Sistem Pers Komunis (Communist Press)

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Sistem Pers Komunis (Communist Press)| Kehidupan pers yang ada di negara-negara komunis (yang akan diwakili oleh sistem pers rusia) pada umumnya adalah cerminan sistem sosial dan politik komunis. Bertolak dari konsep bahwa kepemilikan atas sarana-sarana produksi dan distribusi berada yang ada dibawah kekuasaan negara, maka pers di negara komunis dimiliki oleh pemerintah sepenuhnya, tidak ada kepemilikan baik itu perorangan dan swasta. Tujuan Pers Komunis adalah sebagai instrumen yang terintegrasi dengan kekuasaan pemerintah dan partai dalam kegiatan propaganda dan agitasi. 

Menurut Heinz Ditriech Fisher dan John C. Merril yang dimuat dalam bukunya "International Communication" yang dikutip oleh F Rachmadi, yang menyatakan bahwa sistem pers Uni Soviet (Rusia), yang tidak dapat terlepas dari tiga nama tokoh dengan meletakkan dasar sistem pers soviet. Tiga nama tokoh tersebut adalah Lenin, Stalin, dan Khrushchev. Menurut pendapat Lenin, pers harus melayani kepentingan kaum buruh yang merupakan kelompok mayoritas. Dijelaskan lebih lanjut bahwa per menurut Lenin adalah pencetus teori pers komunis, Stalin adalah orang yang menerapkan ajaran Lenin. Stalin adalah membuat lembaga sensor, penekanan-penekanan dan sebagainya. Sedangkan Khruschev yang lebih menyadari bahwa pers itu dapat menjadi forum pertukaran pendapat. 

Secara ringkas, Fungsi pers komunis di bekas negara Uni Soviet (Rusia) yang seperti ditulis oleh F. Rachmadi. Fungsi Pers Komunis adalah sebagai berikut.... 
  • Sebagai alat seperti propaganda, agigator, dan organisator kolektif. 
  • Sebagai tempat dalam pendidikan kader-kader komunis di kalangan massa. 
  • Sebagai lembaga pemobilisasi dan mengorganisir massa untuk membangun ekonomi 
  • Sebagai alat dalam melakukan kontrol dan kritik. 
Sesuai dengan fungsi dan peranan pers di Rusia, mereka tidak mementingkan pemberitaan, karena badan sensor tidak akan memberi izin untuk memberitakan dengan kejadian-kejadian penting yang tidak dikehendaki, serta menghindari pemberitaan-pemberitaan yang sesuai tentang hak asasi manusia.

Baca Juga : 

Demikianlah informasi seputar Sistem Pers Komunis (Communist Press). Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 04.48