[Jawaban] Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Lain

Tahukah Anda negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Asing? Kalau di Indonesia sendiri, yang ada di kawasan Asia Tenggara tapi pernah dijajah sekitar 350 tahun oleh VOC dan Belanda. Kemudian ditambah lagi dengan masa penjajahan sebanyak 3,5 tahun oleh pihak Jepang. Adapun tujuan dari para penjajah Tanah Air Indonesia yaitu adanya faktor kekayaan alam.

Beberapa negara seperti Belanda, Spanyol, Inggris sampai Portugis menginginkan rempah-rempah yang saat itu tergolong sangat mahal di kawasan Eropa.

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Asing. Mereka berhasil melakukan pembangunan dalam negaranya sendir, meskipun ada usaha bangsa asing untuk mengusai daerahnya.

Seperti yang telah dikutip dari halaman situs moguldom.com bahwa ada 5 negara di dunia yang tidak pernah dijajah bangsa asing yaitu:

negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah

Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah dijajah bangsa Asing

Negara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Asing

Liberia

liberia negara yang tidak pernah dijajah

Negara Liberia secara resmi telah menjadi sebuah negara yang berdiri pada tahun 1847. Akan tetapi, sebelum resmi menjadi suatu negara, beberapa negara sudah mendirikan pos perdagangan pada seluruh wlayah termasuk Belanda, Portugal dan Inggris.

Baca Juga  PENDAKI GUNUNG HARUS TAHU !!! Ini 7 Gunung Paling Angker Di Indonesia, Harap Hati Hati Bila Mendaki | Video Misteri

Beberapa orang bahkan telah mengklaim Amerika juga sudah mendirkan pemerintahan Kolonial di Liberia selama masa satu periode.

Meskipun demikian, negara Liberia merupakan negara yang tidak pernah dijajah dan membentuk negaranya secara mandir.

REpublik Liberia adalah suatu negara yang letaknya berada di pesisir barat Afrika yang memiliki batasan langsung dengan Sierra Leone, Guinea dan Pantai Gading. NEgara ini masuk pada kategori wilayah Afrika Barat.

Jepang

negara jepang tidak pernah dijajah

Jepang merupakan salah satu negara yang ada di Asia yang berhasil lolos dari belenggu penjajahan barat. Meskipun demikian, China dan Belanda pernah mendirikan pelabuhan dagangnya pada kawasan tersebut.

Sempat ada usaha untuk menaklukkan negeri Sakura tersebut. Akan tetapi, pihak Jepang dapat mendirikan negaranya yang dipimpin oleh kaisar pada saat itu.

Thailand

negara thailand tidak pernah dijajah

Negara Thailand merupakan negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lainnya. Bahkan Thailand telah menjadi satu-satunya yang ada di negara kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

Baca Juga  Sejarah Bahasa Indonesia

Walaupun ada tekanan yang besar dari kekuatan Eropa, Thailand berhasil lolos dari kekuasaan kolonial dengan mempertahankan tanah air mereka.

Terdapat beberapa negara yang berusaha untuk melakukan penjajahan terhadap Thailand yang diantaranya yaitu Inggris dan Perancis.

Bhutan

negara bhutan tidak pernah dijajah

Bhutan merupakan suatu negara kecil yang ada di Asia Selatan yang memiliki bentuk pemerintahan yaitu Kerajaan dan dikenal sebagai negeri naga guntur. Letak wilayahnya dihimpit antara China dan India.

Bhutan adalah salah satu dari sedikit negara yang tidak pernah dijajah. Meskipun demikian, terdapat beberapa negara yang ingin menjajah dan Bhutan harus berperang dalam melawan INggris sekitar abad ke 18 dan ke 19.

Iran

negara iran tidak pernah dijajah

Iran adalah suatu negara yang berada di kawasan Timur Tengah yang letaknya berada di asia Barat Daya. MEskipun negara ini sudah dikenal penduduk lokal sebagai iran sejak zaman dahulu, sampai tahun 1935 Iran masih disebut sebagai Persia di dunia barat.

Baca Juga  Sejarah : Nama Raja-Raja Kerajaan Singasari

Iran juga pernah mengalami masa-masa terpuruk saat Rusia dan Inggris berjuang untuk membangun kerajaan mereka di Timur Tengah pada tahun 1800-an.

NEgara tersebut kehilangan sebagian wilayahnya selama masa perang dengan Rusia dan Anglo, dan sempat diduduki oleh pihak Rusia di tahun 1911.

Jawaban Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Lain

Jadi, berdasarkan uraian yang ada di atas maka kita bisa menyimpulkan atau memberikan jawaban terhadap pertanyaan negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah disebut Thailand.

Nah, demikianlah informasi tentang negara asia tenggara yang tidak pernah dijajah bangsa lain. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan info terkait pertanyaan tersebut.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Negara Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah Bangsa Lain | Artikel Bermanfaat | 4.5