Pengertian dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan| Teman-teman mungkin sudah biasa melihat dan memegangnya tapi tahukah pengertian daun dan fungsi daun bagi tumbuhan. Apasih peran atau fungsi daun bagi tumbuhan ?.apakah sekedar hiasan bagi tumbuhan atau terdapat berbagai manfaat-manfaat yang mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ?...mungkin menjadi tanda tanya besar. Maka dari itu kami akan membahas pengertian dan fungsi daun. Pengertian daun adalah tumbuhan yang tumbuh pada ranting yang umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau. Berwarna hijau karena mengandung klorofil.Tetapi beberapa jenis tumbuhan memiliki daun berwarna merah. Contohnya saja, daun bunga ekor bajing. Tidak hanya itu saja, tumbuhan puring memiliki daun berwarna campuran, antara lain hijau, kuning dan merah.

Fungsi Daun bagi Tumbuhan
Daun mempunyai fungsi sebagai berikut...
    Pengertian dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan
  • Daun berfungsi sebagai tempat keluar masuknya gas karbon dioksida dan oksigen. Bagian daun yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya kedua macam gas tersebut adalah stoma (mulut daun).
  • Daun berfungsi sebagai tempat melakukan fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses pengolahan makanan dari karbon dioksida dan air menjadi zat tepung dengan bantuan energi cahaya. 
  • Daun berfungsi untuk mengatur proses transpirasi atau penguapan apabila tubuh tumbuhan kekurangan atau kelebihan air. Bagian daun yang dapat mengurangi penguapan adalah lapisan zat lilin atau kutikula yang terdapat pada permukaan atas daun. 
  • Daun berfungsi sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif. Misalnya, tumbuhan cocor bebek dapat membentuk tunas liar, yaitu tunas adventif yang tumbuh di daun. 
Demikianlah pembahasan Pengertian dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan semoga dapat bermanfaat dan lihat juga macam-macam artikel disini.

.
Blog, Updated at: 20.48