Fungsi & Peran APBN Sebagai Distribusi Adalah? Ini Penjelasan Singkatnya

Fungsi & Peran APBN Sebagai Distribusi Adalah? Ini Penjelasan Singkatnya – APBN atau biasa disebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara memiliki peran penting untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

APBN ini merupakan rencana tahunan pemerintah. Namun pemerintah tidak sendiri, bersama dengan DPR, menyusun berbagai daftar terperinci yang isinya banyak membahas rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama 1 tahun anggaran mulai dari 1 Januari sampai dengan 31 Desember) yang dipertanggungjawabkan melalui Undang-Undang.

APBN merupakan harapan rakyat Indonesia dari wilayah sabang sampai dengan Merauke, yang sehingga itulah mengapa APBn disebut sebagai fiskal negara.

Dengan ini, maka diharapkan APBN bisa menjadi kebijakan yang bisa menciptakan pembangunan yang merata serta mengurangi ketimpangan penghasilan penduduk Indonesia.

Sebab diketahui terdapat lima fungsi dan peran utama berdasarkan Pasal 3 Ayat 4 UU No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, ditegaskan bahwa mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi. Berdasarkan dari topik pembahasan kali ini yakni hanya membahas fungsi dan peran APBN dalam distribusi.

Baca Juga  Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Menurut Para Ahli

Secara sederhana dan singkat yang dimaksud dengan penjelasan fungsi APBN sebagai distribusi adalah bahwa kebijakan anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Untuk lebih lengkapnya mengenai fungsi dan peran APBN yang bertugas dalam Distribusi dapat dilihat dibawah ini lebih jelasnya

Fungsi dan Peran APBN Sebagai Distribusi

Fungsi APBN melalui distribusi ini, maka komponen pengeluaran dalam anggaran memiliki pembahasan pada dimensi pemerataan. Fungsi distribusi dalam APBN ini bisa secara langsung maupun tidak langsung.

Contohnya seperti pengeluaran untuk membangun infrastruktur ekonomi yang secara sederhana adalah jalan, bendungan, dan lain-lain, akan memberikan manfaat kepada seluruh pihak.

Selain itu, peran APBN sebagai distribusi juga bisa dengan pembukaan daerah terisolasi akan cenderung menguatkan terms of trade kelompok masyarakat terpencil.

Biasanya peran APBN sebagai distribusi ini sangat dirasakan oleh masyarakat yang punya penghasilan rendah dan menengah.

Baca Juga  Pengertian Perakitan, Fungsi, Metode & Jenis Perakitan

Dibandingkan dengan mereka yang memiliki penghasilan tinggi. Olehnya itu dengan fungsi dan peran APBN sebagai distribusi atau dalam distribusi ini sangat berpengaruh besar bagi kalangan yang dianggap atau selama ini termarjinalkan.

Bahkan peran dan fungsi distribusi APBN ini bisa dipakai untuk memperbaiki kegagalan mekanisme pasar atau biasa disebut dengan market failure yang manfaatnya sangat terasa untuk kelompok masyarakat.

Sebab fungsi APBN dalam distribusi ini bisa mengangkat pendapatannya dan bisa memperbaiki distribusi pendapatan.

Fungsi & Peran APBN Sebagai Distribusi Adalah? Ini Penjelasan Singkatnya (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi & Peran APBN Sebagai Distribusi Adalah? Ini Penjelasan Singkatnya (Foto: Artikelsiana.com)

Melalui fungsi ini bisa terjadi secara paralel, melalui aspek penerimaan yang dengan penggunaan sistem pajak yang progresif akan memberikan beban pajak yang “fair”.

Namun tetap sesuai dengan pendapatan yang diterima oleh masing-masing kelompok pendapatan dan selanjutnya akan disalurkan melalui pengeluaran pemerintah.

Baca Juga  Asas-Asas Pemilu di Indonesia Terbaru Adalah? Ini Penjelasannya

Tidak salah lah apabila fungsi dan peran APBN sebagai distribusi ini bisa dipakai untuk pembangunan daerah tertinggal terlebih lagi tantangan Indonesia saat ini adalah pada pemerataan pembangunan yang masih ada saja daerah yang tertinggal.

Fungsi distribusi juga akan menunjukkan bahwa APBN merupakan produk kebijakan pemerintah yang bersifat politis. Adanya pengeluaran untuk subsidi adalah salah satu contohnya.

Walaupun secara teori subsidi baik BBM maupun non BBM merupakan distorsi di dalam perekonomian, namun pemerintah tetap menganggarkannya di dalam APBN.

Hal ini diyakini tidak hanya sebagai upaya untuk melindungi kelompok masyarakat miskin dalam mempertahankan tingkat konsumsinya namun juga untuk meredam terjadinya konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

Dalam prakteknya fungsi tersebut menjadi bagian dari penyusunan APBN. Fungsi ini juga menjadi bagian dari politik anggaran.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi & Peran APBN Sebagai Distribusi Adalah? Ini Penjelasan Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Fungsi & Peran APBN Sebagai Distribusi Adalah? Ini Penjelasan Singkatnya | fajeros | 4.5