Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila? Ini Sejarah & Makna Lagunya

Lagu Garuda Pancasila – Sebagai negara yang memiliki adat istiadat dan sejarah yang panjang, membuat negara Indonesia sebagai negara yang kaya akan keseniannya.

Apalagi soal lagu daerah dan alat musik yang begitu banyak, yang disetiap syair dari lagunya mengandung makna yang begitu dalam yang menjelaskan tentang suatu daerah tersebut.

Tidak jarang, apabila terdapat orang-orang yang mendengar lagu tersebut secara langsung akan diingatkan tentang daerah dimana lagu itu berasal.

Dari kepopuleran lagu daerah yang ada di Indonesia yang terbentuk pada zaman kerajaan membuat kebanggaan besar bagi rakyat saat ini, dan juga penghormatan besar kepada pencipta lagu daerah tersebut.

Sebab dengan lagu yang diciptakannya membuat setiap rakyat Indonesia, memiliki pemahaman yang kaya akan seni serta daerah yang tersebar di Indonesia.

Melalui penciptaan lagu itu juga maka rakyat Indonesia bisa mengetahui karakteristik serta makna yang menjadi ciri khas dari daerah itu.

Apalagi ketika pencipta lagu daerah itu, bisa menjadikan lagunya menjadi lagu yang wajib dinyanyikan pada suatu daerah di Indonesia. Tentu ini bukan perkara mudah, sebab dengan hanya beberapa lirik dan sederhana bisa merangkum seluruh budaya di daerah tersebut yang diartikan dalam sebuah lirik lagu.

Ditambah dengan keunikan dari lagu itu sendiri yang membuat seseorang mencari bagaimana cara menyanyikan lagu daerah itu disertai dengan not dan alunan musik serta penari yang memberikan kesan magis pada lagu itu.

Selain akan kaya lagu daerah tradisional yang menggambarkan pulau dan daerah di Indonesia, negara kita juga mempunyai banyak lagu-lagu nasional dengan lirik dan makna yang tajam serta alunan musik dengan not yang membuat kita bertanya bagaimana cara menyanyikan lagu ini.

Baca Juga  Pengertian Emosi Menurut Para Ahli Psikologi

Arti Lagu Garuda Pancasila Adalah?

Salah satu lagu yang menjadi lagu nasional yang wajib untuk dinyanyikan rakyat Indonesia adalah lagu Garuda Pancasila. Lagu Garuda Pancasila ini banyak tersedia di youtube yang videonya juga disertai dengan alunan musik.

Selain dari video lagu Garuda Pancasila yang mudah didownload, juga pada musiknya sendiri dengan kategori MP3 yang memudahkan bagi setiap orang untuk meresapi lagu ini untuk menangkap makna dari Lagu Garuda Pancasila.

Lagu Garuda Pancasila ini terkadang disebut juga dengan Mars Pancasila. Sebagai lagu dengan menggambarkan lambang negara yang diketahui lambang negara kita ini telah resmi sejak tahun 1950 dengan mengambil hewan yang menggambarkan sosok yang gagah, kuat, dan tangguh sebagai tunggangan Dewa Wisnu.

Dalam sejarahnya mengenai lambang negara Indonesia ini itu terjadi pada saat Sidang Kabinet RI Serikat dimana saat itu Presiden Soekarno meminta Sultan Hamid II melalui Moh. Hatta selaku Perdana Menteri untuk membuat lambang burung garuda.

Melalui dari lambang burung garuda ini, maka membuat pencipta lagu terinspirasi untuk menciptakan lagu Garuda Pancasila yang saat ini populer dan biasa dinyanyikan saat TK hingga sampai sekarang.

Sejarah Lagu Garuda Pancasila Diciptakan Oleh Sudharnoto Adalah?

Melalui terciptanya lagu Garuda Pancasila, rakyat Indonesia dapat dengan mudah mengingat lambang negara serta memberikan semangat kebangsaan bagi setiap warga sebab dalam syair dari Lagu Garuda Pancasila ini mempunyai makna yang mendalam di dalam.

