Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 22 August 2015

Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA

Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA| Secara umum Pengertian DNA atau Asam Ribonukleat adalah materi yang membentuk kromosom-kromosom yang menyimpan informasi genetik dalam tubuh makhluk hidup.Sedangkan, pengertian RNA (Asam Ribonukleat) adalah polimer yang tersusun dari sejumlah neuklotida dimana satu neuklotida terdiri dari satu gugus fosfat, satu gugus gula ribosa, dan satu gugus basa nitrogen (N).

Pembahasan DNA
DNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida dari unit-unit dioknuklotida yang unit-unit pembangunnyadioksinukleot. Informasi genetik umumnya merupakan kumpulan perintah yang mengatur sel untuk melakukan sesuatu. DNA dalam bahasa inggris disebut deoxyribonucleic acid, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut Asam Deoksiribosa Nukleat. Susunan kimia dari DNA adalah polimer yang dari rantai panjang nukleotida. 

Pembahasan RNA 
RNA memiliki asam nukleat yang terdiri dari polinukleotida dari unit-unit mononukleotida. Polimer RNA tersusun dari ikatan yang berselang-seling antara gugus fosfatsatu nukleotida dengan gugus gula ribosa dan nukleotida yang lain. 

Perbedaan DNA dan RNA

  • Bagian pentosa DNA adalah ribosa, sedangkan pada bagian pentosa DNA adalah dioksiribosa
  • Bentuk molekul dari DNA adalah heliks ganda, sedangkan pada bentuk molekul RNA yang berupa rantai tunggal yang berlipat, sehingga mirip dengan rantai gandai. 
  • RNA mengandung basa adenin, guanin dan sitosin seperti DNA, tetapi RNA tidak mengandung timin yang sebagai gantinya RNA mengandung urasil. 
  • DNA berada di dalam kromosom sedangkan RNA bergantung dari jenis RNA seperti RNA duna yang terdapat di nukleus, RNA p atau RNA t yang terdapat di sitoplasma, sedangkan RNA r (RNA ribosom) terdaat di ribosom
  • Secara alami, DNA membentuk RNA sedangkan RNA membentuk protein yang penting bagi makhluk hidup seperti membentuk otot, darah, organ tubuh, hormon, enzim dan lain-lain.

Artikel Terkait: Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA

Pengertian RNA, Fungsi, Struktur & Jenisnya
Pengertian DNA, Struktur, Replikasi, Fungsi, Isolasi, & Tes DNA

Demikianlah informasi mengenai Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian DNA, pengertian RNA, pembahasan DNA, pembahasan RNA, perbedaan DNA dan RNA. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin