Pengertian Nilai menurut para ahli

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Nilai menurut para ahli|Nilai tidak asing lagi ditelinga kita tapi tahukah kita apa itu pengertian nilai?. banyak para ahli yang telah mendefinisikan pengertian nilai itu karna didalam keseringan kita nilai selalu menjadi tujuan kita sehari-hari terutama bagi para pelajar karna nilai sangat penting karna dapat mengetahui kepintaran seseorang dengan nilai tersebut, sehingga nilai memiliki fungsi tersebut. Pengertian Nilai adalah sebuah konsep yang menunjuk pada hal-hal yang dianggap berharga dalam kehidupan. Sesuatu itu dianggap berharga karena hal itu baik, indah, bena,dan pantas. itulah sebabnya, nilai seringkali dipahami sebagai hal-hal yang dianggap baik, indah, benar, dan pantas. Sebaliknya, hal-hal yang buruk,tidak indah, salah dan tidak pantas dianggap tidak bernilai. contoh, ketekunan adalah nilai, karena dianggap sebagai sikap yang baik. kecantikan adalah nilai, karena dianggap sebagai hal yang indah. kejujuran adalah nilai, karena dianggap sebagai hal yang benar. Dalam sosiologi, ada berbagai pengertian yang dikemukakan para hali mengenai nilai, beberapa pengertian nilai adalah sebagai berikut. 

Pengertian Nilai menurut para ahli
a. Nilai adalah gagasan-gagasan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok tentang apa yang dikehendaki, apa yang layak, dan apa yang baik atau buruk (Antony Giddens, 1995)

b. Nilai adalah gagasan-gagasan tentang apakah suatu tindakan itu penting atau tidak penting. (Horton & Hunt, 1987)

c. Nilai merupakan gagasan kolektif (bersama-sama) tentang apa yang dianggap baik, penting, diinginkan, dan dianggap layak. Sekaligus tentang yang dianggap tidak baik, tidak penting, tak layak diinginkan dan tidak layak dalam hal kebudayaan. Nilai menunjuk pada hal yang penting dalam kehidupan manusia, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. (Richard T. Schaefer dan Robert P.Lmm, 1998)

Dari berbagai pengertian Nilai menurut para ahli dapat disimpulkan menurut artikelsiana.com tentang pengertian nilai adalah konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Contohnya orang, menganggap menolong bernilai baik, sedangkan mencuri bernilai buruk.. 

Sekian Artikel Tentang Pengertian Nilai Menurut para Ahli Semoga bermanfaat

.
Blog, Updated at: 05.03