Baca Juga  Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Patut berterimakasih kepada pencipta lagu Garuda Pancasila yakni Prohar Sudharnoto atau pencipta lagu Garuda Pancasila biasa dikenal dengan nama Sudharnoto. Latar belakang atau landasan pemikiran pencipta lagu Garuda Pancasila ini diciptakan karena untuk mengenang jasa pahlawan dan dapat terus diperjuangkan yang menjadi penggubah lagu Garuda Pancasila pada tahun 1956.

Pencipta lagu Garuda Pancasila ini hanyalah seorang sarjana Universitas Indonesia jurusan Kedokteran yang lahir Kendal, Jawa Tengah, pada tanggal 24 Oktober 1925. Walau sarjana kedokteran pencipta lagu garuda Pancasila ini lebih tertarik pada dunia musik membuatnya belajar dan berguru Jos Cleber, Daljono, dan R.A.J Soedjasmin.

Karir Pencipta Lagu Garuda Pancasila ini melejit saat bergabung Orkes Orkes Hawaiian Indonesia Muda yang saat itu pengisi siaran RRI (Radio Republik Indonesia) hingga mendapat slot acara berjudul Hammond Organ Sudharnoto”. Kariryang menanjak hingga menjabat sebagai kepala Seksi Musik.

Tidak berlangsung lama, Sudharnoto sebagai pencipta lagu Garuda Pancasila ini diindikasikan sebagai aktivitas PKI membuat karirnya jatuh sampai menjadi sopir taksi dan penyalur es Petojo, Jakarta.

Namun, ia tetap mengisi berbagai pertunjukan musik dan menjelang akhir hayatnya sibuk mengurus anak angkat Ismail Marzuki bernama mimik. Pencipta lagu Garuda Pancasila ini menghembuskan napas terakhir pada tahun 2000 lalu, tepatnya pada 11 Januari 2000.

Lirik Lagu Garuda Pancasila Adalah?

Adapun lirik dan syair dari lagu garuda Pancasila yang diciptakan oleh Sudharnoto ini adalah: 

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Makna Lagu Garuda Pancasila Adalah?

Lagu Garuda Pancasila yang diciptakan oleh Sudharnoto ini tergolong sebagai lagu wajib Nasional yang dinyanyikan oleh seluruh rakyat Indonesia. Sebagai lagu yang mengutamakan pada lambang negara Indonesia yakni Pancasila, terdapat makna yang mendalam dibalik lirik syair dari lagu Garuda Pancasila. Adapun makna-makna dari lagu Garuda Pancasila secara singkat adalah:

  1. Garuda pancasila, akulah pendukungmu, yang maknanya sebagai penerimaan dan persetujuan terhadap dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yakni Pancasila.
  2. Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmu, yang maknanya adalah kewajiban bagi rakyat untuk melindungi Pancasila agar tidak tergantikan oleh ideologi lain.
  3. Pancasila dasar negara, yang maknanya bahwa fungsi Pancasila adalah pedoman hidup dalam penyelenggaraan negara untuk terwujudnya cita-cita Bangsa.
  4. Rakyat adil makmur sentosa, yang maknanya sebagai harapan untuk terwujudnya sila ke lima dalam Pancasila.
  5. Pribadi bangsaku, yang makna dari lirik lagu Garuda Pancasila ini adalah sebagai keutamaan dan jati diri bangsa dan negara Indonesia.
  6. Ayo maju maju (3x), yang maknanya adalah untuk menerapkan secara utuh Pancasila dalam kehidupan apapun untuk memajukan negara Indonesia yang bisa diartikan sebagai bentuk dorongan kepada rakyat Indonesia.
Baca Juga  Pengertian Aliran Seni Lukis Naturalisme Adalah?

Demikianlah informasi mengenai Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila? Ini Sejarah & Makna Lagunya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Siapa Pencipta Lagu Garuda Pancasila? Ini Sejarah & Makna Lagunya | fajeros | 4.5