[Jawaban] Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah?

Keberagaman Agama – Indonesia adalah negara dengan berbagai agama, suku, ras, bahasa dan budaya. Hal itu juga menjadi kekuatan hingga melahirkan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa yang damai dan bermartabat.

Berbicara soal keberagamaan agama di Indonesia, dimensi ini sudah menjadi bagian dalam sejarah terbentuknya Indonesia yang dituliskan dalam Pancasila yaitu nilai Ketuhanan.

Sehingga Indonesia adalah negara yang bertuhan yang diperkuat oleh bahasa yang satu sebagai pengantar tercapainya objek budaya. Berdasarkan keberagaman agama di Indonesia bisa dijelaskan sebagai keniscayaan tuntutan realisasi beragama.

Maka sudah barang tentu bahwa setiap rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara selalu mengutamakan nilai-nilai ketuhanan. Sebab di dalam nilai ketuhanan yang terdapat dalam agama yang di akui di Indonesia,

Mengandung pesan-pesan moral, pesan kemanusiaan, pesan keadilan dan dll. Sehingga dengan kata lain, bahwa rakyat Indonesia tidak hanya sebagai makhluk individu dan sosial melainkan makhluk religius.

Hal itu juga sehingga mengapa presiden menetapkan melalui No 1 tahun 1965 dan UU No 5 tahun 1969, dimana agama yang diakui adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Melihat dari keberagaman agama di Indonesia, tidak dipungkiri juga bahwa masih terdapat upaya dari setiap warga atau manusia Indonesia yang keluar dari jalurnya sebagaimana yang ditetapkan oleh agama-agama, bahkan sampai-sampai terdapat penganut agama yang berkonflik.

Baca Juga  Arti Syafakillah dan Jawaban: Penjelasan Menurut Ulama dan Hadits

Tentu hal ini, tidaklah benar. apabila keberagaman agama di Indonesia dikatakan adalah merugikan. Melainkan dengan keberagaman agama ini, bisa menjadi tantangan bagi warga Indonesia, untuk membuka hati dan pikiran agar lebih bijaksana dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara dan bahkan dunia ini pada umumnya.

Sebab sedari awal, keberagaman agama di Indonesia sudah menjadi keuntungan karena mulai dari awal, mulai sejak anak-anak, rakyat Indonesia telah diperhadapkan kepada edukasi untuk terbuka sekaligus mempertahankan keimanannya.

Sehingga apabila setelah dewasa nantinya, mengarungi dunia yang begitu luas dengan sejuta perbedaan yang ada, rakyat Indonesia telah siap untuk berpikir dan mengambil tindakan secara bijaksana.


Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia

Dengan keuntungan atau kelebihan keberagaman yang terdapat di Indonesia, terdapat penyebab atau sebab keberagaman agama di Indonesia. Adapun penjelasan keberagaman agama itu dapat dilihat dibawah ini:

1. Letak Geografis Indonesia di Jalur Perdagangan

Terletak diantara 2 benua Asia dan Australia dan 2 Samudra Hindia dan Pasifik, sehingga memudahkan para pemuka agama untuk datang ke Indonesia dan menyebarkan agama itu karena di lintasi pedagang Arab, India, dan China. Misalnya untuk pedagang India membawa agama Hindu dan Budha, Arab mengenalkan Islam, China mengenalkan ajaran Kong Hu Chu dan Taoisme.

Baca Juga  Pengertian Tayamum, Niat, Tata Cara, Syarat, & Ketentuannya

2. Kekayaan Indonesia yang Berlimpah

Karena kekayaan ini, menjadi alasan mengapa terdapat keberagaman agama di Indonesia. Hal ini juga sehingga banyak pedagang yang datang ke Indonesia. Misalnya saja saja saat orang eropa yang tujuannya membeli rempah-rempah. Melalui itu juga, ikut menyebarkan agama kristen lewat semboyan Gold, Glory, and Gospel.

3. Wilayah Indonesia yang terdiri dari Banyak Pulau

Karena memiliki banyak pulau, menarik banyak perhatian setiap orang termasuk pemuka agama untuk di kunjungi. Terbukti, pulau-pulau yang tersebar dengan keterjangkauan yang begitu dekat, terdapat keberagaman agama lebih besar. Dibandingkan dengan pulau yang cenderung lebih besar, seperti papua yang keberagamannya relatif rendah.

4. Perbedaan Sarana dan Prasarana

Karena memiliki sarana dan prasarana yang baik, memudahkan penyebaran agama seperti di pesisir dengan pelabuhan, maka kapal akan mudah singgah dan para pedagang serta pemuka agama dapat dengan mudah menyebarkan agama. Beda halnya dengan yang tidak memiliki pelabuhan, dan bahkan untuk daerah pegunungan saja, cenderung keberagaman agama kurang terlihat.

5. Kekuasaan 

Karena pada saat itu, masa dimana kerajaan menjadi pemerintahan yang berkembang, dan pemuka agama yang mampu menarik perhatian dari penguasa kerajaan saat itu, sehingga memudahkan bagi pemuka agama untuk menyebarkan agama yang dibawahnya bahkan dibuktikan dengan berbagai peninggalan seperti prasasti dan sampai-sampai mengirim warganya untuk belajar dan mendalami agama tersebut. 

Baca Juga  Apa Pengertian Renang Gaya Bebas ? Ini Definisinya & Penjelasannya

6. Sifat Bangsa Indonesia yang Terbuka

Dari 4 penyebab diatas, tidak bisa terwujud apabila tidak dilandasasi dengan keterbukaan pikiran. Namun, karakter keterbukaan pikiran yang dimiliki Indonesia, menjadikan penyebaran agama lebih mudah diterima dan dipahami. Termasuk untuk menerima keberagaman agama itu.

Kesimpulan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia 

[Jawaban] Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

[Jawaban] Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan keberagaman agama di Indonesia terjadi

karena penyebabnya didasarkan pada kondisi geografis, sumber daya alam, wilayah kepulauan, sarana dan prasarana sehingga menarik dan memudahkan pedagang bersama pemuka agama untuk berjalan dan menyebarkan agama seperti Islam, Kristen, Konghucu, Budha dan Hindu. Selain itu didorong dari dukungan kerajaan yang berkuasa dan pikiran masyarakat yang terbuka semakin membawa keberagaman agama di Indonesia semakin kompleks.

Demikianlah jawaban mengenai Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah? | fajeros | 4.5