Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen|Cerpen atau cerita pendek, dalam cerpen memiliki unsur-unsur dan ciri-ciri cerpen yang memudahkan kita untuk mengetahui bahwa ini cerpen dan memudahkan kita dalam membedakan bahwa ini benar-benar cerpen dan ini hanya cerita biasa yang terkadang sulit untuk membedakannya, oleh karna itu pertama-tama mari kita membahas tentang pengertian cerpen, cerpen adalah cerita yang wujudnya fisiknya berbentuk pendek. Untuk mengetahui lebih jelas mari kita lihat penjelasan cerpen karna dalam pengertian cerpen serasa masih belum jelas karna akan timbul pertanyaan seperti : sependek apakah itu cerpen ?. Bagaiamana jumlah kata cerpen itu?., Untuk mengetahui mari kita lihat penjelasannya cerpen dibawah ini.

Penjelasan Cerpen, Ukuran panjang-pendeknya suatu cerita memang relatif, akan tetapi pada umumnya, cerita pendek merupakan cerita yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5.000 kata. Oleh karena itu, cerita pendek sering diungkapkan sebagai cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk., Cerita pendek pada umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya pun terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya meliputi ruang lingkup yang terbatas. 

Ciri-ciri Cerpen, Dengan membaca penjelasan cerpen seperti yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa  dengan telah menguraikan  didapatkan ciri-ciri cerpen adalah.
a. Alurnya lebih sederhana.
b. Tokohnya hanya sedikit.
c. Latar hanta dilukiskan sesaat dan dalam lingkup yang relatif terbatas
d. terdiri atas 3 halaman sampai 10 halaman
e. Habis dibaca dalam sekali duduk
f. Hanya ada satu plot atau alur
g. Watak dan tokoh diterangkan atau diceritakan secara singkat
h. Banyaknya tokoh terbatas atau kurang.

Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen

Sekian artikel tentang Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen semoga bermanfaat


.
Blog, Updated at: 04.56