Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 16 February 2017

[Kumpulan] 55+ Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah naga bukan berarti buah yang bentuknya seperti naga atau mengeluarkan api. Buah naga atau buah pitaya ini merupakan buah yang berasal dari benua amerika. Terutama di daerah amerika selatan, amerika tengah dan meksiko. Saat ini buah naga bisa ditemukan di berbagai daerah di dunia. Termasuk di indonesia. Ternyata buah ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Kandungan nurtrisinya sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan tubuh,. Berikut ini manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib anda ketahui.
Jenis Buah Naga
Sebelum membahas manfaat dari buah naga,lebih baik anda tahu apa saja jenis dari buah naga itu sendiri. buah naga yang ada di pasaran biasanya hanya warna putih dan merah. Padahal ada jenis buah naga lainnya. Berikut ini jenis buah naga yang dibedakan berdasarkan warna kulitnya.
     Hylocereus polyrhizus
Buah naga jenis Hylocereus polyrhizus memiliki warna kulitnya merah muda.pada bagian daging dalam buah berwarna merah.
     Hylocereus undatus
Buah naga ini memiliki kulit buah warna merah dan warna daging buahnya putih. Jenis buah naga ini yang paling banyak terdapat di indonesia.
     Hylicereus costaricensis
Jenis buah naga ini memiliki daging dan kulit buah yang berwarna merah. Warna merahnya pun sangat pekat. Hampir mirip dengan merah darah.
     Selenicereus megalanthus
Untuk buah naga jenis Selenicereus megalanthus memiliki kulit buah yang berwarna kuning dan bagian dagingnya berwarna putih.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga

Walaupun jenisnya berbeda-beda. Tapi manfaat dan kandungan di dalamnya sama. Banyaknya manfaat buah naga ini dipengaruhi oleh kandungan di dalam buah naga yang sangat banyak sekali. Ada mineral, vitamin dan masih banyak lainnya. Di dalam 100 gram buah naga, mengandung serat 0.71 gram, 11.5 gram karbohidrat, 60 kkal kalori, 134,5 mg kalsium, 87 mg fosfor, 0,53 gram protein, 9,4 mg vitamin c, 90% kandungan air dan 0,65 mg zat besi Berikut ini kandungan yang terdapat di buah naga.

Antioksidan

Tubuh kita sangat membutuhkan antioksidan untuk menghilangkan semua racun di dalam tubuh. Antioksidan berfungsi untuk mencegah penuaan dini, mencegah kanker, menangkal radikal bebas dan masih banyak lainnya. Di dalam buah naga kandungan antioksidannya sangat tinggi. Untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi konsumsilah buah naga.

Kandungan Mineral

Di dalam buah naga mengandung mineral yang banyak sekali. Hampir semua jenis mineral terdapat di buah naga. Mineral memiliki manfaat yang banyak sekali buat tubuh. Bisa digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi serta perkembangan sel di dalam tubuh. Buah naga bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Rendah Lemak

Buat anda yang sedang dalam proses program diet, konsumsi buah naga sangat bagus buat anda karena buah naga rendah lemak. Biji hitam yang terdapat di dalam buah naga ternyata mengandung lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh. Bisa digunakan untuk menghilangkan kolesterol jahat.

Protein

Di dalam buah naga juga mengandung protein yang tinggi. Inilah yang membuat manfaat buah naga sangat banyak sekali. Tubuh kita setiap harinya membutuhkan protein. Protein bisa digunakan untuk membentuk enzim, hormon dan senyawa lain di dalam tubuh.

Sumber Vitamin

Ada banyak sekali jenis vitamin yang terdapat di buah naga. Ada vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, dan lainnya. Semua jenis vitamin tersebut sangat penting untuk tubuh kita. Vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Bahkan buah naga yang sudah dikeringkan memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah naga yang masih segar. Vitamin B1 atau tiamin berfungsi untuk mengatur pola sistem metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Tiamin dapat memproses karbohidrat menjadi energi lebih cepat.
Vitamin B3 berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh dan bisa membuat kulit tampak lebih bersih dan halus. Sedangkan vitamin B12 berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Jadi cocok dikonsusmi buah anda yang baru saja sakit atau operasi. Konsumsi buah naga bisa mempercepat proses penyembuhan.

Kaya Serat

Salah satu kandungan yang sangat penting di dalam buah naga adalah kaya serat. Tubuh kita tentunya sangat membutuhkan serat. Tercukupnya serat di dalam tubuh bisa membuat sistem pencernaan lancar. Jadi tidak ada lagi penyakit sembelit atau susah BAB.
Setelah mengetahui kandungan buah naga dan apa saja jenis buah naga, mungkin anda semakin penasaran dengan manfaat buah naga. Melihat kandunganya yang banyak sekali, tentunya buah naga memiliki manfaat yang banyak. Bisa digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut ini manfaat dari buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang harus anda ketahui.
Mencegah Penyakit Diabetes
Diabetes disebabkan karena kadar gula yang tinggi di dalam darah. Diabetes bisa dialami oleh siapa saja. pola hidup yang tidak sehat membuat resiko penyakit diabetes lebih tinggi. Untuk mencegah penyakit diabetes, anda bisa konsumsi buah naga. Kandungan kadar glikemik indeks yang rendah, dan kandungan vitamin B1 yang tinggi, bisa membantu menurunkan kadar gula tinggi di dalam darah. Anda bisa mencoba untuk konsumsi buah naga setiap harinya. Manis di buah naga juga manis alami, jadi aman untuk penderita diabetes.
Manfaat Buah Naga untuk Diabetes

1. Manfaat Buah Naga Mencegah Kanker
Tak hanya mencegah diabetes saja, tetapi buah naga juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Kanker termasuk penyakit yang berbahaya dan mematikan. Jadi kita harus menghindarinya sejak dini. Buah naga mengandung anti oksidan yang tinggi. Ini bisa membantu menangkal radikal bebas yang memicu tumbuhnya kanker di dalam tubuh. Hal ini juga sudah dibuktikan secara ilmiah oleh universitas of chicago di amerika serikat.
manfaat buah naga untuk mencegah kanker

2. Manfaat Buah Naga Membuat Tulang Lebih Sehat
Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah membuat tulang lebih sehat. Kandungan fosfor dan kalsium di dalam buah naga, membuat tulang lebih kuat. Kedua zat tersebut bisa mencegah osteoporosis dan keropos tulang. Untuk orang dewasa dapat membuat tulang lebih kuat, sedangkan untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, konsumsi buah naga bisa membantu pertumbuhan tulang lebih bagus.
manfaat buah naga untuk tulang sehat

3. Manfaat Buah Naga Mencegah Resiko Penyakit Jantung
Penyakit jantung termasuk penyakit yang paling mematikan di dunia. Dengan konsumsi buah naga anda bisa mencegah resiko penyakit jantung. Buah naga mengandung kalium yang tinggi. Kalium berfungsi untuk membuat kinerja jantung lebih bagus dan melebarkan pembuluh darah. Sehingga peredaran darah ke jantung tetap lancar.
manfaat buah naga untuk jantung

