[Jawaban] Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Indonesia? Ini 8 Alasannya

Pentingnya Persatuan Bagi Bangsa Indonesia – Dengan pengalaman sejarah yang panjang untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, telah mengajarkan bagaimana pentingnya bagi bangsa Indonesia. Dengan pengalaman itu, bisa menjadi semangat untuk mempertahakan kesatuan dan persatuan bangsa di seluruh wilayah NKRI.

Bukan hanya pada sejarah sebelum Indonesia merdeka, semangat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia sudah sangat penting saat itu.

Walaupun dengan sejarah yang panjang itu, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada saja yang ingin memecah persatuan bangsa Indonesia yang sangat penting diraih oleh para leluhur dulu.

Tidak sedikit banyak peristiwa yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa yang dari waktu ke waktu dari seluruh daerah dari sabang sampai merauke.

Tindakan menyingmpang ini, beberapa diantaranya terdapat orang-orang yang memiliki latar belakang tertentu atau kelompok tertentu.

Tentunya, tidak asing ditelinga kita bersama tentang kelompok yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yakni kelompok komunis. Kelompok ini memecah persatuan itu dengan melakukan pemberontakan di Madium dan Peristiwa G-30S/PKI yang selalu diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia untuk mengingatkan akan sejarah kelam yang terdapat kelompok ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selain dari gerakan itu, terdapat gerakan lain diantaranya kelompok PRRI-Permesta yang dilakukan oleh tokoh-tokoh masyumi dan juga pemberontakan yang ada di Maluku dikenal dengan Pemberontakan Rakyat Maluku Selatan.

Dalam pemberontakan yang ingin memecah persatuan dan kesatuan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, tidak sedikit diantara gerakan itu menimbulkan banyak kerugian berupa harta beda, dampak sosial-ekonomi bahkan nyawa.

Selain itu, ada juga kelompok yang sampai saat ini masih ada yang bahkan bendera pun dalam memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga sering kali dikibarkan.

Baca Juga  Klasifikasi Desa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Desa

Seperti pemberontakan yang dilakukan oleh GAM di Aceh, perlawan bersenjata Gerakan Papua Merdeka di Papua, pendirian PRRI di Sumatra Barat dan Sumatra Bagian Selatan. Ketidakstabilan politik dan pemerintahan juga pernah terjadi pada masa Indonesia kembali menjadi negara kesatuan.

Bahkan dalam internal negara sendiri yakni pusat, yang apabila terjadi masa perubahan sistem pemerintahan seperti demokrasi parlementer, dll sering kali menimbulkan bau-bau perpecahan yang membuat banyak lembaga negara yang ikut dan berani melakukan pemberontakan.

Seperti pemberontakan yang dilakukan dari kelompok militer, seperti yang dilakukan Dewan Banteng, Dewan Gajah, Kahar Muzakar, dan peristiwa 17 September 1952.

Sejarah terpecahnya bangsa juga pernah diwarnai kalangan birokrasi negara. Kelompok birokrasi juga pernah menjadi aktor di belakang pemberontakan bersifat kedaerahan.

Tidak hanya itu, secara terpecahnya bahkan juga seringkali karena adanya pembentukan yang berlatar belakang agama yang membuat persatuan bangsa Indonesia goyah.

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Indonesia (Foto: Artikelsiana.com)

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Indonesia (Foto: Artikelsiana.com)

Apa itu Persatuan Indonesia?

Melihat dari pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia, karena arti kesatuan itu sendiri menurut definisi yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bahwa persatuan dan kesatuan berasal dari satu kata yakni utuh dalam artian tidak terpecah belah.

Sedangkan berbicara soal persatuan yang artinya adalah perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Konsep ini sangat sesuai dengan wilayah NKRI dengan keberagaman yang terdapat di seluruh pulau di Indonesia.

Selain itu, melalui semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia, menjadi modal utama atau kunci yang bisa menjadi sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga  Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya

Pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia juga diamanahkan dalam Pembukaan UUD 1945 yakni: “Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Sejarah Persatuan Indonesia Adalah?

Persatuan bangsa Indonesia menjadi modal utama kemerdekaan. Dulu dengan perjuangan fisik, berubah menjadi perjuangan secara modern yang memiliki organisasi dengan berjiwa negarawan.

Melalui pembentukan organisasi-organisasi daerah dengan berbagai corak seperti Serikat Dagang Islam (1905), Budi Utomo (1908), Serikat Islam (1911), Muhammadiyah (1912), Indiche Pertij (1911), Perhimpunan Indonesia (1924), Partai Nasional Indonesia (1929), Partindo (1933) dan sebagainya.

Dengan terbentuknya berbagai organisasi itu semakin terkoordinir dalam membulatkan tekat satu tujuan yakni membuat organisasi yang menghimpun seluruh organisasi itu yakni perhimpunan-perhimpunan politik kebangsaan Indonesia (1927).

Waktu demi waktu terus berjuang untuk menyalurkan visi dan misi yang sama, menjadikan berbagai pergerakan untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi lebih aktif saat 28 Oktober 1928, waktu dimana seluruh pemuda bersatu dalam nama “Sumpah Pemuda” dengan mengikrarkan “Satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia” di Jakarta.

Melalui ikrar ini, menjadi semangat yang membara-bara hingga ke nadi setiap rakyat Indonesia khususnya pemuda untuk berjuang dalam melawan penjajah Belanda. Melalui hal ini, maka jiwa nasionalisme dan patriotisme terus menggema di Indonesia.

Dengan perjuangan untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, akhirnya tepat pada 17 Agustus 1945, menjadikan Indonesia merdeka bersatu berdaulat, adil dan makmur.

Baca Juga  Pengertian Hubungan Luar Negeri & Tujuannya Adalah

Melalui perjalanan sejarah yang panjang ini dalam persatuan bangsa Indonesia, menjadi peranan bagi seluruh rakyat saat ini untuk menjaga persatuan yang sangat penting bagi Indonesia.

Maka dari itu, berdasarkan penjelasan diatas yang mengupas secara singkat dan sederhana tentang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, penulis akhirnya dapat menyimpulkan dalam menjawab topik kali ini yakni “Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?”. Adapun jawaban dari pertanyaan ini dapat dilihat penjelasan di bawah ini:

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia Adalah?

Alasan mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia adalah, karena dengan adanya persatuan, Bangsa Indonesia mempunyai dalam memajukan bangsa ini dan mewujudkan cita-cita bersama yakni Pancasila hingga mampu bersaing dengan negara diluar sana.

  1. Kesatuan merupakan ciri khas masyarakat indonesia di mata internasional
  2. Kesatuan sangat penting karena kesatuan lah yang dapat mengikat tali keberagaman
  3. Kesatuan merupakan merupakan prinsip yang tidak terlepas dari kepribadian bangsa kita.
  4. Karena persatuan adalah modal utama untuk membangun ekonomi
  5. Melalui persatuan, maka rakyat Indonesia bisa menanggalkan ego pribadi dll, untuk kepentingan negara.
  6. Persatuan dapat memudahkan bangsa Indonesia dalam menjalakan kebijakan negara disetiap negara
  7. Dengan persatuan maka perputaran ekonomi dapat menjadi lancar.
  8. Karena persatuan adalah amanat konstitusi dan leluhur.

Demikianlah jawaban mengenai Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Indonesia? Ini 8 Alasannya | fajeros | 4.5