Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia Adalah?

Makna Sumpah Pemuda – Sumpah pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober 2019, terdapat makna yang terkandung di dalam is Sumpah Pemuda. Dicetuskan pada tanggal itu, menjadi makna untuk ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia.

Sebelum itu, pernah terjadi Sumpah Pemuda dua tahun sebelumnya yang dinamakan dengan kongres Pemuda I pada 30 April sampai 2 Mei 1926 di Batavia Jakarta.

Tepat saat itu, hadir perwakilan perhimpunan pemuda/pemudi termasuk Jong Java, Studerenden Minahasaers, Jong Bataks Bond, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Pemuda Kaum Theosofi, dll.

Awalnya tujuan kongres pemuda I sebagaimana sejarahnya adalah mencari jalan membina perkumpulan pemuda yang tunggal. Maksud dari hal ini untuk memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia.

Sedangkan tujuan yang kedua dari kongres pemuda I adalah menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda kebangsaan di tanah air.

Baca Juga  Sejarah Kerajaan Islam : Kerajaan Cirebon

Akan tetapi, kongres tersebut berjalan tanpa hasil hingga perbedaan diantara pemuda masih terdapat. Hal itulah yang mendorong dalam sejarah sumpah pemuda untuk melakukan kongres Pemuda II yang gelar di Batavia selama 2 hari yakni 27 hingga 28 Oktober.

Untuk sejarah sumpah pemuda saat hari pertama digelar di Gedung Pemuda Katolik dan kongres keduanya pada 28 Oktober digelar di Gedung Oost Java di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Melalui kongres Pemuda II ini melahirkan tiga tujuan yang dalam sejarahnya masih tertulis yakni (1) Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, (2) Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia; serta (3) Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Ada banyak organisasi yang hadir tersebut di berbagai daerah begitu pula dengan peranana organisasi kaum Tionghoa. Hal itu jugalah mengapa pembacaan teks sumpah pemuda dibacakan di Gedung Asrama milik keturunan Tionghoa bernama Sie Kok Liong yang terletak di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta Pusat, ini kini diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.

Baca Juga  NPWP Pribadi Adalah: Syarat & Cara Membuat NPWP

Isi Teks Sumpah Pemuda Adalah?

Dengan perjalanan sejarah yang panjang dalam mempersatukan pemuda, jelaslah mengapa setiap 28 Oktober menjadi peringatan terbesar yang dirayakan setiap orang. Karena isi dari teks sumpah pemuda ini memuat berbagai hal. Adapun isi teks sumpah pemuda adalah:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Baca Juga  Pengertian Wirausaha, Ciri, Fungsi & Manfaatnya

Makna Isi Teks Sumpah Pemuda Secara Singkat Adalah?

Makna yang terkandung dalam isi teks sumpah pemuda bisa dijelaskan memuat peristiwa sejarah yang mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa sebab bisa menyatukan perbedaan dan mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Selain itu, Sumpah Pemuda juga bermakna nilai positif yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena memuat nilai Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Demikianlah informasi mengenai Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia Adalah? | fajeros | 4.5