Upaya Penanggulangan Pencemaran Air

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Upaya Penanggulangan Pencemaran Air|Pencemaran Air menimbulkan dampak buruk terhadap manusia dan makhluk lain. Akibat ulah manusia berbagai macam penyakit timbul yang dampaknya juga kembali kepada manusia dan hewan-hewan hanya karna ulah manusia, hewan pun terkena dampaknya karena mengkomsumsi air yang telah tercemar atau memakan ikan yang pada tubuhnya telah terdapat timbunan bahan berbahaya dan racun, tetapi apakah kita harus diam ?...apakah ini harus dibiarkan saja ?....tentu saja tidak,  kita yang berbuat kita juga yang harus bertanggung jawab itulah mungkin kata yang tepat untuk manusia, dari ulah kita, semua terkenda dampaknya. Diperlukan cara untuk menanggulangi pencemaran air dengan mengurangi pencemaran air, bahkan kalau bisa menghilangkan pencemaran perairan. Sehingga diperlukan usaha-usaha atau upaya dalam penanggulangan pencemaran perairan.Oleh karna itu mari kita membahas tentang Usaha-usaha penanggulangan pencemaran air atau perairan seperti yang ada dibawah ini..

Upaya Penanggulangan Pencemaran Air

Usaha atau Upaya Penanggulangan Pencemaran Air 
1. Limbah-limbah industri sebelum dibuang ke sungai atau laut harus dinetralkan terlebih dahulu sehingga tidak lagi mengandung unsur-unsur yang mencemari perairan. Untuk itu, setiap industri diwajibkan memiliki unit pengolah limbah. 
2. Melarang pembuangan sampah ke selokan (parit), sungai, danau, dan laut. Sampah harus dibuang di tempat-tempat yang telah ditentukan.
3. Mengurangi penggunaan pestisida dalam membasmi hama tanaman. Musuh-musuh alami (predator) hama tanaman perlu dikembangkan agar dapat membasmi hama tanpa pestisida.
4. Setiap perusahaan minyak diwajibkan memiliki peralatan yang dapat membendung tumpahan minyak dan kemudian menyedotnya kembali. Dengan demikian, tumpahan minyak tidak akan melebar luas sehingga pengaruhnya terhadap pencemaran dapat berkurang.
5. Daur ulang, yaitu pengolahan kembali sampah-sampah menjadi bahan yang berguna. Sampah-sampah yang busuk dan bahan organik (yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan), dapat diolah kembali menjadi pupuk yang disebut pupuk kompos. Kaleng-kaleng bekas sepenti almunium dapat diolah kembali menjadi almunium baru. Demikian pula barang-barang bekas lainnya, semua dapat didaur ulang sehingga menjadi bahan berguna.

Upaya Penanggulangan Pencemaran Air
(Pupuk Kompos ) 
Sekian Artikel tentang Upaya Penanggulangan Pencemaran Air  semoga bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 04.32