Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar

Loading...
Advertisement


loading...

Loading...



loading...
 Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit |Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit Sebagai kerajaan besar|Mari kita kembali ke Sejarah Kerajaan Indonesia, dimana Sejarah Majapahit diceritakan bahwa Kerajaan Majapahit adalah kerajaan besar, kebesaran kerajaan majapahit bukan tanpa sebab karna kerjaan majapahit lahir sebagai kerajaan besar karna berbagai faktor-faktor yang mendorong kerajaan majaphit dapat menjadi sebuah kerajaan besar, Apakah faktor-faktor yang mendorong lahirnya kerajaan majapahit sebagai kerajaan besar ???.. untuk mengetahui itu mari kita lihatt pembahasannya dibawah ini.......

Faktor-faktor yang Mendorong Lahirnya Kerajaan Majapahit Sebagai Kerajaan Besar
Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar, antara lain sebagai berikut,

a. Letak Majapahit secara geografis sangat strategis, yaitu di tengah-tengah wilayah Indonesi sehingga mudah memainkan peran dalam menyatukan Indonesia, baik secara politik maupun ekonomi. 
b. Pusat kerajaan di tepi sungal besar yang mudah dilayari sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah. 
c. Tanahnya subur dan banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, khususnya hasil pertanian utamanya beras dan kacang-kacangan. 
d. Sebelum Majapahit telah adanya kerajaa-kerajaan Jawa Timur yang merintisnya, khususnya Singasari di bawah Kertanegara. Gagasan nusantara telah diperoleh dan pelaksanaannya sebagian telah dilakukan. 
e. Munculnya tokoh-tokoh kerajaan, seperti R. Wijaya, Hayam Wuruk, dan Patih Gajah Mada yang melaksanakan gagasan nusantara dengan “Surnpah Palapa”-nya.
f. Tidak ada lagi saingan kerajaan di Indonesia. Sniwijaya sudah semakin lemah setelah serangan dan Cholamandala, sedangkan Kediri akibatsiasat yang dilakukan oleh R. Wijaya. 
g. Di luar Indonesia, tidak ada lagi kerajaan besar yang dapat menjadi penintang. Kerajaan Cholamandala di India dan Dinasti Yuan di Cina terpecah-pecah setelah raja/kaisar besarnya meninggal. 

Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar
(Candi Dermo merupakan candi yang 
dibangun pada zaman Kerajaan Majapahit)

Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar,itulah yang dapat artikelsiana.com  Informasikan semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya para pembaca yang budiman... Amin. (Sumber : modul Sejarah IPA untuk semester Genap )

.
Blog, Updated at: 07.42