Manfaat Unik Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manfaat Unik Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda| Mangga merupakan makanan populer indonesia tapi tahukah anda tentang manfaat/khasiat yang ditimbulkan dari buah mangga ?. Manfaat tersebut dapat kita ketahui dengan melihat kandungan dari buah mangga yang membuat mangga tersebut dapat bermanfaat begitu banyak bagi kesehatan tubuh kita. Kebayakan dari mereka belum percaya bahwa mangga memiliki manfaat bagi kesehatan bagi tubuh tapi menurut beberapa penelitian para ahli mengatakan bahwa "buah mangga memiliki khasiat/manfaat bagi kesehatan tubuh anda, ini terlihat dari kandungan-kandungan buah mangga tersebut". Apa lagi kita ketahui bahwa buah mangga sangat mudah kita dapatkan. 
Manfaat Unik Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda
"Buah Mangga"
Buah mangga disebut juga sebagai Anacardiaceace dan marga Mangifera dengan sebutan ilmiah Mangifera Indica. Tinggi pohon mangga biasanya dari 10m-40m. Di yakini pada zaman dulu, mangga menyebar ke Asia Tenggara kira-kira 1500 tahun lalu. Buah mangga ini berasal dari burma dan india. Buah mangga tergolong memiliki daging yang sangat lezat apabila telah matang. ukuran dan bentuknya bermacam-macam tergantung dari jenis mangga tersebut.  Ada banyak jenis mangga diseluruh dunia, mulai dari warna kuning, hijau, merah, orange dan kombinasi. Dalam mengetahui kematangan sebuah mangga adalah dengan mengukur tingkat keras dan kelembutan mangga tersebut. buah mangga dapat dimakan baik itu matang atau mentah dengan rasa yang pastinya berbeda, jika matang akan terasa manis dan jika mentah akan terasa asam, atau kecut, Tetapi akan sangat lezat jika dimakan ketika mangga itu telah matang. 

Kandungan Buah Mangga
Selain raya yang lezat, lezat dan nikmat, mangga juga memiliki banyak kandungan gizi. Kandungan buah mangga tersebut dapat dilihat dibawah ini..
  • Vitamin C 27,5 mg (46%)
  • Karbohidrat 17,00 g
  • Fosfor 11 mg (2%) 
  • Protein 0,51 g 
  • Vitamin B6 0,134 mg (10%) 
  • Diet serat 1,8 g 
  • Lemak 0,27 g 
  • Magnesium 9 mg (2%) 
  • Folat (Vit B9) 14 mg (4%) 
  • Seng 0,04 mg (0%)
  • Gula 14,8 g 
  • Kalium 156 mg (3%) 
  • Vitamin A equiv. 38 mg (4%) 
  • Niacin (Vit B3) 0,584 mg (4%) 
  • Besi 0,13 mg (1%)
  • Kalsium 10 mg (1%) 
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%) 
  • Betakaroten 445 mg (4%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%) 
  • Thiamine (Vit. B1) 0,058 mg (4%) 

Terlihat dari banyak kandungan mangga tersebut, tidak lain jika mangga memiliki manfaat unik bagi kesehatan seperti yang ada dibawah ini...

Manfaat Unik Buah Mangga
Dilihat dari kandungan buah mangga yang sangat berlimpah, tentunya akan banyak khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tentu saja. Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut....

1. Menurunkan kolesterol
Kandungan vitamin C yang dimiliki mangga, dan serat yang tinggi dan pectin berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. jadi sediakan mangga dalam menu daftar makan anda untuk menghindari kolesterol-kolesterol jahat. 

2. Mencegah serangan kanker
Kandungan senyawa anti-oksidan seperti fisetin, astragalin, methygallat, asam galat, isoquercitrin, querceton yang sangat berkhasiat dalam mencegah penyakit kanker usus berat, prostat, dan payudara. Kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu pembunuh terbesar, dalam pencegahan secara dini perlunya anda menyediakan menu mangga dalam keseharian kita. 

3. Memperlancar pencernaan 
Buah mangga sangat berkhasiat bagi seseorang yang mengalami diet atau mengalami sembelit karna buah mangga dapat mengatasi dan memperlancar pencernaan, ini terjadi dilihat dari kandungan buah manga seperti enzim pencernaan dan kaya akan serat yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan menyehatkan organ-organ pencernaan. 

4. Mengurangi Risiko Diabetes
Daun mangga kini telah terbukti mampu menormalkan kadar insulin yang ada dalam darah. 15 daun mangga direbus dalam air. biarkan semalam, kemudian saring dan konsumsi ramuan tersebut di pagi hari. Jika anda melakukan hal tersebut, maka akan membantu anda mengurangi kadar  insulin dalam darah dan mengurangi risiko diabetes.

5. Meningkatkan memori otak 
Buah mangga memiliki kandungan asam glutamin yang dapat meningkatkan daya ingat atau memori otak dan menjaga sel-sel otak aktif.

6. Meningkatkan kesehatan pada mata
Buah mangga dapat meningkatkan kesehatan mata anda, karna buah mangga mengandung vitamin A, antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan melindungi kita dalam usia degenerasi makula terkait.

7. Mengobati Anemia
Buah mangga dapat mengobat anemia, ini dapat terjadi karna buah mangga mengandung zat besi yang penting dalam pengobatan anemia, dan khususnya pada defisiensi zat besi anemia. Vitamin C yang ada didalam mangga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga dapat juga bermanfaat bagi wanita hamil.

8. Mencegah penyakit jantung
Buah merupakan sumber yang sangat banyak mengandung Vitamin A, E dan Selenium yang membantu melindungi dan menjaga terhadap penyakit jantung, tidak hanya itu saja buah mangga mengandung vitamin B6 yang dapat menurunkan kadar homocysteine (homosistein adalah asam amino alam darah yang mampu merusak lapisan pembuluh darah) sehingga vitamin B6 memiliki peran dalam mencegah penyakit jantung.

9. Menurunkan tekanan darah
Buah mangga memili kandungan kalium yang sangat tinggi, dimana kalium dapat menurunkan tekanan darah, ini sangat cocok pagi penderita tekanan darah tinggi dengan selalu memakan mangga.

10. Menyehatkan kulit
Buah mangga mengandung vitamin A, dimana vitamin A berperan dalam penting dalam kulit dengan merangsang sirkulasi darah di dalam selaput lendir dan kulit, sehingga sangat membantu dalam menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit dan menghilangkan masalah kulit contohnya saja jerawat.

11. Meningkatkan sistem imun tubuh
Perubahan cuaca seperti saat ini membuat tubuh mudah terserang penyakit. Disamping itu manfaat dari buah mangga yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh karna dalam buah memiliki kandungan vitamin C, A dan 25 jenis karotenoid yang menjadikan mangga efektif dalam meningkatkan sistem imum tubuh atau ketahanan tubuh menjadi lebih kuat.

12. Penurun berat badan alami
Dengan mengkonsumsi buah mangga akan membuat badan kita menjadi turun, dan langsing karna terlihat dari banyaknya kandungan buah mangga seperti vitamin, nutrisi yang membuat kita merasa kenyang dan tak perlu lagi makan sesuatu.

13. Memenuhi kebutuhan alkali
Buah mangga mengandung senyawa seperti asam sitrat, tartrat, asam malat yang sangat membantu dalam cadangan alkali dalam tubuh

Manfaat Unik Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Demikianlah informasi Manfaat Unik Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Anda, semoga bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Saran bagi teman-teman, jangan bosan makan mangga dan sediakan mangga sebagai menu utama makanan anda karna seperti informasi diatas ada banyak manfaat mangga yang sangat membantu dan menjaga kesehatan tubuh kita. Jika anda ingin memakan mangga lebih baik yang telah matang karna rasanya manis dan lezat yang pastinya memiliki kandungan yang sempurna. Sekian, dan saya akhiri dengan mengucapkan Selamat Makan :). 
Sumber : care2, healthmeup

.
Blog, Updated at: 19.30