4. Manfaat Buah Naga Menurunkan Berat Badan
Buat anda yang sedang dalam program diet, bisa mencoba konsumsi buah naga. Buah naga mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Jadi ini sangat cocok dikonsumsi buah anda yang ingin menurunkan berat badan. Konsumsi buah naga akan membuat anda tetap kenyang dalam waktu yang lama. Cobalah untuk konsumsi minimal 1 buah naga setiap harinya. Ditambah dengan olahraga teratur, kurangi karbohidrat dan perbanyak konsumsi air putih, ini akan membuat program diet anda semakin sukses.
5. Manfaat Buah Naga Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga mengandung betakaroten yang tinggi. Betakaroten dapat membantu menjaga kesehatan mata dengan baik. Selain itu betakaroten dapat mencegah proses degenerasi makula. Jika mata terkena Sinar UV A dan UV B terus menerus dapat membuat kesehatan mata menurun. Radikal bebas ini bisa merusak sel mata. Untuk menghilangkan semua radikal bebas tersebut, anda bisa konsumsi buah naga secara rutin setiap harinya.
6. Manfaat Buah Naga untuk Sistem Pencernaan Lancar
Jika sistem pencernaan terganggu atau tidak lancar, bisa menggangu sistem lain di dalam tubuh. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar, anda harus konsumsi makanan yang mengandung serat. Buah naga mengandung serat dan vitamin B yang tinggi. Kedua jenis mineral tersebut sangat bagus untuk sistem pencernaan. Sehingga masalah pencernaan seperti diare, susan BAB, disentri dan lainnya akan hilang.
7. Manfaat Buah Naga untuk Membuat Kekebalan Tubuh Semakin Baik
Tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit, jika sistem kekebalan tubuhnya berkurang. Tubuh anda sangat mudah terkena penyakit batuk, flu, demam, pilik, dan berbagai jenis penyakit lainnya. Bahkan jika kekebalan tubuh anda tidak baik, lebih mudah terkena penyakit HIV AIDS. Inilah salah satu manfaat buah naga yang penting. Kandungan protein, vitamin c dan potassium dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan anda tidak mudah sakit.
8. Manfaat Buah Naga untuk Menjaga kesehatan Gigi
Untuk menjaga kesehatan gigi tidak hanya dengan gosok gigi secara rutin. Konsumsi buah naga juga bisa membuat kesehatan gigi anda semakin bagus. kandungan fosfor dan kalsium di dalam buah naga, tidak hanya menjaga kesehatan tulang tetapi juga menjaga kesehatan gigi. Semua masalah gigi ngilu, gigi berlubang, gusi berdarah dan lainnya dapat diatasi dengan konsumsi buah naga secara rutin. Pada saat konsumsi buah naga jangan ditambah dengan gula, karena gula bisa membuat gigi keropos.
9. Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Buah ibu hamil jangan lupa untuk konsumsi buah naga. Ternyata buah naga memiliki manfaat yang banyak sekali buat ibu hamil. Kandungan berbagai macam vitamin, asam folat dan mineral bisa membuat ibu hamil dan janinnya tetap sehat. Bahkan asam folat bisa membantu perkembangan otak janin lebih bagus. konsumsi buah naga secara rutin. Bisa membantu pertumbuhan janin lebih sehat. Cobalah untuk perbanyak konsumsi buah naga di awal trimester pertama.
10. Manfaat Buah Naga untuk Proses Regenerasi Sel Kulit Baru Lebih Optimal
Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah membantu proses regenarasi sel kulit baru lebih optimal. Jadi buah naga tidak hanya bermanfaat buat kesehatan saja, tetapi juga untuk kecantikan kulit wajah anda. Jika kulit wajah selalu beregenarasi, maka kulit anda akan tampak lebih cerah, halus dan bersih. Wajah kusam terjadi karena proses regenarasi yang lambat, sehingga banyak sel kulit mati yang tertimbun di dalam kulit. Selain mengkonsumsinya secara rutin. Anda bisa membuat masker wajah dari buah naga. Haluskan buah naga dan campur dengan sedikit madu. Aduk rata lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 40 menit lalu bilas sampai bersih.
11. Manfaat Buah Naga untuk Mencegah Penuaan Dini
Ketika masuk umum 25 tahun ke atas, kulit akan mengalami perubahan. Jika tidak di rawat dengan baik, bisa mengalami penuaan dini. Jadi kulit akan terlihat lebih tua dibandingkan umur anda sebenarnya. Wajah akan muncul kerutan, keriput, kendor, ada garis dan banyak lainnya. Penuaan dini juga terjadi karena pengaruh radikal bebas. Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin. Buah naga mengandung antioksidan tinggi, sehingga bisa mencegah radikal bebas. Anda bisa membuatnya menjadi masker wajah atau mengkonsumsi buahnya secara rutin setiap harinya.
12. Manfaat Buah Naga untuk Menghilangkan Bintik Hitam
Salah satu manfaat buah naga untuk kecantikan adalah menghilangkan bintik hitam. Bintik hitam bisa dikarenakan bekas jerawat, bekas luka atau sel kulit mati yang mengendap di dalam epidermi wajah. Kulit wajah yang banyak bintik hitam akan membuat penampilan kurang menarik. selain itu make up tidak bisa bertahan lama. Ternyata konsumsi buah naga secara rutin dapat membantu menghilangkan bintik hitam. Selain itu anda bisa membuat makser wajah dari buah naga kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis dan madu. Oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 45 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.
13. Manfaat Buah Naga untuk Menghaluskan Kulit Wajah
Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang halus. Semua orang pasti menginginkannya. Untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, anda tak perlu membayar biaya mahal untuk perawatan di klinik kecantikan. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan buah naga. Tekstur buah naga yang agak kasar, bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Haluskan buah naga tapi jangan sampai terlalu halus. Kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.
14. Manfaat Buah Naga untuk Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat
Tak hanya jeruk nipis, madu dan mentimun saja yang bisa mencegah serta menghilangkan jerawat. Buah naga juga bisa digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Jerawat memang masalah yang sering dialami oleh siapa saja. kulit wajah yang terdapat banyak jerawat, membuat penampilan kurang menarik. apalagi jerawat batu dan meninggalkan bekas jerawat yang membandel. Kandungan vitamin c dan antioksidan yang tinggi di dalam buah naga, bisa membantu merawat kulit wajah berjerawat anda. vitamin c akan membuat bakteri jerawat cepat mati. Lalu antioksidan akan menghilangkan radikal bebas yang membuat bekas jerawat dan jerawat membandel. Anda cukup menggunakan buah naga sebagai masker wajah. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
Sebenarnya manfaat buah naga masih banyak sekali. Tak hanya untuk kesehatan dan kecantikan saja. buah naga juga bisa digunakan untuk mendeteksi adanyan kandungan formalin atau borak di dalam makanan. Dormalin dan borax merupakan pengawet makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Biasanya digunakan pada bakso, tahu, daging, mie dan lainnya. Formalin dan borak bisa menyebabkan kanker di dalam tubuh kita. Caranya rendam makanan yang akan ada uji ke dalam air yang diberi sedikit tetesan jus buah naga. Diamkan selama 15 menit, setelah itu amati airnya. Jika anda memasukan tisu ke dalam air tersebut dan berubah menjadi merah, berarti makanan tersebut mengandung formalin atau borak. Sekian sedikit informasi yang bisa diberikan, semoga bisa bermanfaat buat anda.

Deksripsi: manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak sekali. Jadi mulai sekarang konsumsi buah naga secara rutin. 

[Kumpulan] 55+ Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin