Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 7 May 2015

Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya

Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya| Hai... Kali ini informasi untuk Anak SOS, seperti tema kita yaitu pengertian ekonomi makro dan pengertian ekonomi mikro serta perbedaannya, Tak usah panjang lebar, langsung saja, Pengertian Ekonomi Makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari kegiatan perekonomian secara keseluruhan. Sedangkan pada Pengertian Ekonomi Mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari kegiatan perekonomian hanya pada bagian kecilnya. Ekonomi makro dan Ekonomi Mikro merupakan bagian dari ekonomi teori yang bertugas dalam menjelaskan peristiwa-peristiwa ekonomi dan selanjutnya merumuskan hubungan dalam hukum ekonomi.

A. Kajian Ekonomi Makro 
Ekonomi makro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari secara keseluruhan,  artinya dalam cabang ilmu ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar.  Dalam perkembangan Ekonomi Makro berkaitan dengan masalah ekonomi publik (negara). Aspek analisis dalam Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut..
  • Pendapatan nasional
  • Investasi
  • Kesempatan kerja
  • Inflasi 
  • Neraca pembayaran
B. Kajian Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro merupakan kegiatan perekonomian yang mempelajari hanya pada bagian kecilnya, artinya bagian kecilnya yaitu seperti perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam perkembangan ekonomi mikro yang kini telah melahirkan beragam teori dan konsep mengenai ekonomi regional, ekonomi manajerial, ekonomi lingkungan, dan ekonomi sumber daya alam. Dalam aspek analisis Ekonomi Mikro adalah sebagai berikut..
  • Analisis biaya dan manfaat 
  • Teori permintaan dan penawaran 
  • Elastisitas
  • Model-model pasar
  • Industri
  • Teori produksi 
  • Teori harga
C. Hubungan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro
Ekonomi makro dan ekonomi mikro saling terkait menurut Gregory Mankew, karena perubahan ekonomi yang secara makro (menyeluruh), tentu saja dampak/hasilnya pada perubahan ada pada individu-individu yang berjuta-juta akan merasakan dan melakukan kegiatan ekonomi, Dengan demikian, perubahan yang ada pada ekonomi makro, merupakan hasil dari perubahan yang terjadi dalam ekonomi mikro.

D. Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro


Dilihat Dari
Ekonomi Mikro
Ekonomi Makro
Harga
Harga adalah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja)
Harga adalah nilai dari komditas secara agregat (keseluruhan/menyeluruh)
Unit Analisis
Perubahan kegiatan ekonomi secara perorangan/individual, contohnya permintaan dan penawaran konsumen, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan
Kegiatan ekonomi yang membahas secara menyeluruh. Contohnya Pendapatan nasional, Investasi, Kesempatan kerja, Inflasi , Neraca pembayaran

Tujuan Analisis
Terkonsentrasi  mengenai cara dalam mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat
Terkonsentrasi pada pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara menyeluruh

E. Manfaat Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro 
  • Ekonomi makro dapat memberikan kita manfaat, jika dipelajari, manfaat tersebut adalah dapat mengetahui pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi nasional, dan neraca pembayaran nasional. 
  • Ekonomi mikro dapat memberikan manfaat, jika dipelajari, manfaat tersebut adalah dapat melakukan penghematan dalam sumber daya yang terbatas dan dapat mengetahui cara-cara mencapai kepuasan maksimum dalam penggunaan sumber daya yang serta terbatas. 
Baca Juga : 
Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya. Semoga teman-teman menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian ekonomi makro, pengertian ekonomi mikro, kajian ekonomi makro, kajian ekonomi mikro, hubungan ekonomi makro dan ekonomi mikro, perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro, manfaat ekonomi makro dan ekonomi mikro. Pesan buat bro & sist untuk SHARE agar setiap teman-teman kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi ini. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Pebedaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin