Perkembangan Agama dan Kebudayaan HIndu-Buddha di India

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Perkembangan Agama dan Kebudayaan HIndu-Buddha di India| Dalam perkembangan agama Hindu-Buddha menghasilkan berbagai kebudayaan-kebudaayan. sebelumnya telah dibahas sejarah agama hindu dan sejarah agama buddha dan kali ini kita akan membahas - Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di India Agama dan kebudayaan Hindu-Buddha makin berkembang di india setelah didukung oleh adanya beberapa kerajaan. Kerajaan-kerajaan di india itu dapat dibagi dalam dua bagian, yaitu kerajaan-kerajaan di India Utara yang umumnya berkembang di Lembah Sungai Gangga dan kerajaan-kerajaan yang berkembang di India Selatan. 

1. Perkembangan Kerajaan-Kerajaan di India Utara. 
Kerajaan-kerajaan di India Utara berkembang di Lembah Sungai Gangga. Kerajaan-kerajaan itu adalah sebagai berikut. 
a). Kerajaan Maurya 
Kerajaan Maurya didirikan oleh Candragupta. Maurya berkembang menjadi kerajaan yang besar. Agama dan kebudayaan Hindu berkembang di kerajaan itu. Candragupta digantikan oleh anaknya Asoka. Asoka adalah raja yang termasyhur. Mula-mula asoka memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha. Bahkan, agama Buddha dijadikan agama resmi negara. Namun, ia bersikap sangat toleran, agama lain tetap dijamin perkembangannya. Asoka membangun tugu Asoka di Benares untuk mengenang tempat penyebaran agama Buddha. Raja Asoka juga pernah mengirim pendeta atau penyebar agama Buddha (Dhramadutha) ke Swarnadwipa (Sumatera). 
b). Kerajaan Gupta 
Kerajaan ini muncul pada abad ke-4 M setelah Kerajaan Maurya runtuh. Kerajaan Gupta mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Samudragupta. Pengganti Samudragupta adalah Candragupta II. Pada masa pemerintahan Candragupta II agama Hindu dan Buddha berkembang. Pada masa itu seorang musafir Cina, Fa hien datang ke india untuk membuat catatan tentang agama Buddha. 

2. Perkembangan Kerajaan-Kerajaan di India Selatan
Kerajaan-kerajaan yang berkembang di India Selatan antara lain sebagai berikut. 
a). Kerajaan Andra
Kerajaan Andra berkembang di dekat Sungai Godawari pada abad ke-1 SM . Pada masa ini, agama Hindu dan Buddha hidup berdampingan. Raja yang memerintah kerajaan Andra adalah Raja Khrishna I. Raja adalah pemeluk agama Hindu. Untuk itu, ia mendirikan bangunan suci agama Hindu, Kuil Kailasa di Ellora. 
b). Kerajaan Pallawa (350-750)
Pusat pemerintahan Kerajaan Pallawa berada di kota Kanchi (dekat Madras). Raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Nrasimhawarman (625-645). Kerajaan ini bercorak Hindu. Hal itu dibuktikan dengan bangunan Tujuh Kuil (Seven Pagoda) atau Kuil Goa di dekat Mamalla Pura. Pembangunan ini bertujuan untuk memuliakan agama Hindu. 
c). Kerajaan Colamandala
Kerajaan Pallawa runtuh karena serangan Colamandala. Oleh karena itu, kekuasaan di India Selatan dipimpin oleh Colamandala. Pusat pemerintahannya berada di Tanjore. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Rajendra I. Kepulauan Andaman, dan Martaman di Burna. Kerajaan Colamandala memiliki Angkatan Laut yang tangguh. Oleh karena itu, mampu menguasai jalur perdangan di Samudra Hindia, Selat Malaka, bahkan sampai Laut Cina Selatan. Kerajaan Colamandala juga pernah menyerang Kerajaan Sriwijaya di Indonesia pada tahun 1025

Sekian artikel tentang Perkembangan Agama dan Kebudayaan HIndu-Buddha di India semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 05.39