Pengertian Poster Adalah, Fungsi & Ciri-Ciri Poster

Poster –  Dalam menyajikan informasi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar bisa bernilai edukasi, maka dibutuhkan media yang baik didalamnya. Ada banyak jenis-jenis media yang bisa difungsikan untuk menyampaikan tujuan itu.

Menemukan dan mengetahui hal ini tidaklah sulit. Media informasi dan pembelajaran ini, biasa ditemukan dan telah diketahui saat masih berstatus SD, SMP ataupun SMA.

Tidak jarang media ini banyak mengisi dinding-dinding sekolah, dan berbagai perkantoran. Hal ini tujuannya tidaklain dan tidak bukan untuk bisa memudahkan setiap orang untuk mengetahuinya.

Hanya dengan melihatnya setiap hari, baik itu membacanya secara utuh atau sekilas, maka secara tidak langsung informasi itu akan tertanam dalam alam bawah sadar setiap orang yang melihatnya. Jenis media itu adalah Poster.

Poster

Poster adalah media pembelajaran, dan media informasi baik itu untuk masyarakat umum atau untuk kalangan pelajar. Ada banyak jenis-jenis informasi yang disampaikan dalam poster bergantung dimana poster itu dipasang.

Contohnya saja apabila poster itu dipasang di sekolah, maka poster itu akan menyajikan informasi pembelajaran seputar mata pelajaran yang ada disekolah tersebut.

Apabila poster itu dipasang dalam laboratorium biologi, maka poster itu akan menggambarkan mengenai misalnya bagian-bagian tubuh, fungsi dan namanya.

Sedangkan apabila poster itu dipasang dalam instansi pemerintah, maka poster itu tentu saja akan menyajikan mengenai informasi yang menyangkut tentang fungsi dari setiap bidang dari instansi itu atau bagaimana mekanisme untuk setiap bagian-bagian instansi yang ada.

Baca Juga  Pengertian Resume, Jenis, Contoh Resume & Cara Membuatnya

Menyebutkan fungsi dan macam-macam, apalagi contoh-contoh poster memang sangatlah banyak, maka dari itu, pada kali ini penulis akan memaparkan tentang hal-hal dasar mengenai Poster yakni persoalan definisi atau pengertian poster dan ciri-ciri poster. Untuk informasi mengenai pengertian poster dan ciri-ciri poster dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian Poster Adalah?

Pengertian Poster Adalah, Fungsi & Ciri-Ciri Poster (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Poster Adalah, Fungsi & Ciri-Ciri Poster (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, Pengertian Poster adalah media informasi yang mengkombinasikan visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan untuk menangkap perhatian.

Istilah lain dari Poster biasanya disebut dengan plakat, lukisan bergambar yang dipasang untuk menyampaikan informasi, saran, pesan, kesan ide. Fungsinya adalah untuk menarik perhatian, memperjelas setiap ide.

Selain itu, berfungsi untuk mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang bisa mungkin cepat atau dilupakan. Poster juga bisa menjadi alat pembelajaran untuk menambah kosa kata.

Maka dari itu, poster yang baik harus mudah diingat, dibacah dan bisa ditempel dimanapun. Dalam dunia pendidikan, poster telah memberikan manfaat yang besar sebagai media untuk menyampaikan informasi, pesan, kesan, dan pesan dll yang tujuannya menarik minat peserta didik.

Ciri-Ciri Poster

Perlu diketahui bahwa ada banyak media-media yang bisa ditempel itu bukan berarti adalah poster. Terdapat ciri atau karakteristik apa yang disebut dengan Poster. Sehingga bagi setiap orang, tidak boleh asal menyebut bahwa ini adalah poster.

Baca Juga  Tari Gambyong Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tari Gambyong Sebenarnya

Akan tetapi terdapat ciri-ciri poster yang bisa dijadikan rujukan dalam mengetahui bahwa inilah poster serta ciri-ciri poster ini bisa dijadikan sebagai rujukan dalam membuat poster.

Menurut Firara yang menyampaikan bahwa poster mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Mempunyai bahasa yang singkat, padat, dan komunikatif
  2. Bersifat persuasif.
  3. Dilengkapi gambar, warna, foto, atau ilustrasi.

Selain itu, menurut pendapat dari Putra (2007:60) bahwa poster yang baik adalah yang poster yang poster tidak hanya bisa melihat hasil akhir berupa bendanya saja, sebab di dalam poster terdapat banyak hal yang tidak terlihat, termasuk unsur-unsur kreatif, komunikatif, dampak (media exposure), audience, di mana (place) ditempatkan, ukuran-ukuran keberhasilannya, biaya yang dikeluarkan, sampai pada indikator-indikator keberhasilan sebuah poster.

Ciri-Ciri Umum Poster Yang Baik

Berdasarkan dari pendapat diatas, maka penulis berkesimpulan bahwa ciri-ciri umum poster yang baik adalah:

  1. Mempunyai bahasa yang singkat, padat, dan komunikatif
  2. Bersifat persuasif.
  3. Dilengkapi gambar, warna, foto, atau ilustrasi.
  4. Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  5. Foto dan Tulisan/kalimat memiliki perbandingan yang sesuai.
  6. Memakai bahasa yang mudah dipahami.
  7. Menentukan posisi pemasangan poster yang sesuai dengan tema dari poster itu.
Baca Juga  Pengertian Gagasan Utama, Ciri, Fungsi Gagasan Utama & Cara Menemukannya

Tujuan & Fungsi Poster Dibuat

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka terdapat fungsi dan tujuan poster yang memang pada umumnya untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Namun selain dari pada itu, terdapat fungsi dan tujuan khusus sehingga poster dibuat. Adapun fungsi dan tujuan poster itu adalah:

  1. Menginformasikan kepada masyarakat yang beredukasi.
  2. Menarik perhatian masyarakat agar fokus masalah yang ada tentang isi poster seperti masalah lingkungan.
  3. Bisa mempengaruhi suara publik sehingga pada nantinya mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah.
  4. Merelefleksi ingatan masyarakat terhadap suatu informasi publik terlebih lagi informasi yang ada di pemerintah sehingga masyarakat bisa tahu.
  5. Untuk menarik simpati dari publik agar peduli terhadap isi poster yang ada dan dapat mempengaruhi ke masyarakat yang tidak melihat poster itu.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Poster dan Ciri-Ciri Poster. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Pengertian Poster Adalah, Fungsi & Ciri-Ciri Poster | fajeros | 4.5