Manusia Purba: Sejarah Homo Wajakensis & Ciri-Cirinya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Manusia Purba: Sejarah Homo Wajakensis & Ciri-Cirinya| Homo Wajakensis merupakan jeni-jenis manusia purba jenis homo dengan ciri-ciri homo wajakensis agar kita lebih mudah membedakan manusia purba jenis homo. Pada tahun 1889, von Reitschoten menemukan fosil manusia purba jenis Homo di daerah Wajak dekat Campur Darat, Tulungagung (Jawa Timur). Temuan ini diselidiki pertama kali oleh Eugene Dubois yang berupa ruas leher dan tengkorak yang mempunyai isi kurang lebih 1.630 cc.

Selain itu, Eugene Dubois pada tahun 1890 menemukan fosil di daerah Wajak yang terdiri atas fragmen tengkorak, rahang atas dan bawah, tulang kering, serta tulang paha. Penemuan fosil manusia purba di daerah Wajak ini dinamakan Homo Wajakensis atau Manusia dari Wajak. Homo Wajakensis ini mempunyai tingkatan lebih tinggi daripada Pithecanthropus Erectus dan tergolong dalam jenis Homo Sapiens

Ciri-Ciri Manusia jenis Homo dari Wajak termasuk ras yang masih sulit ditentukan karena ia memiliki ciri-ciri ras Mongoloid dan juga Austromelanesoid atau mungkin berasal dari subras Melayu Indonesia dan turut berevolusi menjadi ras Austromelanesoid sekarang. Ras Wajak ini mungkin meliputih juga manusia yang hidup sekitar 25.000-40.000 tahun yang lalu di Asia Tenggara, seperti manusia Niah di Serawak (Malaysia) dan manusia Tabon di Pulau Palawan (Filipina). Di Cina Selatan juga pernah ditemukan fragmen rahang atas yang menyerupai manusia Wajak. Temuan manusia Wajak menunjukkan bahwa sekitar 40.000 tahun yang lalu di Indonesia sudah didiami oleh manusia jenis Homo Sapiens. Dengan demikian, manusia Wajak dapat dianggap sebagai ras tersendiri, yaitu subras Melayu Indonesia. 

Artikel Terkait: 
Jenis-Jenis Manusia Purba dan Ciri-Cirinya 
Demikianlah informasi seputar Manusia Purba: Sejarah Homo Wajakensis & Ciri-Cirinya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu sejarah homo wajakensis dan ciri-ciri homo wajakensis. Sekian dan  terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

.
Blog, Updated at: 23.35