Tari Gambyong Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tari Gambyong Sebenarnya

Tari Gambyong Berasal Dari Daerah – Tari Gambyong sebenarnya berasal dari perkembangan tari taledhek. Tarian tradisional ini berasal untuk fungsi hiburan dalam penyambutan tamu, perkawinan, serta pembukaan acara.

Biasanya, tari gambyong dilakukan dengan tunggal atau berkelompok. Sejarah singkatnya, tari gambyong fungsinya adalah tari yang hidup dan berkembang di masyarakat, hingga menjadi tarian yang sering dipentaskan di istana atau keraton.

Sampai-sampai membuat perkembangan tari tadisional yang berasal dari daerah Surakarta Provinsi Jawa Tengah ini mulai dikenal masyarakat luar.

Patut berbangga, bahwa dengan adanya tari gambyong yang berasal dari daerah Surakarta ini membuat bertambanya kekayaan budaya Indonesia. Sebab mulai dari kalangan bawah hingga tokoh masyarakat, tari gambyong sangat populer.

Tidak perlu heran kalau perkembangan tari gambyong ini sampai begitu pesat. Pada pementasannya, saat ini tari gambyong tidak hanya menampilkan gerakan baku contohnya pada awal penciptaannya, akan tetapi telah mulai diinovasi dengan berbagai properti dan gerakan lain yang menjadikan tarian ini semakin menarik.

Sejarah Perkembangan Tari Gambyong Adalah?

Sebagai tari yang berasal dari daerah Surakarta Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai sejarah yang menarik dan unik mulai dari properti, pola gerakan tari, tata rias, dan alat musik yang digunakan.

Asal mula tari gambyong sendiri ini diambil dari nama seorang penari jalanan (dalam bahasa jawanya penari jalanan disebut tledek, kadang terdengar kledek). Nama seorang penari ini adalah Gambyong. Diketahui penari ini hidup saat zaman Sinuhun Paku Buwono ke IV di Surakarta Sekitar tahun 1788-1820.

Penari ini dikenal cantik dan penampilan yang indah. Ia pun dikenal seluruh wilayah Surakarta tempat berasalnya Tari Gambyong itu.

Sejarah perkembangan tari gambyong semakin melejit pada tahun 80-an, pasalnya terdapat inovasi dan modifikasi gerak serta properti. Bahkan inovasi itu juga terjadi pada ritme serta dinamika dalam membawakan tarian gambyong.

Baca Juga  Sejarah Asal Usul Danau Toba & Legenda Danau Toba

Adapun macam-macam jenis tari gambyong ini adalah Gambyong Sala Minulya, Gambyong Campursari, Gambyong Ayun-Ayun, Gambyong Mudhatama, Gambyong Gambirsawit, Gambyong Pangkur, serta Gambyong Sembung Gilang yang sama-sama memiliki keunikan tersendiri dalam gerakan maupun lagu pengiringnya.

Gerakan Tari Gambyong Adalah?

Sebagai tari yang berasal dari daerah Surakarta ini, memiliki gerakan yang harmoni antara gerak kaki, lengan, tubuh, dan kepala. Selain itu pandangan mata juga selalu mengikuti dan menatap gerak tangan menjadi penyempurna tarian ini.

Dengan pola gerakan tari yang luwes, kewes, kenes, dan tregel penari juga menampilkan sikap dan watak para wanita Jawa. Namun sebelum itu, terdapat penanda mulainya penari tari gambyong yakni dimana selalu dimulai dengan gendhing Pangkur.

Selain itu, tari ini selalu diiringi dengan alat musik berupa seperangkat gamelan jawa seperti gong, gambang, kenong, dan kendang. Namun yang utama adalah gendang, sebab alat musik pengiring tari gembyong ini adalah penuntun gerak penari gambyong.

Properti Tari Gambyong Adalah?

Pada dasarnya pakaian tari gambyong ini memakai pakaian tradisional jawa berupa kemben dengan bahu terbuka sampai dadan dan kain panjang dengan motif untuk bawahannya. Untuk properti warnanya kostum tari gambyong sendiri adalah hijau dan kuning perlambaan kesuburan dan kemakmuran.

Untuk properti tata rias tari gambyong sangat di poles sedemikian rupa agar terlihat cantik. Pada rambut terdapat roncean bunga melati yang dipakai disamping kepala dengan posisi sampai terjatuh ke pundak. Ini diistilahkan dengan bunga tiba dada.

Namun untuk properti utama tari gambyong sendiri adalah sampur/selendang. Sampur adalah properti tari gambyong untuk perempuan, yang berupa kain diikatkan pada perut dan diselempangkan disebelaha kanan bahu penari.

Baca Juga  Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam & Fungsi

Secara singkat, untuk properti yang dikenakan penari tari gambyong adalah Untuk properti musiknya : Kendang, kenong, gong serta gambang. Sedangkan untuk properti alat musik tari gambyong yakni Kendang, kenong, gong serta gambang.

Iringan Musik Tari Gambyong Adalah?

Iringan musik yang dipakai pada tari Gambyong adalah laras Pelog, dan memakai keprak, cakupan gerongan yang dipakai adalah Gerongan Kinanthi. Iringan musik tari gamyong dibagi dalam tiga bentuk antara lain:

  1. Tari Gamyong gedek yang iringannya menggunakan gendhing kethuk-kethuk kerep.
  2. Tari Gambyong Cilik, yang untuk bentuk iringannya adalah ladrang.

Fungsi Tari Gambyong Adalah?

Fungsi utama dari gambyong dalam sejarahnya dalah untuk pertunjukan hiburan bagi Sinuhun Paku Buwono keenam. Selain itu, tari gambyong juga berfungsi untuk pemberian penghormatan kepada tamu kehormatan berkunjung ke Kasunanan Surakarta.

Hingga saat ini, fungsi tari gambyong sudah berbagai macam, yang umumnya dijadikan sebagai sarana hiburan pertunjukan bagi masyarakat luas.

Selain itu, terkadang tari gambyong untuk provinsi Jawa Tengah yang dimana tari gambyong berasal dijadikan sebagai pertunjukan untuk pesta pernikahan adat.

Dengan ke populeran Tari Gambyong membuat tari Gambyong juga berfungsi dalam mempromosikan budaya Jawa Tengah, Gambyong juga seringkali dimainkan di beberapa daerah selain Surakarta.

Keunikan Tari Gambyong Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka penulis menyimpulkan mengenai hal-hal menarik dan unik dari tari Gambyong. Sebagai tari tradisional Jawa Tengah yang berasal dari daerah Surakarta ini membawa kelebihan tersendiri dibandingkan dengan tari tradisional lainnya. Adapun keunikan dari Tari Gambyong adalah: 

  1. Gerakan/koreografi Tari Gambyong sangat unik sebab berpusat pada gerakan kaki, tubuh, lengan dan kepala yang halus dan terkendali.
  2. Apalagi soal Gerakan mata yang akan mengikuti gerak tangan serta fokus pada jari-jari tangannya.
  3. Pembawaan tari gambyong lemah lembut yang merupakan karakter wanita Jawa Tengah.
  4. Penari sering kali tersenyum, yang memberikan makna anggun dalam kondisi apapun.
  5. Kostum yang dipakai dalam tari Gambyong adalah kemben dengan bahu yang terbuka hingga bagian dada.
  6. Untuk bawahan konstum tari Gambyong adlaah kain panjang bermotif batik. Apalagi yang utama untuk konstum tari gambyong adalah selendang pada kostum tariannya.
  7. Fokus warnanya merupakan kuning dan hijau sebagai simbol kemakmuran dan kesuburan pertanian.
  8. Gending Pangkur selalu dibawakan untuk membuka tarian
Baca Juga  Pengertian CSR Adalah: Prinsip & Sejarah CSR

Siapakah Yang Membawakan Tari Gamyong?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan mengenai siapakah yang membawakan tari gamyong yang berasa dari daerah Sukarta ini adalah Mas Ajeng Gambyong.

Nama penari yang membawakan tari gamyong ini adalah seorang wanita terpilih atau penghibur yang indah dan lincah atau biasa disebut dengan seorang waranggana.

Tari Gambyong Berasal Dari Daerah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pertanyaan “Tari Gambyong Berasal Dari Daerah” dimana jawabannya adalah?

Tari Gambyong berasal dari daerah Surakarta Provinsi Jawa Tengah yang asal mulanya diambil dari nama seorang penari. Hingga namanya terdengar ke istana atau keraton dan menjadi tari tradisional di Jawa Tengah.

Demikianlah informasi mengenai Tari Gamyong Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tari Gamyong Sebenarnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Tari Gambyong Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tari Gambyong Sebenarnya | fajeros | 4.5