Artikel Belajar dan Bermanfaat

6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Nomor 3 Sangat Penting


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Sistem imun atau kekebalan tubuh sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita, khususnya bagi Anda yang mempunyai anak masih  kecil, sistem imun si kecil sangatlah penting agar si kecil tidak mudah sakit. 

Untuk mencegah anak agar tidak mudah sakit, orang tua melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Terdapat dua jenis sistem imunitas pada tubuh anak yaitu sistem imunitas aktif dimana sistem imun ini berperan penting sebagai anti bodi dan melawan zat asing yang masuk kedalam tubuh.

Yang kedua yaitu sitem imunitas pasif yaitu dengan menyuntikan zat yang mampu meningkatkan antibodi pada tubuh anak-anak. Selain sistem imunitas aktif dan pasih, imunitas dibagi menjadi dua yaitu sistem imun spesifik dan sistem imun non spesifik.

Sistem imun spesifik yaitu sistem imun yang terdiri dari sistem limfoid primer dan limfoid sekunder (sistem imun mukosa dan kelenjar limfe), limfosit B dan limsofit T. Sedangkan sistem imun non spesifik terdiri dari sistem imun yang cenderung bersifat mekanik atau fisik seperti selaput lendir,, silia, kulit, batuk, bersin.

Yang bersifat larut seperti asam lambung, asam neuraminik, lisosim, laktoferin, komplemen , interferon dan CRP. Sedangkan yang bersifat sekunder yaitu seperti Basofil, Eosinofil, Neutrofil, Monosit, Makrofag, Mastosit, Trombosit dan Sel N dan sel K.

Sistem kekebalan tubuh sangat penting karena berfungsi untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur serta organisme lainnya. Membantu memperbaiki DNA serta memiliki fungsi penting bagi kesehatan yakni sebagai anti bodi dengan menghasilkan protein imunoglobulin yang berfungsi untuk memerangi bakteri dan virus jahat yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun pada tubuh anak-anak cenderung masih lemah karena belum bekerja secara optimal, itu sebabnya anak-anak terkadang rentan atau mudah sekali sakit.

Salah satu upaya meningkatkan sistem imun anak agar tidak mudah terjangkit penyakit, biasanya di desa-desa terdapat program imunisasi yang diselenggarakan di posyandu. Namun melakukan imunisasi saja tidak cukup untuk meningkatkan sistem imun anak, agar si kecil tidak mudah sakit orang tua wajib tahu bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh anak.
Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, yaitu :

6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Nomor 3 Sangat Penting

1. Memberikan asi eksklusif


Saat baru melahirkan, seorang ibu dianjurkan untuk memberikan asi eksklusif kepada bayi. Mengapa? Karena pada asi mengandung kandungan sistem imun spesifik dan non spesifik yang cukup lengkap.
Dalam asi mengandung banyak anti bodi yang berbeda. Selain itu kandungan air asi sangat baik untuk usus anak atau bayi sehingga sangat membantu dan baik untuk sistem pencernaan.

2. Istirahat Yang Cukup


Istirahat yang cukup  merupakan salah satu komponen penting agar kekebalan tubuh anak tetap terjaga dan tidak mudah sakit.
Saat anak mengalami flu, biasanya hal tersebut disebabkan karena anak mengalami kelelahan dan kurang istirahat, sehingga sistem imun menurun dan virus mudah masuk.
Usahakan anak untuk istirahat lebih cukup. Porsi tidur untuk anak masih bayi paling bagus adalah sekitar 18 jam. Sedangkan untuk anak balita porsi tidur yang cukup yaitu sekitar 12 jam dan sudah termasuk tidur siang.
Saat tidur, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan yaitu usahakan untuk mematikan lampu saat tidur atau usahakan ruangan saat tidur dalam keadaan gelap.
Ruang yang gelap saat tidur, membantu otak untuk benar-benar istirahat serta dapat membuat otak lebih cerdas.
Jauhkan alat elektronik disekitar tempat tidur, karena radiasi gelombang elektromagnetik berdampak buruk terhadap kesehatan.
Pastikan anak tidur dengan posisi yang teratur sehingga saat bangun tidur tubuh anak tdak mengalami sakit.

3. Asupan Makanan Yang Bergizi


Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak yaitu dengan asupan makanan yang bergizi. Asupan makanan yang dikonsumsi anak mempengaruhi sistem imun pada tubuh. Terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti sayuran hijau, biji-bijian, buah dan masih banyak lagi.

4. Banyak Tertawa


Perasaan senang merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang banyak tertawa dan selalu merasa senang dan bahagia, kekebalan tubuhnya pun cenderung baik sehingga tidak mudah sakit. Begitu pun pada anak, ajak anak untuk selalu bahagia dan tertawa. Lewat bermain, bercanda dan menonton film yang lucu.
Penelitian membuktikan bahwa dengan menonton film lucu atau komedi, akan meningkatkan produksi sel, dimana sel tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Minum Air Putih Yang Banyak


Tahukah Anda mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan kesehatan tubuh? Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulaii dari menyembuhkan penyakit hingga mencegah penyakit. Agar kekebalan tubuh anak Anda meningkat, usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Karena 70% tubuh kita terdiri dari cairan sehingga air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup dapat mencegah dehidrasi atau rasa haus. Karena jika kekurangan cairan tubuh akan terasa lemas. Masih banyak manfaat lain dari mengkonsumsi air putih seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengontrol kalori dan menurunkan berat badan, meningkatkan energi dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membuat kulit menjadi halus dan cerah, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan produktivitas, mencegah penuaan dini. Selain itu dapat mengobati beberapa penyakit seperti sakit kepala atau migrain, sebagi obat demam dan mencegah demam serta baik untuk meningkatkan fungsi otak.

6. Olahraga Secara Teratur


Olahraga memang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk dalam meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Ajak anak Anda untuk berolah raga minimal satu kali dalam seminggu. Setiap hari minggu Anda bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bermain sambil berolah raga.

Demikianlah informasi kesehatan tentang 6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Anak. Semoga informasi ini dapat memberi manfaat kepada anda yang memang sudah menjadi ibu dan ingin meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Nomor 3 Sangat Penting