Manfaat Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Bagi Kehidupan Manusia

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Tumbuhan Lumut (Bryophyta)| Tumbuhan lumut memiliki manfaat atau peranan bagi manusia yang sangat luar biasa. Manfaat tumbuhan lumut (Bryophyta) mungkin hanya sebagian besar dari kita yang mengetahuinya. Beberapa dari jenis-jenis tumbuhan lumut memiliki manfaat dan khasiat bagi keseharian kita baik itu segi kesehatan, ekonomi, dan berbagai kebutuhan-kebutuhan kita. Seperti yang kita ketahui tumbuhan lumut memiliki 4000 spesies dimana 3000 spesies ada di indonesia.

Dari berbagai spesies-spesies tumbuhan lumut yang diantaranya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Sedangkan dari penelitian sejak dulu masyarakat cina telah menggunakan tumbuhan lumut sebagai bahan pengobatan, 40 jenis lumut digunakan sebagai bahan obat-obatan. 

Manfaat Tumbuhan Lumut (Bryophyta) - Tumbuhan lumut sangat mudah kita dapatkan khususnya pada daerah yang lembab  yang berada di tanah, tembok, bebatuan lapuk dan menempel pada kulit pohon. Biasanya tumbuhan lumut sering kita lihat atau dapatkan menempel pada tembok, atau pada batu-batuan. Teman-teman pasti berfikir bahwa tumbuhan lumut adalah tumbuhan pengganggu atau parasit, padahal tumbuhan lumut berbeda dengan tumbuhan parasit. Tumbuhan lumut (bryophyta) dapat memiliki manfaat karna terlihat dari kandungan lumut yang kaya akan zat-zat penting yang dibutuhkan manusia. Manfaat tumbuhan lumut (Bryophyta) adalah sebagai berikut...

Manfaat Tumbuhan Lumut bagi Manusia
  • Bermanfaat sebagai obat antiseptik pada Tumbuhan Lumut Frullania Tamanisci (lumut hati)
  • Mengandung senyawa berguna dalam mengobati penyakit jantung pada tumbuhan lumut Crateneuron filicinum (lumut daun) 
  • Digunakan untuk obat dalam pertumbuhan rambut pada tumbuhan lumut Fissidens japonicum (lumut daun)
  • Berguna sebagai obat hepatitis, dan menghilangkan toksin akibat dari gigitan ular pada tumbuhan lumut Marchantia Polymorpha (lumut daun)
  • Memiliki manfaat yang berguna untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga sebagai obat bius pada tumbuhan lumut Rhodobryum giganteum (lumut daun)
  • memiliki manfaat yang berguna dan berfungsi sebagai antibakteri, antifungi, mengobati luka bakar, dan luka luar pada tumbuhan lumut Conocephalum conicum (lumut hati)
  • Berguna dalam mengobati penyakit pneumonia pada tumbuhan lumut Haplocladium catillatum (lumut daun)
  • Memiliki manfaat yang digunakan sebagai pembalut atau pengganti kapas dan membantu penyerapan air dan menjaga kelembapan tanah pada tumbuhan lumut Sphagnum 
  • Berfungsi sebagai penyedia oksigen 
  • Dapat mengobati penyakit kulit dan mata
Baca Juga :

Demikianlah uraian seputar Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Kehidupan Manusia (Bryophyta). Semoga teman-teman menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. serta jangan lupa yah teman-teman untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed yang teman-teman pergunakan, agar setiap orang dapat dengan mudah menemukan manfaat tumbuhan lumut (bryophyta). Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

.
Blog, Updated at: 04.41