Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Biotik dan Komponen-Komponen| Arti lingkungan biotik dimana komponen-komponen memiliki fungsi dan peranan yang bermanfaat dan berdampak dalam terjadinya keseimbangan lingkungan. Pertama-tama mari kita membahas Pengertian Biotik. Secara umum, Pengertian Biotik adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Pengertian Lingkungan Biotik adalah semua lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen makhluk hidup di permukaan bumi. Sedangkan pada Pengertian Komponen Abiotik adalah  komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang ada dibumi seperti lumut, tumbuhan paku, hewan vertebrata, bakteri, ganggang, jamur, tumbuhan tingkat tinggi, dan hewar invertebrata. 

Komponen-Komponen Biotik - Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dalam ekosistem dibedakan atas dua macam. Komponen-komponen biotik adalah sebagai berikut... 
1. Komponen Autotrof
Organisme autotrof adalah organisme uniseluler dan multiseluler yang dapat berfotosintesis. Seperti fitoplankton, tumbuhan lumut, tumbuhan berbiji, ganggang, tumbuhan paku. Hasil fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen (O2). Organisme autotrof merupakan produsen yang utama dalam ekosistem. 

2. Komponen Heterotrof 
Organisme heterotrof adalah organisme yang memanfaatkan bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai bahan makanan. Organisme heterotrof terdiri atas herbivor sebagai konsumen primer (I), karnivor memakan herbivor sebagai konsumen sekunder (II), karnivor memakan karnivor sebagai konsumen tersier (III), dekomposer serta detritivor. Dekomposer adalah mikroorganisme yang menguraikan zat organik dari hasil sisa tumbuhan atau hewan (detritus), misalnya selulosa atau kitin, menjadi zat yang lebih sederhana. Contohnya dekomposer adalah bakteri dan fungi. Nutrien anorganik hasil penguraian dilepaskan ke ekosistem (proses mineralisasi) yang kemudian digunakan kembali oleh produsen. Organisme heterotrof juga dikelompokkan menjadi parasit dan detritivor. Parasit hidup di luar atau di dalam tubuh inang yang masih hidup, seperti kutu yang hidup di kepala manusia. Detritivor hidup dengan cara memakan serpihan tumbuhan atau hewan yang sudah mati, misalnya pada rayap, cacing tanah dan hewan kaki seribu (keluwing). 

Komponen biotik berdasarkan peran dan fungsi dibedakan menjadi 3 macam. Komponen-Komponen Biotik adalah sebagai berikut... 
  • Produsen : Produsen adalah makhluk hidup yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik (organisme autotrof) yang digunakan untuk menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Contoh produsen adalah tumbuhan hijau, lumut, alga. 
  • Konsumen :  Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanan, sehingga bergantung pada organisme yang lain, baik itu organisme heterotrof maupun autotrof.  
  • Dekomposer : Dekomposer adalah organisme yang menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik yang kemudian digunakan oleh produsen. Dekomposer disebut juga detritivor atau pemakan bangkai. Contoh Dekomposer adalah bakteri pembusuk dan jamur. 
Baca Juga : 
Pengertian Abiotik dan Komponen Abiotik
Macam-Macam Bakteri yang Merugikan
Pengertian Ekologi : Ayo tebak apa itu Ekologi ?...
Ciri-Ciri Hewan Vertebrata (Bertulang Belakang)
Ciri-Ciri Bakteri
Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) bagi Manusia

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman"

.
Blog, Updated at: 05.14