Macam-macam Adaptasi menurut Keadaan Geografisnya

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Macam-macam Adaptasi menurut Keadaan Geografisnya| Adaptasi , sebelum membahas tentang macam-macam adaptasi atau jenis adaptasi, tahukah anda pengertian adaptasi ?.., pengertian adaptasi adalah upaya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan geografis. kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan disebut adaptabilitas. Adaptasi bermacam-macam adaptasi yakni adaptasi fisiologis, adaptasi morfologis, adaptasi budaya, adaptasi bahan makanan, adaptasi psikologis, dari ke 5 adaptasi merupakan adaptasi menurut keadaan geografinya. Untuk mengetahui penjelasan dari macam-macam adaptasi atau jenis-jenis adaptasi tersebut mari kita lihat dibawah ini.. 

Macam-Macam Adaptasi 
Adaptasi manusia terhadap keadaan geografisnya dengan memiliki macam-macam adaptasi antara lain..
1. Adaptasi Fisiologis. Adaptasi fisiologis adalah sebagai sifat fisik manusia yang mampu menyesuaikan dengan keadaan alam sekitarnya. Penduduk pegunungan biasanya mempunya paru-paru yang lebih besar dibandingkan dengan paru-paru penduduk pantai atau perkotaan. Hal ini dikarekan di daerah pegunungan kadar oksigen di udara rendah. Akibatnyam paru-paru membesar sehingga dapat menampung udara sebanyak-banyaknya, untuk mendapatkan oksigen yang cukup. 
2. Adaptasi Morfologis. Adaptasi Morfologis adalah penyesuaian bentuk tubuh terhadap kondisi geografisnya. orang-orang eskino yang hidup di sekitar kutub utara mempunyai bentuk tubuh pendek dan keluar. Dengan bentuk seperti itu, pelepasan panas badan lebih kecil. Sebaliknya, orang-orang masai di gurun-gurun afrika bentuk tubuhnya tinggi langsing dengan bentuk tubuh demikian, pelepasan panas badan lebih banyak. Sehingga mereka tidak kepanasan. 
3. Adaptasi Budaya . Adaptasi budaya adalah kebiasaan-kebiasaan penduduk dalam menyikapi keadaan alamnya sehingga terbentuk berbagai kebudayaan. Misalnya, bentuk rumah orang eskino yang kecil, pendek, tanpa jendela, dan beratap bulat berguna untuk menanggulangi udara dingin dan beratnya salju yang menempel di bagian luar. Rumah orang-orang Saudi arabia ukurannya sempit, bertingkat, tanpa kanopi (atap), lantai paling atas sebagai tempat jemuran, antena dan air condition (AC). Hal itu disebabkan kondisi geografisnya berupa tanah yang berbatu-batu dan hampir tidak pernah mendapat hujan.
4. Adaptasi Bahan Makanan . Adaptasi bahan makanan adalah bahan makanan di berbagai daerah berbeda-beda sesuai dengan bahan yang tersedia di alam sekitar. Penduduk daerah pegunungan lebih banyak makan tumbuh-tumbuhan, penduduk pantai makan ikan, dan penduduk daerah padang rumput banyak makan daging.
5. Adaptasi Psikologis . Adaptasi psikologis adalah psikis atau sifat kejiwaan seseorang terhadap kondisi geografis lingkungannya. Daerah yang datar, tanahnya subur, iklimnya baik, penduduk berwatak halus, lemah lembut, santai, tidak terbiasa bekerja keras, dan lebih mengutamakan harga diri. Sebaliknya, daerah yang berbukit-bukit, kurang subur, kurang air dan gersang maka penduduknya berwatak keras, terbiasa bekerja keras dan lebih mengutamakan terpenuhinya kebutuhan pokok.
Macam-macam Adaptasi menurut Keadaan Geografisnya
(Rumah Orang Eskimo)
Sekian artikel tentang Macam-macam Adaptasi menurut Keadaan Geografisnya semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 15.39