Pengertian Demokratisasi, Apa itu ?..

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Demokratisasi, Apa itu ?...| Pengertian demokratisasi menurut definisi para para ahli/pakar mengatakan bahwa pengertian demokratisasi adalah proses pendemokrasian segenap rakyat untuk turut serta dalam pemerintahan melalui wakil-wakilnya atau turut serta dalam berbagai bidang kegaitan (masyarakat/negara) baik langsung atau tidak langsung, dengan mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi warga negara. Pengertian demokrasi juga dapat dikatakan sebagai proses menuju demokrasi yang disebut sebagai demokratisasi. Dalam menuju ke demokrasi yang kita dambakan merupakan proses yang tidaklah mudah. 

Demokratisasi merupakan jalan keluar dari otoritarianisme, disebabkan, demokratisasi adalah proses yang mengembalikan hak-hak rakyat, sehingga mengapa banyak rakyat yang menyukai demokrasi, sedangkan dibawah pemerintahan yang sifatnya atau bentuknya otoriter dengan meniadakan demokrasi, menyebabkan hak-hak rakyat untuk berpartisipai dalam kegiatan politik, kebudayaan, atau ekonomi dibatasi. Karena itu dukungan terhadap demokratisasi akan sangat menentukan keberhasilan proses tersebut. 
Pengertian Demokratisasi, Apa itu ?..
Secara singkat, kriteria untuk Proses Demokrasi (Demokratisasi) menurut Robert A. Dahl sebagai berikut.. 

Pengertian Demokratisasi, Apa itu ?..
Keterangan : 
1. Partisipasi Efektif adalah sebelum sebuah kebijakan digunakan oleh asosiasi (negara), seluruh anggota harus mempunyai kesempatan yang sama dan berpartisipasi efektif, agar pandangan mereka diketahui oleh anggota-anggota lainnya sebagaimana seharusnya kebijakan itu dibuat. 
2. Persamaan Suara adalah Bila sebuah keputusan tentang kebijakan dibuat, maka setiap anggota harus mempunyai kesempatan yang sama dan efektif untuk memberikan suara dan seluruh suara harus dihitung sama. 
3. Pemahaman yang Jelas adalah Dalam batas waktu yang rasional, setiap anggota harus mempunyai kesempatan yang sama dan efektif untuk mempelajari kebijakan-kebijakan alternatif yang relevan dan konsekuensi-konsekuensi yang mungkin.
4. Pengawasan Agenda adalah setiap anggota harus mempunyai kesempatan eksklusifu ntuk memutuskan bagaiaman dan apa permasalahan yang dibahas dalam agenda
5. Pencakupan Orang Dewasa adalah Semua, atau paling tidak sebagian besar orang dewasa yang menjadi penduduk tetap seharusnya memiliki hak kewarganegaraan penuh yang ditunjukkan oleh empat kriteria sebelumnya. 
Sekian artikel tentang Pengertian Demokratisasi, Apa itu ?.. semoga bermanfaaat

.
Blog, Updated at: 21.52