepreneurship Menurut Andre J. Dubrin (2008) 
Menurut Andre J. Dubrin bahwa pengertian entrepreneurship berarti seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.

5Pengertian Entrepreneur Menurut Hendro dan Chandra W.W 
Menurut Hendro dan Chandra W.W (2006) dalam bukunya Be a Smart and Good Entrepreneur menjelaskan bahwa pengertian entrepreneur adalah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup anda di masa mendatang. 

6. Pengertian Entrepreneur Menurut Hisrich (2004, p9)
Menurut Hisrich bahwa pengertian entrepreneurship adalah proses membuat sesuatu yang baru dengan nilai dari konsumsi waktu dan daya yang dibutuhkan untuk memperkirakan keuangan, fisik, dan resiko sosial, dan mendapatkan penghargaan hasil dari moneter dan kepuasaan personal dan kebebasan.

7. Pengertian Entrepreneur Menurut Drucker dalam Alma (2008, p2) 
Menurut Drucker bahwa pengertian Entrepreneur adalah seseorang yang mampu memanfaatkan peluang. 

8. Pengertian Entrepreneur Menurut Schumpeter
Menurut Schumpeter dalam Alma (2008. p.24) bahwa pengertian entrepreneur adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. 

9.Pengertian Entrepreneur Menurut Sarosa (2005, p.2) 
Menurut Sarosa bahwa pengertian Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki visi, semangat dan melakukan suatu tindakan-tindakan yang dapat dibuktikan atau secara nyata dalam dunia usaha untuk menciptakan dan mengembangkan sendiri sumber-sumber pendapatan atau incomenya tanpa harus bergantung semata-mata kepada orang lain. 

Pengertian Entrepreneurship Menurut Suryana 
Menurut suryana bahwa pengertian Entrepreneurship diartikan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inoasi untuk memecahkan dan menari peluang dari masalah yang dihadpai oleh setiap orang dalma kehidupan sehari-hari. 

Sejarah Entrepreneurship 

Entrepreneurship secara historis telah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon di tahun 1755. Istilah entrepreneurship sendiri untuk di luar negeri telah dikenal sejak abad ke-17. Istilah entrepreneurship atau nama-nama istilah entrepreneurship di negara luar disebut dengan beragam nama, misalnya di Belanda dikenal dengan ondernemer, dalam bahasa Prancis dikenal dengan istilah entreprende, dalam bahasa Jerman dikenal dengan nama entrepreneur disebut dengan unternehmer. Sedangkan arti turunan dari unternehmen adalah yang diartikan sebagai menjalankan, melakukan dan berusaha. 

Entrepreneurship kini mulai berkembang dan menemukan babak barunya. Pada tahun 1950-an, telah dirintis pendidikan entrepreneurship . Pendidikan entrepreneurship sebagai contoh-contoh ataupun sebagai pengembangan dalam dunia entrepreneur sangat membantu perkembangannya saat ini dan juga pertumbuhan setiap negara. Sejak tahun 1970-an banyak dari universitas yang mengajarkan entrepreneurship atau manajemen usaha kecil. Pada tahun 1980-an, kurang leih 500 sekolah di Amerika Serika memberikan pendidikan entrepreneurship. 

Sejarah Entrepreneuship di Indonesia
Sedangkan untuk di Indonesia, sejarah entrepreneurship dipelajari hanya sebatas pada beberapa saekolah atau perguruan tinggi tertentu, pada saat itu. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan misalnya adanya krisis ekonomi, pemahaman entrepreneurship semakin membaik seiring kebijakan pemerintah dalam menjalankan pemerataan pendidikan formal.

Selain itu sejarah entrepreneurship di Indonesia semakin berkembang dan maju dengan hadirnya pelatihan-pelatihan yang memberikan contoh-contoh entrepreneurship bagi setiap masyarakat agar mengetahui dan menjalankan cara-cara atau mekanisme entrepreneurship. 

Sifat-Sifat Entrepreneur 

Menurut Alma (2008,53), bahwa terdapat sifat-sifat yang perlu dimiliki oleh seorang entrepreneur agar berhasil. Sifat-sifat tersebut adalah sebagai berikut....

1. Percaya diri 
Sifat utama dari percaya diri dimulai dari pribadi yang mantap, tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat dan saran orang lain, melainkan menggunakan sebagian saran tersebut sebagai masukan.

2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil 
Sifat seorang entrepreneur tidak mengutamakan Prestige dahulu melainkan juga pada focus kepada prestasi yang ingin di capai.

3. Pengambilan Resiko 
Ciri pengambilan resiko berpengaruh penting dalam dunia wirausaha yang penuh dengan resiko dan tantangan. Hal demikian harus diperhatikan adalah bahwa bagaimana seseorang entrepreneur mengambil sebuah resiko dengan penuh pertimbangan.
4. Kepemimpinan 
Dalam diri seorang entrepreneur mutlah mempunyai jiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik harus mendengar suatu saran dan kritik dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.

5. Keorisinilan 
Yang dimaksud dengan orosinil disini adalah seorang entrepreneur yang tidak hanya menjadi pengekor bagi orang lain, akan tetapi mempunyai pendapat sendiri, ide yang orisinil dan mampu merealisasikan ide tersebut.

6. Berorientasi kepada Masa Depan 
Seorang entrepreneur berpikir kedepan atau memiliki visi kedepan. Sebab dalam menjalankan suatu usaha bukan hanya didirikan untuk sementara, akan tetapi selamanya. Untuk menyiapkan visi yang jauh kedepan tersebut, entrepreneur perlu menyusun perencanaan dan juga strategi yang matang.

7. Kreativitas dan Inovasi 
Kreativitas merupakan kemampuan mengembangkan suatu ide yang baru, dan menemukan suatu cara yang baru dalam melihat suatu peluang ataupun berupa problem yang akan dihadapinya. Inovasi demikian adalah kemampuan untuk menggunakan solusi kreatif dalam mengisi peluang hingga mampu membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Demikianlah informasi mengenai entrepreneur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman terlebih lagi menambah cakrawala pengetahuan kita. Bangsa yang besar dengan kondisi zaman saat ini, dibutuhkan seorang entrepreneur atau entrepeneurship yang handal dan mampu mengkolaborasikan dirinya dengan kondisi zaman yang serba digital.

Pengertian Entrepreneur secara etimologi berasal dari bahasa Prancis, entreprendre, yang telah dikenal mulai dari abad ke-17. Arti entreprendre adalah berusaha.    Sedangkan pengertian Entrepreneur secara terminologi atau terkadang disebut sebagai pengertian entrepreneurship secara istilah adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapinya.
Ilustrasi: Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Menurut Para Ahli

Apalagi mengingat lingkungan kita di Indonesia masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan dan keberanian menerjang dunia entrepreneur. Selama berwirausaha. Jayalah Indonesia. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Menurut Para Ahli