Karakteristik Teks Cerita Inspiratif & Fungsi Teks Cerita Inspiratif Adalah?

Karakteristik Teks Cerita Inspiratif & Fungsinya – Menurut KBBI bahwa Teks inspirasi adalah bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam cerita inspiratif terdapat nilai kedewasaan yang terkandung didalamnya. Melalui nilai inilah sehingga banyak orang yang ketika membaca contoh-contoh teks cerita inspiratif malah tergugah hati atau naluri.

Selain itu melalui teks cerita inspiratif ini membuat seseorang termotivasi melalui membaca teks demikian. Maka dari itulah sehingga isi pokok dalam ceritai nspiratif merupakan materi dalam pembelajaran.

Menurut para ahli dalam hal ini Praptomo (2017) yang mengatakan bahwa cerita inspiratif itu berasal dari cerita yang sudah pernah dilalui oleh seseorang dalam hal ini artinya adalah pengalaman orang itu, yang diceritakan dengan bentuk yang menarik.

Melalui bentuk penceritaan itulah sehingga membuat tujuan dan fungsi dari teks cerita inspiratif tersampaikan dalam hal ini adalah menggugah kesadaran pembaca atau memberikan inspirasi kepada pembaca.

Selain itu, ada juga yang menjelaskan bahwa cerita inspiratif merupakan cerita tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan cerita inspiratif.

Baca Juga  Kepanjangan ASEAN, Arti, Tujuan & Anggota ASEAN

Maka dari itu, tidak jarang teks cerita inspiratif menjadi media dalam dunia pendidikan untuk elbih dekat terhadap lingkungan siswa di sekolah, untuk mengenali lingkungan mereka dan mereka sendiri melalui membuat teks cerita inspiratif dari lingkungannya.

Tidak jarang banyak orang yang mencari cara membuat teks cerita inspiratif dan contoh teks cerita inspiratif yang banyak terdapat di internet.

Namun bagi penulis sendiri, alangkah lebih baiknya dimana teks cerita inspiratif ini betul menceritakan keseharian dari siswa tersebut yang dianggap membuat orang-orang termotivasi.

Sebab inilah tujuan teks cerita inspiratif ada dalam dunia pendidikan Indonesia. Selain itu juga melatih siswa dalam mengarang teks cerita yang baik dan menarik yang walaupun terkesan sederhana, namun sangat susah sebab kesusahan ini barulah dirasakan oleh penulis dan orang-orang dewasa.

Melalui hal itulah maka penulis akan menginformasikan tiga hal dibawah ini yaitu struktur teks cerita inspiratif, fungsi teks cerita inspiratif, dan karakteristik atau ciri teks cerita inspiratif. Adapun penjelasannya adalah:

Karakteristik Teks Cerita Inspiratif & Fungsi Teks Cerita Inspiratif Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Karakteristik Teks Cerita Inspiratif & Fungsi Teks Cerita Inspiratif Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Struktur Teks Cerita Inspiratif Adalah?

Menurut strukturnya, teks cerita inspiratif pada dasarnya dimulai dengan bagian abstraksi yang berisi latar belakang dari cerita yang diangkat. Selanjutnya adalah terdapat tahap Orientasi.

Pada struktur dalam teks cerita inspiratif ini berisi memperkenalkan tokoh, latar, waktu, ruang, dan latar suasana. Setelah bentuk orientasi, selanjutnya adalah urutan ketiga yakni komplikasi.

Maksud atau isi dari tahap ini adalah urutan kejadian sebab akibat cerita dapat muncul. Selanjutnya tahap evaluasi yang biasanya terdapat konflik cerita, atau puncak klimaks cerita.

Baca Juga  8 Tugas-Tugas Perkembangan Remaja, Ini Penjelasannya

Setelah konflik yang terjadi maka tahap resolusi lebih menyajikan penyelesaian konflik yang telah terjadi, Dan pada tahap terakhir yaitu koda sebagai bagian akhir cerita yang menyajikan amanat atau pesan moral yang akan disampaikan penulis kepada pembaca.

Fungsi Teks Cerita Inspiratif Adalah?

Melihat dari kompleksnya struktur teks cerita inspiratif, bukan tidak mungkin fungsi yang akan didapatkan dalam menyusun teks cerita inspiratif juga luar biasa. Fungsi cerita teks inpispiratif adalah dapat menginsiprasi pembaca dan pencerita.

Baca Juga  Prinsip dan Asas Penyusunan APBN

Selain sebagai inspiratif, fungsi teks cerita inspiratif tidak hanya semata-mata terbatas pada hal-hal yang lucu atau bersifat hiburan dan mengundang pendengarnya tertawa tetapi juga harus memperhatikan nilai-nilai pendidikan. Sehingga fungsi teks cerita inspiratif adalah menghibur dan sekaligus mendidik.

Karakteristik Teks Cerita Inspiratif Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dan informasi yang dihimpun oleh penulis, maka penulis menyimpulkan bahwa ciri atau karakteristik dari teks cerita inspiratif adalah:

  1. Mengandung makna dan artian yang mendalam, tentunya juga menyentuh hati.
  2. Ditujukan kepada orang lain
  3. Sebagai pedoman motivasi dalam bentuk teks
  4. Terdapat pesan moral yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut
  5. Gaya bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami

Demikianlah informasi mengenai Karakteristik Teks Cerita Inspiratif dan Fungsi Teks Cerita Inspiratif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Karakteristik Teks Cerita Inspiratif & Fungsi Teks Cerita Inspiratif Adalah? | fajeros | 4.5