Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Galaksi

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Galaksi| Hai.. kali mengenai pengertian, bentuk, ciri-ciri dan macam-macam galaksi. Langsung saja, kita mulai dengan Pengertian galaksi. Secara umum, Pengertian Galaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem dan terdiri dari banyak benda-benda angkasa berukuran besar yang dikelilingi oleh benda-benda angkasa secara teratur. Menurut para ahli Astronomi, pengertian galaksi adalah sistem yang terdiri atas bintang, debu dan gas yang sangat luas, dengan gaya gravitasi yang dimiliki anggotanya. Umumnya suatu galaksi terdiri dari milliaran bintang dengan warna, ukuran, dan karekteristik yang beragam. 

Secara etimologi, galaksi berasal dari bahaya yunani yaitu Galaxias yang berarti sesuatu yang menyerupai susu, karena waktu itu tampak pita putih samar pada penampakannya di angkasa. Dalam perkembangannya kemudian berubah menjadi "nebula spiral" untuk objek tertentu, lalu istilah tersebut berganti menjadi "island universe" yang berarti alam semesta pulau, namun kata tersebut  berubah menjadi "universe" (alam semesta) berarti keseluruhan jagad raya, kemudian kata tersebut berubah menjadi galaksi. 

1. Bentuk-Bentuk Galaksi - Galaksi memiliki beragam bentuk yang dilihat dari bentuk morfologinya tiga yaitu bentuk elips, bentuk spiral, bentuk tak beraturan. Berikut penjelasan dari bentuk-bentuk galaksi... 
  • Elips : Galaksi ini penampakannya terlihat seperti elips yang termasuk dalam tipe ini dimulai dari galaksi yang berbentuk bundar sampai galaksi yang berbentuk bola pepat. Struktur galaksi bertipe elips tidak terlihat dengan jelas. Galaksi elips sangat sedikit mengandung materi antarbintang dan anggotanya adalah bintang-bintang tua. Contoh galaksi berbentuk Elips adalah M87, Galaksi M87 adalah galaksi elips raksasa yang terdapat dalam Rasi Virgo
  • Spiral : Galaksi ini terdiri dari sebuah piringan bintang-bintang yang berotasi, materi antarbintang, serta tonjolan pusat yang terdiri atas bintang-bintang tua. Selain dari itu, terdapat lengan-lengan dari spiral yang menjulur keluar dari tonjolan pusat. Bintang-bntang tua terdapat dalam kumpulan bintang-bintang dengan berjumlah ratusan dan berbentuk bola. Galaksi spiral berotasi dengan cepat yang membuat galaksi ini memipih dan membentuk bidang galaksi. Contoh galaksi yang bertipe spiral adalah galaksi andromeda dan galaksi bimasakti. Galaksi bimasakti inilah bumi berada. 
  • Tak Beraturan : Galaksi yang memiliki bentuk khusus. Galaksi ini memiliki anggota yang terdiri dari bintang-bintang tua dan juga muda. Contoh Galaksi Tak beraturan adalah awan galaksi magellan besar dan awan galaksi magellan kecil yang hanya berjarak sekitar 180.000 tahun cahaya dari bimasakti. Galaksi tak beraturan banyak mengandung materi gas dan debu. 
2. Ciri-Ciri Galaksi - Galaksi memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut..
  • Sumber cahaya berasal dari dalam galaksi tersebut dan bukan merupakan cahaya pantulan
  • Jarak antar galaksi terdiri dari jutaan tahun cahaya
  • Memiliki bentuk-bentuk tertentu seperti elips, spiral dan tak beraturan
  • Sistem galaksi berotasi
3. Macam-Macam Galaksi - Galaksi sangat banyak di jagad raya yang sekarang telah beberapa diantaranya ditemukan seperti galaksi bimasakti, magellan, ursa mayor, ursa mayor, andromeda, jauh, black eye. Macam-macam galaksi adalah sebagai berikut..

a. Galaksi Bimasakti
Galaksi ini ditemukan pada tahun 18 juli 1783, oleh William Hershel yang berasal dari inggris seorang ahli astronom. Galaksi bimasakti terdiri atas 400 milliar bintang, dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 milyar kilometer). Galaksi bimasakti tempat bumi berada dan tata suryanya.

b. Galaksi Magellan 
Galaksi ini adalah galaksi yang sangat dekat dengan galaksi bimasakti yang jaraknya sekitar 150.000 tahun cahaya dan berada di belahan langit selatan. Galaksi ini memiliki bentuk yang tak beraturan. 

c. Galaksi Ursa Mayor
Galaksi yang berjarak 10.000 tahun cahaya dari galaksi bimasakti. Galaksi yang berbentuk elips dan rapat.

d. Galaksi Andromeda
Galaksi andromeda merupakan galaksi raksasa yang berdiamter sekitar 200 ribu tahun cahaya dan memiliki massa sekitar 300-400 billium kali massa matahari. Galaksi andromeda berukuran dua kali ukuran galaksi bimasakti. Galaksi andromeda memiliki bentuk bulat khas dan berjarak 2,5 tahun cahaya dari galaksi bimasakti.

e. Galaksi Jauh
Galaksi jauh berada sekitar 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi bimasakti. Contoh galaksi jauh adalah galaksi Silvery, galaksi Triangulum, dan galaksi whipool.


f. Galaksi Black Eye
Galaksi ini ditemukan oleh Charles Messier pada tahun 1781 seorang astronom yang menemukan galaksi yang memiliki cincin kabut dan berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang sangat terang yang tampa seperti mata manusia, sehingga charles messier memberinya nama Black eye. Galaksi Black eye merupakan galaksi yang bertipe spiral. Jarak galaksi black eye dengan bimasakti sekitar 17 tahun cahaya.

Baca Juga:
Pengertian Alat Optik dan Macam-Macam Alat Optik 
Pengertian Konveksi, Konduksi, dan Radiasi 
Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Mudah 
Bunyi Hukum Newton (1,2,3) Rumus & Contoh di Kehidupan Sehari-Hari 
 
Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Galaksi

Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Galaksi. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian galaksi, bentuk-bentuk galaksi, ciri-ciri galaksi, dan macam-macam galaksi. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 21.58