Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum & Peninggalan Zaman Mesozoikum Adalah?

Ciri dan Peninggalan Zaman Mesozoikum – Zaman Mesozoikum sering juga disebut dengan zaman kehidupan. Namun walau disebut dengan zaman kehidupan akan tetapi, pada zaman ini bisa dikatakan belum terdapat manusia.

Zaman Mesozoikum diketahui sejarahnya berlangsung sejak tahun 252 sampai dengan 66 juta tahun yang lalu. Zaman Mesozoikum sering juga dikatakan sebagai zaman reptil. Mengapa demikian,

Karena pada zaman Mesozoikum melalui pendapat para ahli yakni dari Gideon Mantel yang diketahui sebagai ahli paleontologi mengatakan bahwa pada zaman Mesozoikum kebanyakan terdapat reptil seperti Iguanodon, Megalosaurus, Plesiosaurus, serta yang sekarang disebut Pseudosuchia.

Jelaslah mengapa zaman Mesozoikum banyak hewan reptilia khususnya dimana dunia bagi dinosaurus hidup dan berkembang secara amonit serta tumbuhan berbiji pada zaman purba.

Melalui zaman ini pulalah, Zaman Mesozoikum berlangsung selama 186 juta tahun yang lalu dimana pada saat itu Era Kenozoikum terjadi. Melalui masa ini juga terbagi atas tiga periode geologi dari yang lama sampai dengan yang termuda.

Apa itu Zaman Mesozoikum Adalah?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan arti Mesozoikum adalah kata yang terdiri atas 2 kata yakni “Meso” dan “Zoon“. Meso adalah antara, sedangkan untuk arti dari Zoon adalah hewan. Sehingga Mesozoikum berarti hewan pertengahan.

Zaman Mesozoikum adalah zaman yang berlangsung diantara era Palezoikum dan Kenozoikum yang terkadang Zaman Mesozoikum sering juga disebut dengan zaman kehidupan pertengahan atau zaman dinosaurus.

Pembagian Zaman Mesozoikum Adalah? 

Diketahui bahwa pada Zaman Mesozoikum ini terdapat pembagian zaman yang didalamnya terdapat ciri atau karakteristik tertentu dari Zaman Mesozoikum.

Adapun pembagian Zaman Mesozoikum terdiri atas 3 bagian yakni Periode Trias, periode jura dan periode kapur. Penjelasan dari ketiga pembagian Zaman Mesozoikum dapat dilihat dibawah ini:

Baca Juga  Mengenal Sulitnya Cara penyusunan APBN

1. Zaman Mesozoikum Periode Trias

Periode Trias adalah awal dari pembagian zaman Mesozoikum yang berlangsung sekitar 245 juta-208 juta tahun lalu. Ciri khas utama dari Zaman Mesozoikum ini adalah munculnya reptil dan dinosaurus serta banyaknya amonit dalam hal ini gastropoda dan bivalvia.

Tidak hanya itu, tanda-tanda dari zaman Mesozoikum ini adalah munculnya reptilia yang mirip mamalia yakni Cynodont.

Pada zaman ini juga ditandai dengan munculnya Mamalia, serta kura-kura dan penyu. Selain itu, zaman Mesozoikum menjadi penanda dimana benua pangea bergerak ke Utara untuk membentuk gurun yang membuat lapisan Es di selatan mencair.

2. Zaman Mesozoikum Periode Jura

Setelah periode trias, selanjutnya adalah periode jura yang berlangsung sekitar 208 juta-145 juta tahun lalu. Pada zaman ini ciri khas utamanya adalah dinosaurus menguasai daratan.

Selain dari itu ciri-ciri itu, pembagian zaman Mesozoikum ini dimana laut menjadi tempat bagi para reptilia laut contohnya Ichthyosaurus dan Plesiosaurus. Sedangkan untuk diudara, menjadi habitat bagi reptil seperti Pterosaurus dan Pterodactyl.

Ciri dari periode ini juga munculnya burung pertama di bumi yang dikenal Archaeopteryx begitu pula dengan jenis-jenis buaya yang semakin berkembang. Periode ini juga banyak tumbuhan seperti Ginko, Benetit dan Sequoia melimpah ruah, serta keberadaan konifer menjadi umum.

Untuk karakteristik tanah dari periode Mesozoikum ini dimana benua Pangea terpecah membuat Amerika Utara terpisah dari Afrika. Sedangkan untuk Amerika Selatan dan Australia lepas dari antartika.

Adapun hasil peninggalan dari periode Mesozoikum ini bisa ditemukan di Indonesia dimana terdapat fosil dari gigi Ichthyosaurus (sejenis reptil laut yang hidup sezaman dengan Dinosaurus) di daerah pulau seram (dimana dulunya masih berupa lautan).

Baca Juga  Orang Negrito dan ciri-cirinya

3. Zaman Mesozoikum Periode Kapur

Sedangkan akhir dari Zaman Mesozoikum disebut dengan periode kabur. Periode ini berlangsung sekitar 145 jta-65 juta tahun lalu yang menjadi kejayaan bagi dinosaurus dan reptilia terbang.

Selain dari itu, terdapat banyak mamalia dan tumbuhan yang berbunga. Tidak hanya itu, munculnya mamalia berplasenta pertama kali dimuka bumi.

Pada periode ini juga membuat iklim dan cuaca yang semakin main. Apalagi pergerakan lempeng bumi yang membuat negara india lepas dari Afrika yang menuju ke Asia.

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas serta informasi yang dihimpun penulis dalam menjawab topik utama pada kali ini yakni Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum, penulis akhirnya mampu memaparkan sedikitnya 7 ciri-ciri dari Zaman Mesozoikum. Adapun ciri atau karakteristik dari zaman ini adalah:

  1. Adanya banyak hewan raksasa yang disebut sebagai dinosaurus.
  2. Berlangsung sekitar 150 sampai dengan 65 juta tahun yang lalu.
  3. Terdapat aktivitas tektonik, evolusi serta iklim.
  4. Iklim buminya lebih stabil daripada zaman sebelumnya.
  5. Benua-benua mengalami pergeseran serta saling menyatu satu sama lain.
  6. Puncak dari perkembangan dinosaurus.
  7. Dasar dari kehidupan zaman modern.

Peninggalan Zaman Mesozoikum Adalah?

Peninggalan dari zaman ini adalah fosil hewan dan tumbuhan yang pernah hidup di zaman Mesozoikum. ADapun peninggalan dari zaman ini melalui pembagian periode seperti Trias, Jura dan Kapur adalah:

1. Hasil Peninggalan Periode Trias

  • Coelophysis, spesies dinosaurus pertama di periode ini.
  • Staurikosaurus, karnivora berukuran kecil atau mini.
  • Postosuchus, reptil yang berperan sebagai predator bagi makhluk lain yang lebih kecil.
  • Cynogathus, mamalia pertama pada periode ini.
  • Plateosaurus, sejenis kadal leher panjang berukuran mini.
  • Proterosuchus, sejenis reptil yang mirip dengan buaya serta hidup di awal periode trias.
Baca Juga  Pengertian Wirausaha, Ciri, Fungsi & Manfaatnya

2. Hasil Peninggalan Periode Jura

  • Plesiosaurus, dinosaurus yang hidupnya di dalam laut.
  • Stegosaurus, sejenis dinosaurus darat berkaki empat dengan tulang belakang yang mirip dengan duri dan hidup mendominasi pada periode jura.
  • Diplodocus, merupakan dinosaurus raksasa dengan leher yang panjang serta mempunyai tinggi hingga 30 meter.
  • Allosaurus, merupaka predator terbesar yang hidup pada periode jura.
  • Arcaheopteryx, (burung primitif) sejenis dinosaurus yang dapat terbang.
  • Ichthyosaurus, dinosaurus laut yang bentuknya menyerupai lumba-lumba.
  • Untuk tumbuhan, fosil yang diketahui sudah punah adalah poho ginko, cheirolepidiaceae, dan yang lainnya.
  • Periode ini masih ada tumbuhan yang saat ini adalah seperti pohon cemara, lumut, dan pakis.

3. Hasil Peninggalan Periode Kapur

  • Tylosaurus, sejenis dinosaurus air.
  • Velociraptor, dinosaurus predator berukuran dua meter.
  • Tyranosaurus rex, dinosaurus predator terbesar dan terpenting.
  • Dischocapites, sejenis kerang yang hidup di sungai.
  • Triceratops, dinosaurus herbivora raksasa,
  • Pterosaurus, sejenis dinosaurus terbang yang berukuran besar.

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum & Peninggalan Zaman Mesozoikum Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Ciri-Ciri Zaman Mesozoikum & Peninggalan Zaman Mesozoikum Adalah? | fajeros | 4.5