Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 18 April 2015

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif

Bakteri Gram Positif dan Negatif| Definisi atau pengertian bakteri gram positif dan negatif dengan contoh dan perbedaannya. Pada tahun 1884, Hans Christian Gram, yang seorang dokter yang berasal dari jerman dengan mengembangkan tekhnik untuk membedakan jenis bakteri yang didasarkan dari ketebalan lapisan peptidoglikan pada dinding sel dengan sistem pewarnaan. Bakteri diwarna dengan zat warna violet dan yodium, kemudian dibilas (cuci) dengan alkohol, dan diwarnai sekali lagi dengan zat warna merah. 

Bila bakteri menunjukkan warna ungu, maka dikelompokkan pada jenis bakteri Gram positif, dan bila bakteri menunjukkan warna merah maka dikelompokkan pada jenis bakteri Gram negatif. Namun, ada juga bakteri dimana pada usia tertentu akan berubah dari Gram positif menjadi Gram negatif, yang disebut dengan Gram variabel. Contoh bakteri Gram variabel, yaitu bakteri yang tergolong famili Bacillaceae.

Apa Pengertian Bakteri Gram Positif ?.
Bakteri gram positif adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna violet dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tebal. Contoh bakteri gram positif adalah Bifidobacterium, Lactobacillus, staphilococcus, clotridium, actinomyces, arachnia, propionibacterium, peptostreptococcus.
Ciri-Ciri Bakteri Gram Positif
  • Memiliki sitoplasma lipid membran
  • Lapisan peptidoglikan yang tebal
  • Beberapa spesies memiliki flagellum 
  • Beberapa spesies memiliki kapsul polisakarida
  • tidak memiliki kepekaan dengan streptomysin
  • Toksin yang dibentuk berupa Eksotoksin Endotoksin
  • Komposisi nutrisi yang dibutuhkan lebih rum
Apa Pengertian Bakteri Gram Negatif ?.
Bakteri gram negatif adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna merah, dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis. Lapisan peptidoglikan pada bakteri Gram negatif terletak di ruang periplasmik antara membram plasma dengan membran luar. Contoh bakteri gram negatif adalah aeruginosa, azotobacter, influenzae, rhizobium leguminosarum, salmonella typhi, helicobacter pylori, neisseria gonorrchoeae, pseudomonas aeruginosa  
Ciri-Ciri Bakteri Gram Negatif 
  • Memiliki sitoplasmic membran
  • Kurang rentang terhadap senyawa penisilin
  • Struktur dinding sel yang tipis yaitu sekitar 10-15 mm, yang multilayer atau berlapis tiga
  • Tidak resisten terhadap gangguan fisik
  • Mengandung lemak pada dinding sel yang banyak yaitu sekitar 11-12
Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif
Bakteri Gram negatif bersifat patogen yang lebih berbahaya dari bakteri Gram positif, karena membran luar pada dinding selnya melindungi bakteri dari sistem pertahanan inang dan menghalangi masuknya obat-obatan antibiotik. Senyawa lipopolisakarida terhadap membran luar bakteri gram negatif juga dapat bersifat toksin (racun) bagi inang.

Baca Juga : 
Ciri-Ciri Bakteri 
Bentuk dan Ukuran Bakteri 
Mengenal Reproduksi Bakteri 

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif
Demikianlah informasi mengenai Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif. Semoga dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian bakteri gram positif, contoh bakteri gram positif, ciri-ciri bakteri gram positif, pengertian bakteri gram negatif, contoh bakteri gram negatif, ciri-ciri bakteri gram negatif. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin