Pengertian Darah & Fungsi Darah Manusia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Darah & Fungsi Darah Manusia| Darah adalah cairan pada semua makhluk hidup (kecuali tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut berbagai bahan-bahan kimia dari hasil metabolisme, dan sebagai pertahanan tubuh dari virus atau bakteri. Dalam ilmu medis, darah dimulai dari kata hemo atau hemato yang berasal dari bahasa Yunani yaitu haima yang berarti darah. 

Dara Manusia adalah cairan dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah manusia berwarna merah dari merah terang jika terdapat banyak oksigen sampai merah tua jika kekurangan oksigen. Warna merah di darah disebabkan oleh hemoglobin, dan juga protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, dan merupakan tempat terikatnya dari molekul-molekul oksigen. 

Manusia mempunyai sistem peredaran darah tertutup yang artinya darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Kemudian jatung memompo darah menuju ke paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme yang berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh melalui saluran pembuluh darah aorta. Darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh oleh saluran halus darah yang disebut dengan pembuluh kapiler. Darah kembali ke jantung oleh pembuluh darah vena cava superior da vena cava inferior.

Macam-Macam Fungsi Darah Manusia
  • Mengangkut oksigen yang diperlukan sel-sel ke seluruh tubuh
  • Sebagai penyuplai jaringan tubuh dnegan nutrisi 
  • Mengangkut zat-zat sisa metabolisme
  • Terkandung bahan penyusun sistem imun dengan tujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit
  • Sebagai pengedar hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) oleh plasma darah 
  • Penutup luka melalui keping-keping darah
  • Menyebarkan panas ke seluruh tubuh
  • Dapat memelihara keseimbangan asam bada dalam tubuh

Baca Juga: 

Pengertian Darah & Fungsi Darah Manusia
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Darah dan Fungsi Darah Manusia. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian darah dan fungsi darah manusia. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :). 

.
Blog, Updated at: 23.16