Artikel Belajar dan Bermanfaat

Manfaat dan Khasiat Andewi: Sayur Kriting Berkhasiat Bagi Tubuh Anda

Loading...
Advertisement
loading...
Loading...

Advertisement
loading...

Apa itu Andewi?..., Andewi (Cichorium endivia) tergolong sayuran yang berada di dataran tinggi ini, memiliki manfaat dan khasiat yang juga baik bagi tubuh kita. Umumnya, nama andewi mungkin berbeda-beda di daerah ini. Melihat gambarnya saja, teman-teman sudah tentu dapat memikirkan sayuran ini. Sayuran yang biasa anda, atau kita biasa gunakan untuk menambah cita rasa makanan dan jajanan gorengan, memiliki khasiat bagi kesehatan kita dan kaya akan gizi. 

Baca Juga:


Sayuran ini berkerabat dekat dengan cikori (Cichori intibus), andewi banyak dibudidayakan di dataran tinggi di Indonesia, sebaliknya cikori belum ada di tanah air. Sayuran yang daunnya menyerupai sawi bakso, namun daunnya memiliki bentuk yang berlekuk-lekuk alis kriting dan berwarna lebih pucat. Tekstur daun andewi mirip dengan salada daun-lembut dan renyah karena memiliki banyak kandungan air. 

Manfaat dan Khasiat Andewi 

1. Bermanfaat untuk Diet 
Sayuran yang kaya akan kandungan serat ini, sangat berkhasiat bagi anda yang ingin menjaga postur badan anda atau untuk melansingkan tubuh anda. Manfaat dan khasiat Andewi, sangat baik bagi anda yang sedang menjalani diet rendah kalori. Serat andewi tersebut, dapat memberikan atau mengeyangkan anda. Alhasil, andewi tidak membuat anda gemuk, melainkan memberi anda tubuh yang proporsional. 

2. Bermanfaat untuk Menangkal Radikal Bebas
Kandungan vitamin C, memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda. Tentu saja, vitamin C dari setiap sayuran tentu memiliki senyawa ini. Walaupun jumlah vitamin C dari andewi tidaklah cukup besar. Namun, vitamin tersebut, sangatlah berarti bagi tubuh anda. Vitamin C berperan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan serapan zat besi, serta bermanfaat dalma serapan vitamin E dan menurunkan risiko terkena kanker. 

3. Obat Alami untuk Hernia 
Dalam pengobatan alami ala Barat (naturopathy), daun andewi biasanya digunakan sebagai obat alami yang bermanfaat dan berkhasiat untuk pasien yang menderita hernia (lepasnya piringan sendi pada tulang duduk). Mekanisme penyembuhannya melalui penguatan tulang dan sendi. 
Secara kimiawi, andewi memiliki banyak kandungan kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor. Kalsium, magnesium dan fosfor akan memperkuat piringan sendi yang turun atau melengkung. Sedangkan itu, kalium memiliki manfaat dan khasiat dalam mencegah peradangan sehingga mengurangi rasa sakit yang sering dikeluhkan penderita hernia. 

4. Mengobati Radang Urat 
Banyaknya praktisi herbal di Eropa yang mepercayai bahwa daun andewi memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat radang urat (tendonitis). Urat merupakan serat-serat yang melekatkan otot pada tulang. Urat terbungkus oleh membran synovium yang melumasi dan membantu pergerakan tulang. 
Pertambahan usia akan menurunkan produksi minyak tersebut. Para manula rentan dengan penyakit ini. Umumnya, gejala yang dirasakan di pergelangan tangan, lutut, tumit dan punggul. Jika gejala tersebut muncul, penderita akan merasakan nyeri saat menggerakkan tubuh. 

Baca Juga:


Hal ini terjadi, segera konstulasikan kondisi yang Anda alami kepada dokter. Membantu penyembuhan penyakit ini, tak ada salahnya Anda mencoba makan andewi secara rutin. 

5. Meringankan Kelainan Ginjal dan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Andewi mempunyai efek diuretik (peluruh kencing) yang cukup baik. Bagi anda yang menderita kelainan ginjal dan tekanan darah tinggi (hipertensi), efek tersebut bermanfaat dan berkhasiat dalam meringankan penyakit Anda. Penurunan retensi air akan meringankan kerja ginjal. 

6. Bermanfaat untuk Kulit
Salah satu kehebatan dari daun andewi adalah bisa digunakan untuk perawatan seperti mencerahkan dan memutihkan kulit. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai minuman sehari-hari atau membuatnya menjadi lulut atau masker. Kandungan seperti vitamin C dan juga kolagen yang ada di dalam daun akan membantu membuat kulit tubuh dan wajah kamu semakin cerah dan putih berseri.

7. Mencegah kanker paru-paru
Dengan mengkonsumsi daun andewi secara teratur maka akan berfungsi sebgaai penangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan kanker, misalnya seperti kanker paru-paru. Kandungan yang ada di dalamnya akan mencegah sel kanker berkembang.

Deskripsi Sayuran Andewi: Apa Itu Andewi?

Andewi merupakan sayuran daun yang berasal dari daerah (negara) beriklim sedang. Berdasarkan literatur sejarah, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 2.500 tahun yang lalu. Tanaman Andewi diduga berasal dari Asia Barat. 

Di Indonesia, Andewi belum berkembang pesat sebagai sayuran komersial. Andewi masih jarang dibudidayakan. Di masa mendatang sangat mungkin kedua jenis sayuran ini menjadi komoditas komersial. Andewi terdapat dua macam, yaitu andewi berdaun kriting dan andewi berdaun lebar.

Efek Negatif Andewi 

Sebagaimana realitas kehidupan, atau fakta kehidupan. Tentu keuntungan dan kerugian, kebaikan dan keburukan, tidak akan terlepas dalam didunia ini. Begitupula dengan berbagai sayuran dan terkhusus kepada Andewi, karena andewi selain memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh atau kesehatan, juga memiliki kerugian atau efek samping . Beberapa efek samping dari andewi adalah sebagai berikut. 

1. Menyebabkan Tubuh Kekurangan Cairan 
Dengan efek diuretik yang sangat kuat, andewi sebaiknya jangan dikonsumsi oleh mereka yang mengalami dieare karena akan membuat tubuh semakin mengalami kekurangan cairan. Selain dari pada itu, bagi mereka yang menderita gagal ginjal untuk disarankan tidak mengonsumsi sayuran ini, karena akan memperparah kondisi ginjal. 
2. Bahaya Residu Pepstisida 
Umur panen andewi sangatlah singkat. Namun, sayuran ini sangatlah rentan terhadap penyakit. Menjaga hasil panen tetap mulus, biasanya peyani mengendalikan penyakit secara kimiawi dan intensif. Akibatnya, saat dipanen masih terdapat residu pestisida yang cukup banyak. 

Residu pestisida adalah racun bagi hati. Meengurangi efek negatif ini, sangatlah dianjurakn agar sebelum dimasak daun andewi dicuci berulang kali dengan air mengalir. Jadi, lebih aman jika dikonsumsi matang, buka ndengan keadaan mentah sebagai salad.

Kandungan Andewi


Baca Juga:

 
Demikianlah informasi mengenai manfaat dan khasiat andewi. Semoga indormasi ini dapat bermanfaat baik dalam membuka cakrawala pengetahuan kita akan berbagai sayuran yang memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita bersama, dan semoga informasi ini, dapat menginspirasi teman-teman untuk menggunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi:  
Lingga Lanny. 2010. Cerdas memilih sayuran.Jakarta: Agromedia Pustaka.hlm:6-11.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Khasiat Andewi: Sayur Kriting Berkhasiat Bagi Tubuh Anda