Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 27 November 2014

Pengertian Rangka dan Fungsi Rangka Manusia

Pengertian Rangka dan Fungsi Rangka Manusia| Rangka manusia terletak di dalam tubuh. Dalam pengertian rangka dan fungsi rangka pada manusia banyak para ahli yang mendefinisikan dengan mengemukakan pendapatnya tentang itu tadik, pengertian rangka dan fungsi rangka, jadi beberapa pendapat ahli yang disimpulkan dalam buku-buku biologi mengatakan bahwa pengertian rangka manusia adalah rangkaian tulang yang saling bersambungan secara teratur dan membentuk tubuh manusia. Dapat dikatakan sebuah rangka jika terhubung satu sama lain yang membuat rangka tersebut terhubung karna adanya sendi dan digerakkan oleh otot, yang kita ketahui bahwa rangka tubuh biasa disebut dengan endoskeleton. Endoskeleton adalah rangka yang terdapat dalam tubuh manusia yang dibungkus oleh otot (daging).

Rangka akan saling bekerja sama yang membentuk sebuah sistem rangka. Sistem rangka adalah suatu kesatuan yang memberikan dukungan berupa dukungan fisik yang disusun oleh sejumlah tulang. Sistem rangka terbagi atas 3 bagian atau 3 tipe yakni eksternal, internal dan basis cairan (rangka hidrostatik). basis cairan (rangka hidrostatik) juga dikelompokkan secara terpisah karna tidak adanya struktur penunjang.

Pengertian Rangka dan Fungsi Rangka Manusia
Bentuk Susunan Rangka Manusia
Rangka memiliki peran penting dalam tubuh manusia, yang fungsi rangka tersebut secara garis besar rangka berfungsi sebagai menegakkan tubuh, tapi bukan hanya itu saja ada banyak fungsi-fungsi rangka dan penjelasannya yang dapat dilihat seperti dibawah ini.

Fungsi Rangka Tubuh Manusia
Rangka tubuh manusia dan hewan bertulang belakang tersusun atas tulang-tulang. Secara umum, rangka mempunyai enam macam fungsi. Keenam fungsi rangka itu adalah sebagai berikut.

1. Menegakkan tubuh dan memberi bentuk tubuh.
Penjelasannya :
Misalnya, tulang belakang dan tulang kaki berfungsi menegakkan tubuh dan tulang-tulang tengkorak bagian depan berfungsi menentukan bentuk wajah.

2. Pelindung alat-alat tubuh yang penting dan lunak
Penjelasannya :
Misalnya,  tulang-tulang penyusun rongga dada berfungsi melindungi jantung dan paru-paru serta tulang-tulang tengkorak berfungsi melindungi otak dan bola mata.

3. Tempat meletakat otot-otot. 
Penjelasannya :
Tanpa rangka, otot-otot rangka tidak mempunyai tempat melekat. Misalnya, otot bisep yang terdapat pada lengan, ujung atasnya melekat pada tulang belikat dan tulang lengan atas, sedangkan ujung bawahnya melekat pada tulang pengumpil.

4. Tempat pembuatan sel-sel darah 
Penjelasannya :
Tempat pembuatan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih, misalnya di dalam tulang-tulang pipih dan tulang-tulang pendek.

5. Tempat sumsum kuning
Penjelasannya :
Tempat sumsum kuning yang mengandung sel-sel lemak, misalnya di dalam tulang pipa tulang paha.

6. Sebagai alat gerak.
Penjelasannya :
Dengan meluruskan atau merapatkan anggota badannya, hewan dan manusia dapat berpindah dan bergerak.
Sekian artikel tentang Pengertian Rangka dan Fungsi Rangka Manusia semoga bermanfaat. 

Pengertian Rangka dan Fungsi Rangka Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin