Dampak Terjadinya Perang Dunia II

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Dampak Terjadinya Perang Dunia II| Perang Dunia II merupakan Perang yang sangat besar yang mengakibatkan dampak yang sangat besar dalam terjadinya perang tersebut, Sebab Perang Dunia yang Meletusnya Perang Dunia 11(1939—1945) menimbulkan akibat yang sangat besar bagi negara-negara di dunia yang membuat berbagai negara-negara terbagi-bagi dan saling mencari sekutu diketahui latar belakang terjadinya perang II itu memiliki berbagai kejadian yang mengakibatkan perang Dunia II terjadi  yang mengakibatkan banyak kerugian baik yang ikut dalam perang tersebut maupun yang tidak ikut dalam perang Dunia II dalam peperangan tersebut terdapat pihak-pihak yang berperan penting terhadap terjadinya perang Dunia II.. Akibat yang ditimbulkan oleh Perang Dunia II, antara lain sebagai berikut.....

1. Negara-negara imperialis Barat. seperti Prancis, Inggris, Belanda, Portugis. dan Spanyol tidak mampu lagi menghalangi semangat perjuangan bangsa yang mereka jajah. Oleh karena itu, banyak negara jajahan yang mencapai kemerdekaan setelah Perang Dunia II.

2. Setelah Perang Dunia II berakhir banyak negara yang terpecah belah, misalnya sebagai berikut.

  • Jerman terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur.
  • Indocina terpecah menjadi beberapa negara, yaitu Laos, Kampuchea, Vietnam Utara, dan Vietnam Selatan.
  • India terbagi menjadi India dan Pakistan.
  • Korea terbagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.
  • Cina terbagi menjadi Cina dan Taiwan.

3. Kekuasaan dan pengaruh Uni Soviet mulai muncul menggantikan kekuasaan negara Barat sebelumnya. Pengaruh Uni Soviet ini berlawanan dengan Amerika Serikat yang juga menjadi penguasa baru dunia. Dua kekuatan yang saling bertentangan tersebut masing-masing membentuk pakta pertahanan, yaitu NATO (North Atlantic Treaty Organization) dan Pakta Warsawa. NATO adalah pakta pertahanan yang dipimpin Amerika Serikat, sedangkan Pakta Warsawa adalah pakta pertahanan yang dipimpin oleh Uni Soviet. Pertentangan kedua blok tersebut menimbulkan Perang Dingin.

4. Pengaruh dan kekuasaan Amerika Serikat menjadi makin luas dan dianggap sebagai pemimpin negara-negara Barat dalam pertentangannya menghadapi negara-negara komunis pimpinan Uni Soviet.

5. Meletusnya Perang Dunia II melahirkan gagasan dan upaya menciptakan perdamaian dunia. Upaya tersebut, di antaranya berupa lahirnya Piagam Atlantik atau Atlantic Charter yang digagas oleh Winston Churchill (Perdana Menteri Inggris) dan Franklin Delano Roosevelt (Presiden Amerika Serikat) di Teluk New Foundland, Samudra Atlantik pada tahun 1941. Atlantic Charter melandasi berdirinya organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations).

6. Perang Dunia II menyebabkan perekonomian dunia kacau. Amerika Serikat sebagai negara kreditor kuat memperoleh kesempatan untuk memperluas pengaruhnya, terutama terhadap negara yang baru merdeka. Oleh karena itu, penanaman modalnya meluas ke berbagai negara.

Dampak Terjadinya Perang Dunia II
(Serangan Jepang di Pear Harbour, Hawai yang
merupakan salah satu latar belakang terjadinya Perang Dunia II)
Sekian Artikel Tentang Dampak Terjadinya Perang Dunia II Semoga Bermanfaat 

.
Blog, Updated at: 04.50