Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta|Peta memiliki jenis-jenis Peta serta Bentuk-bentuk peta dimana kita ketahui bahwa jenis-jenis peta terbagi dua yakni peta umum dan peta tematik, Dalam Pengertian peta, peta memiliki juga syarat-syarat peta sehingga dalam jenis-jenis peta tersebut memiliki berbagai syarat-syarat sehingga itu peta memiliki bentuk-bentuk yang terbagi dua pula yakni Peta timbul atau biasa disebut peta relief dan Peta Datar atau Peta biasa, Dalam jenis-jenis peta tersebut terdapat cara penggunaannnya yang berbeda antara peta umum dan peta tematik serta bentuk-bentuknya pun berbeda sehingga peta sangat perlu kita ketahui secara luas terutama jenis-jenis peta dan bentuk-bentuk peta, Untuk mengetahui itu semua mari kita lihat pembahasan dan penjelasann tentang Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta seperti yang ada dibawah ini...

Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta
A. Jenis Peta
Jenis peta dapat dikelompokkan sebagai berikut.
Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta
(Contoh Peta Umum)
1) Peta Umum. Peta umum adalah peta yang memperlihatkan segala ketampakan yang ada pada wilayah yang dipetakan. Ketampakan wilayah berupa unsur-unsur alam, seperti sungai, danau, rawa, gunung, pegunungan, dan dataran rendah, juga unsur-unsur buatan manusia seperti jalan raya, j alan kereta api, bendungan, dan kota
2) Peta Tematik. Peta tematik adalah peta yang menggambarkan ketampakan-ketampakan tertentu di permukaan bumi saja, misalnya:
a) peta iklim yang menggambarkan keadaan iklim di suatu daerah;
b) peta tanah yang menggambarkan jenis tanah pada suatu daerah;
c) peta penduduk yang menggambarkan persebaran penduduk pada suatu daerah.
B. Bentuk Peta
Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta
(Contoh Peta Tematik)
Secara garis besar, bentuk peta dapat digolongkan sebagai berikut.
a) Peta timbul (peta relief) adalah peta yang dibuat berdasarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Keadaan tinggi rendahnya permukaan bumi tampak sehingga pembaca dapat mengetahui gambaran bentuk permukaan bumi.
b) Peta datar (peta biasa) adalah peta yang dibuat pada suatu bidang datar, misalnya pada kertas. Keadaan permukaan bumi digambarkan dalam bentuk simbol, baik data fisik, manusia, maupun budaya.

SekianArtikel Tentang Jenis-Jenis Peta dan Bentuk Peta semoga bermanfaat.

.
Blog, Updated at: 00.33