Membangun Prestasi Diri Merupakan Upaya Pembelaan Negara? Ini Alasannya

Upaya Pembelaan Negara – Semakin maju suatu bangsa maka menjaga untuk melindungi bangsa itupun juga punya banyak ancaman yang datang apalagi ditengah globalisasi dan modernisasi saat ini. Dampak dari modernisasi dan globalisasi yang terjadi bisa menjadi ancaman bagi semangat nasionalime dan patriotisme. Ancaman ini tidak hanya bersifat luar negara saja, melainkan dari dalam negara sendiri.

Maka untuk menangani hal itu, suatu bangsa memiliki rasionalisme yang kuat agar bisa melindungi dan membela negaranya dengan mempunyai wawasan intelektual atau tingkat prestasi yang tinggi. Sebab ancaman yang bisa menganggu negara Indonesia, tidak hanya dari segi ancaman militer, melainkan juga bisa terjadi dari ancaman non militer.

Ini bisa dijelaskan bahwa membangun prestasi diri adalah upaya pembelaan negara ketika ancaman tersebut adalah perang ideologi, moral, dan teknologi seperti sekarang ini. Apalagi, negara yang bersemboyan “Bhinneka Tunggal Ika” ini berdeka dengan susah payah dengan tiga abad lamanya dijajah yang akhirnya memutuskan penjajahan itu pada 17 Agustus 1945 sebagai kemerdekaan Indonesia.

Upaya Bela Negara Adalah?

Ditengah perjalanan sejarah yang panjang, tidak sedikit warga negara yang lupa untuk terus menanamkan dalam diri mengupayakan pembelaan negara. Arti upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yan dijiwai oleh kecintaan pada NKRI sesuai Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Baca Juga  Sejarah Asal Usul Danau Toba & Legenda Danau Toba

Salah satu instrument yang paling mutakhir dalam upaya pembelaan negara adalah bertumpu pada kesadaran setiap warga negara akan hak dan kewajibannya. Sebab ini bukan hanya kewajiban bagi rakyat Indonesia, melainkan dengan kesadaran upaya bela negara adalah kehormatan setiap warga untuk bertanggung jawab dan rela berkorban bangsa dan negara.

Saat ini, upaya bela negara tidak lagi dengan seperti yang pernah terjadi yaitu dengan mengangkat senjata, sebab kondisi itu tidak akan selamanya terjadi apalagi disituasi yang tenang ini. Melainkan upaya bela negara bisa dilakukan dengan berbagai macam cara baik itu secara berkelompok atau diri sendiri. Demikian ini sangatlah penting karena sebagaimana UU No. 3 Tahun 2003 yang berbunyi “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaran pertahanan negara.

Demi mewujudkan kelanggengan Negara Republik Indonesia dan kelangsungan hidup bangsa dan negara, maka penanaman bela Negara pada warga negara menjadi titik sentral yang perlu dibina dan dikembangkan. Melalui kualitas warga negara yang unggul bangsa Indonesia dapat melaksanakan upaya pembelaan negara.

Baca Juga  10 Fungsi-Fungsi Web Browser Saat Ini Adalah?

Apalagi untuk saat ini, dimana persaingan semakin kompleks dengan menekankan pada peningkatan kualitas manusia unggul, setiap negara berlomba-lomba dalam menciptakan temuannya apalagi dalam hal teknologi, kesehatan, alat perang, ekonomi, tranposrtasi dll. Dengan peningkatan kualitas diri atau membangun prestasi diri, maka dapat membuat negara ini mampu bersaing dengan karya dari hasil temuan seperti bagaimana China mampu menjadi negara besar karena produk ekonomi yang begitu bervariasi.

Jepang bisa maju walaupun negara kecil, namun dalam hal teknologi sangatlah diperhitungka. Korea Selatan yang diketahui mempunyai kemampuan dalam teknologi kesehatan dan kecantikan yang tidak dimiliki negara lain, begitupula dengan amerika dengan berbagai macam keunggulan.

Pertumbuhan pesat setiap negara, tidak lepas dari pembangan diri setiap warganya untuk berprestasi seperti dari kepintaran, kecerdasaran dan karya baik secara lokal, nasional apalagi internasional. Maka dari itulah, bagaimanasih penjelasan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara. Yang adapun jawaban dari pertanyaan demikian dari kesimpulan diatas dapat dijelaskan bawah:

Ini Alasan Membangun Prestasi Diri Merupakan Upaya Pembelaan Negara

Dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan karena dapat mengharumkan dan mengenal nama Indonesia dimata Internasional apalagi ruang untuk menguji prestasi itu berdampingan melawan negaral lain. Sebab disituasi sekarang, yang dibutuhkan adalah membangun prestasi diri agar pada nantinya bisa menjadi tokoh penting dan utama Indonesia yang gagasan dan temuannya bisa membuat negara unggul dalam bidang tertentu atau berbagai bidang.

Seperti lihat saja, teknologi Apple yang diciptakan oleh Steven Paul Jobs, Bill Gates dengan ciptaannya yaitu Microsoft, Elon Musk yang menciptakan mendirikan SpaceX, Tesla Motors, dan ikut mendirikan PayPal, Mark Elliot Zuckerberg yang mendirikan Facebook. Melihat dari berbagai penemu itu, menjadikan negaranya kuat. Itulah mengapa pentingnya membangun prestasi diri sebagai upaya pembelaan negara.

Baca Juga  Apa Fungsi Air Di Bidang Industri Adalah? Ini 8 Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai pertanyaan jelaskan bahwa dengan membangun prestasi diri merupakan upaya pembelaan negara dengan topik Membangun Prestasi Diri Merupakan Upaya Pembelaan Negara? Ini Alasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Membangun Prestasi Diri Merupakan Upaya Pembelaan Negara? Ini Alasannya | fajeros | 4.5