Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik|Manusia sebenarnya telah membawa kepribadian sejak dilahirkan di muka bumi ini. Pendidikan karakter adalah suatu bentuk kegiatan manusia yang terdapat atas suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Tidak hanya itu, tujuan pendidikan karakter dapat dilihat dibawah ini... 
  • Mengetahui berbagai karakter baik manusia 
  • Mengartikan dan menjelaskan berbagai karakter
  • Menunjukkan contoh prilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari 
  • Memahami sisi baik dalam menjalankan perilaku yang sebagai mana berkarakter
Faktor Pendidikan Karakter
Lingkungan memegang peran penting dalam pendidikan karakter karena perubahan perilaku peserta didik sangat ditentukan oleh faktor lingkungan. Maka dari itu perlunya pembentukan dan rekayasa lingkungan baik itu pada lingkungan fisik, dan budaya sekolah, manajemen sekolah, kurikulum, pendidik dan metode mengajar. Strategi-strategi rekayasa faktor lingkungan dalam pendidikan karakter adalah sebagai berikut...  
1. Keteladanan
2. Intervensi 
3. Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten 
4. Penguatan

Pilar-Pilar Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter didasarkan atas enam pilar yaitu sebagai berikut.. 
1. Trustworthiness (Kepercayaan) 
Jujur, jangan menipu, menjiplak atau mencuri, jadilah orang yang handal yang melakukan apa yang dikatakan dan melakukannya, minta keberanian untuk melakukan hal-hal yang benar, membangun reputasi yang baik, patuh berdiri dengan keluarga, teman dan negara. 
2. Recpect (Respek) 
Bersikap toleran terhadap perbedaan, gunakan sopan santun, bukan bahasa yang tidak baik atau buruk, pertimbangkan perasaan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri, jangan mengancam, memkul atau menyakiti orang lain, damailah dengan kemarahan, hinaan, dan perselisihan. 
3. Responsibility (Tanggung jawab) 
Selalu melakukan yang terbaik, lakukan pengawasan diri, disiplin, berpikirlah sebelum bertindak, mempertimbangkan konsekuensi, bertanggung jawab atas apa saja pilihan yang anda buat. 
4. Fairness (Keadilan) 
Bermain sesuai dengan aturan, ambil seperlunya dan berbagi seperlunya, berpikiran terbuka; mendengarkan orang lain, jangan mengambil keuntungan dari orang lain, jangan menyalahkan orang lain sembarangan.
5. Caring (Peduli)
Bersikaplah atas penuh dengan kasih sayang dan menunjukkan anda peduli, ungkakan rasa syukur, maafkan orang lain, membantu orang yang membutuhkan. 
6. Citizenship (Kewarganegaraan) 
Menjadikan sekolah dan masyarakat menjadi lebih baik, bekerja sama, melibatkan diri atas urusan masyarakat, menghormati otoritas, melindungi lingkungan hidup.

Fungsi Pendidikan Karakter
Fungsi pendidikan karakter yaitu sebagai berikut
1. Mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
2. Memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur
3. Meningkatkan peradaban bangsa agar kompetitif dalam bersaing dalam pergaulan dunia, yang dilakukan dari berbagai media mencakup keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa. 

Nilai-Nilai Pembentuk Karakter
Sebenarnya nilai-nilai pembentuk karakter telah dikembangkan, dan saat ini telah diperkuat atas 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum. 18 nilai pembentuk karakter bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional yang mana nilai-nilai pembentuk karakter dapat dilihat dibawah ini..
1. Jujur 
2. Toleransi
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri 
7. Demokrasi 
8. Rasa ingin tahu
9. Semangat kebangsaan
10. Cinta tanah air
 11. Menghargai prestasi 
12. Bersahabat/komunikatif
13. Cintai damai
14. Gemar membaca
15. Peduli lingkungan 
16. Peduli sosial 
17. Tanggung jawab
18. Religius.

Macam-Macam Kepribadian 
Secara umum, kepribadian terbagi atas 4 macam yaitu sebagai berikut..
1. Koleris adalah kepribadian yang suka kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bos atas dirinya sendiri.
2. Sanguinis adalah kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan kegiatan sosial dan bersenang-senang.
3. Plegmatis adalah kepribadian yang bercirikan suka dengan bekerja sama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, teman bicara yang enak, menyukai hal yang pasti
4. Melankolis adalah kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang detil, menyimpan kemarahan, perfection, suka instruksi yang jelas, kegiatan yang rutin sangat disukai.

Baca Juga:

Pengertian Pendidikan, Tujuan, & Menurut Para Ahli
Pengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Definisi Para Ahli
Pengertian Kurikulum, Fungsi dan Komponennya
Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik

Demikianlah informasi mengenai Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, faktor pendidikan karakter, pilar-pilar pendidikan karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nilai pembentuk karakter, dan macam-macam kepribadian. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi Teman-Teman.

.
Blog, Updated at: 08.32