Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu Pada Tanggal? Ini Sejarahnya

Sejarah Perang Dunia II – Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Tanggal menyerahnya Jepang tanpa Syarat kepada sekutu ini menjadi sejarah besar.

Sebab menyerahnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu sekaligus menjadi sejarah berakhirnya Perang Dunia II. Dimana menyerahnya Jepang mengakhiri perang yang terjadi selama kurang lima tahun.

Namun sebelum menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada sekutu, terdapat alasan dan penyebab serta perjalanan yang menarik untuk dikupas.

Contohnya saja sebelum menyerahnya Jepang dimana 8 Mei 1945, ternyata Jerman lebih dahulu dibandingkan Jepang yang menyerah untuk mengakhiri Perang Dunia II di front Eropa.

Walaupun Jerman menyerah terlebih dahulu, tidak membuat Jepang kehilangan tajinya. Sebab, Jepang sebelumnya menolak memenuhi seluruh tuntutan yang dilontarkan sekutu agar menyerah tanpa syarat. Jepang lebih memilih untuk menuntaskan misinya.

Sikap Jepang itu, menjadi pembicaraan pedas dan topik hangat dalam konferensi Potsdam, Jerman yang diketahui di gelar pada 16 Juli 1945. Perang melawan Jepang menjadi isi pembicaraan tersebut.

Hingga pada akhirnya, seluruh dari pemimpin sekutu bersepakat dengan mengeluarkan pernyataan deklarasi Potsdam bahwa Jepang harus menyerah tanpa syarat.

Walaupun demikian, tetap saja Jepang menolak dan menerima ultimatum tersebut sehari setelah isi deklarasi Postdam dikeluarkan.

Baca Juga  Pengertian DNA & RNA, Perbedaan DNA & RNA

Dalam menyusutkan semangat Jepang, isi pernyataan deklarasi itu dijatuhkan pesawat Sekutu diatas wilayah udara Jepang. Terlihat dari gerakan deklarasi Potsdam itu sudah tidak main-main lagi,

Sebab sekutu telah menyusun rencana untuk membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dimana di gurun pasir New Mexico, AS, sebuah proyek membuat senjata pemusnah massal dengan sandi Proyek Manhattan sedang digarap.

Hasil dari proyek ini untuk membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu adalah proyek dua bom atom yang dinamakan Little Boy dan Fat Man. Kedua bom atom ini adalah senjata yang bisa dipakai untuk mengakhiri perang.

Hal itu juga membuat terjadi sejarah besar dalam peperangan dunia. Sebab pada 6 agustus 1945, pesawat B-29 Superfortress yang dikenal dengan nama “Enola Gay” menjatuhkan bom atom Little Boy di Hiroshima.

Terdapat alasan khusus mengapa Amerika menjatuhkan bom atom Little Boy di Hiroshima. Alasannya karena Hiroshima adalah pusat dari industri dan markas militer terbesar.

Baca Juga  Bagaimana Peraturan Negara Dibuat & Cara Menyebarluaskan Pada Masyarakat

3 Hari selanjutnya yakni pada 9 Agustus 1945, bom atom kedua yang dikenal dengan Fat Man ini menghantam kota Nagasaki dengan memakai pesawat berjuluk Bock’s Car.

Alasannya kenapa Amerika memilih Nagasaki, karena Nagasaki adalah pelabuhan terbesar di Jepang Selatan dan merupakan kota yang memiliki peran penting saat perang dengan aktivitas aktivitas industri, termasuk artileri, kapal perang, perlengkapan militer, dan material perang.

Malapateka dari bom atom ini yang membuat 2 kota besar Jepang lulu lantah rata dengan tanah. Terdapat puluhan ribu orang yang menjadi korban tewas dan luka-luka akibat jatuhnya bom atom ini.

Ternyata dalam peristiwa ini tidak membuat pemerintah Jepang untuk cepat-cepat mengeluarkan atau menentukan langkahnya dalam perang dunia II. Akhirnya, hal itu mendapat reaksi dari sekutu dengan melakukan invasi militer.

Kapal-kapal perang Amerika Serikat bergerak hingga mulai menghantam Jepang dengan menembakkan meriam mereka ke pantai. Dapat dikatakan, ini merupakan gertakan walau terdapat kerugian besar bagi Jepang.

Baca Juga  Tari Kipas Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tari Kipas

Walau telah melulu lantahkan Jepang, pada 13 Agustus ditahun yang sama, Pesawat B-29 menjatuhkan selebaran di langit Jepang yang isi dari selebaran itu adalah tiada lain tidak bukan untuk memberikan tawaran agar Jepang untuk menyerah kepada Sekutu.

Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu Pada Tanggal? Ini Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu Pada Tanggal? Ini Sejarahnya (Foto: Artikelsiana.com)

Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu Pada Tanggal?

Akhirnya pada 14 Agustus 1945 yang tercatat dalam sejarah dunia, dimana pada tanggal ini merupakan tanggal dimana Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu dengan mengirimkan surat ke kedutaan besar negeri itu di Swiss dan Swedia.

Isi surat itu pada dasarnya adalah menerima syarat-syarat penyerahan yang ditentukan Sekutu. Akhirnya, pesan yang dikirim Jepang diterima Sekutu.

Akhirnya upacara penyerahan Jepang digelar pada 2 September 1945 di atas kapal tempur Amerika Serikat USS Missouri. Dokumen menyerahnya Jepang yang ditandatangani para pejabat pemerintahan Jepang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II.

Demikianlah informasi mengenai Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu Pada Tanggal? Ini Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu Pada Tanggal? Ini Sejarahnya | fajeros | 4.5