Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenis-Jenisnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenis-Jenisnya|Organisme heterotrof terdiri atas beberapa macam atau jenis-jenis organisme yang masuk atau berada dalam golongan organisme heterotrof. Pasti jika ada heterotrof pasti akan ada pula autorotrof tapi pada kesempatan kali ini, seperti tema diatas yang akan dibahas adalah pengertian organisme heterotrof dan jenis-jenisnya. Pertama-tama kita akan membahas pengertian organisme setelah itu membahas jenis-jenisnya. Dalam pengertian organisme heterotrof adalah organisme yang tidak mampu menyusun zat anorganik menjadi zat organik sehingga harus mendapatkan makanannya dengan cara memakan organisme lain. Setelah membahas pengertian organisme heterotrof mari kita mengarah pembahasan selanjutnya yakni jenis-jenis organisme heterotrof seperti yang ada dibawah ini...
Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenis-Jenisnya

Jenis-Jenis Organisme Heterotrof
Berdasarkan jenis makanannya, organisme heterotrof dibedakan menjadi herbivor, karnovor, omnivor dan scavenger. dan detritivor. 
  • Herbivor : Herbivor adalah pembakan tumbuhan. Di dalam tingkatan rantai makanan, herbivor tergolong konsumber I. Contohnya adalah sapit, rusa kelinci, belalang, dan ulat. 
  • Karnivor : Karnivor adalah pemakan daging. Semua konsumber II dan seterusnya tergolong karnivor. Karena memangsa hewan lain, hewan ini disebut pula sebagai predator. Predator mendapatkan mangsanya dengna memburu mangsanya tersebut. Contoh karnivor adalah kodok, labah-labah, elang, ular dan kucing.
  • Omnivor : Omnivor adalah pemakan segala. Hewan omnobor dapat memakan tumbuhan atau daging. Contoh omnivor adalah beruang, kera, orangutan, siamang, dan manusia. Hewan omnivor biasanya mendominasi ekosistem, kecuali jika ekosistem telah terganggu. Manusia merupakan organisme omnivor yang mampu beradaptasi dengan segala jenis kondisi lingkungan, terutama karena akal pikirannya. Oleh karena itu, manusia mendominasi bumi. Sekarang kita harus sadar, bahwa manusia tidak berada diluar lingkungan, melainkan menjadi bagian dari lingkungan tersebut. Dengan demikian kita harus menjaga lingkungan dengan baik.
  • Pemakan Bangka (Scavenger) : Pemakan bangkai adalah hewan yang memakan tubuh hewan lainnya yang sudah mati disebut pemakan bangkai (scavenger). Contohnya hewan pemakan bangkai adalah burung nasar. 
  • Detritivor : Detritivor adalah serpihan-serpihan organisme berupa serpihan daun. batang atau potongan hewan disebut detritus. Organisme pemakan detritus disebut detritivor. Contohnya detritivor adalah cacing tanah, rayap, dan serangga tanah.
Sekian artikel tentang Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenis-Jenisnya semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 03.03