Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
Interaksi Sosial : Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial|Interaksi sosial tidak terjadi begitu saja semua memiliki syarat-syarat agar interaksi sosial dapat terjadi, Bayangkan kalian sedang berdiri di trotoar menunggu bus kota yang akan menuju sekolahmu. dari jauh tampak sebuah sepeda motor yang dikendarai oleh seseorang yang mengenakan seragam sekolah seperti seragammu?. Timbul rasa penasaranmu, siapa dia? Mungkinkah teman sekelasmu? atau mungkin kakak kelasmu?.Tepat didepanmu, dia memanggil namamu sambil melambaikan tangan rupanya dia mengenalmu. Dia tersenyum kepadamu. Secara spontan kamu membalas sapaan itu dengan hangat. ternyata dia teman sekelasmu.  Peristiwa di atas menunjukkan telah terjadi interaksi antara dirimu dengan teman sekelasmu tersebut. Demikian pula ketika bung karno menjenguk Bung hatta yang sedang dirawat dirumah sakit..

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial 
Agar interaksi dapat terjadi,dibutuhkan beberapa syarat, Menurut Gllin dan Gillin (Soerjono Soekanto 1989) syarat terjadinya interaksi sosial berupa seperti 
a. Kontak sosial
b. Komunikasi.
Berikut penjelasan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial seperti dibawah ini..
a. Kontak Sosial 
Kontak sosial mengacu pada hubungan sosial antara individu satu dengan individu lain yang bersifat langsung, seperti sentuhan, percakapan, maupun tatap muka sebagal wujud aksi dan reaksi.
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ni telah memungkinkan terjadinya kontak sosial secara tidak langsung. Pihak-pihak yang saling berhubungan menggunakan seperangkat alat saat mengadakan kontak sosial. Dapatkah kalian memberi contoh kontak sosial tidak langsung balk melalui media cetak maupun elektronik?
b. Komunikasi 

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Komunikasi merujuk pada proses penyampaian pesan dan seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan atau respon tertentu.  
Komunikasi muncul setelah kontak berlangsung (ada kontak belum tentu terjadi komunikasi). Selama ini kalian telah berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan kata-kata, gerak tubuh, mimik wajah, atau bentuk bahasa lainnya yang dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran kalian. Bagaimana kalian menunjukkan rasa gembira? Bagaimana pula cara kalian mengungkapkan kesedihan? Proses komunikasi terjadi pada saat kontak sosial berlangsung.Orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator, sedangkan orang yang menerima pesan disebut komunikan.

Sekian Artikel Tentang Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial, Semoga Bermanfaat. ( Sumber : Sosiologi, Hal : 41-42, Penyusun : Tim Dosen Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta, SMK (saka Mitra Kompetensi)

.
Blog, Updated at: 23.54