Ciri-Ciri Paru-Paru Basah & Cara Mencegah Paru-Paru Basah

Paru-Paru Basah – Terkadang penyakit paru-paru basah, ciri-ciri pada tubuh sulit diketahui. Sebab, biasanya ada gejala-gejala yang timbul ketika tubuh seseorang terkena penyakit.

Sedangkan untuk penyakit paru-paru basah bukan berarti tidak ada ciri atau tanda-tanda untuk mengetahui apakah seseorang itu sedang mengidap paru-paru basah atau tidak.

Sebab setiap penyakit termasuk paru-paru basah pasti memiliki ciri-ciri yang bisa dijadikan oleh orang-orang untuk mengetahui dirinya terkena paru-paru basah atau tidak.

Biasanya paru-paru basah disamakan dengan pneumonia. Pendapat ini, bisa dikatakan kurang tepat. Walaupun, terkadang pneumonia menjadi penyebab paru-paru basah, namun selain pneumonia juga terdapat yang membuat seseorang terkena paru-paru basah.

Apa itu Paru-Paru Basah?

Paru-paru basah secara sederhana adalah cairan yang berlebih pada area paru-paru dan rongga dada. Pada area itu, terdapat membran tipis yang disebut dengan pleura.

Membran inilah yang menyelubungi bagian terluar paru-paru dan bagian dalam rongga dada. Pada dasarnya, hanya da sedikit cairan pada pleura untuk melumasi paru-paru yang mengembang dan mengempis saat manusia bernapas.

Namun, terdapat beberapa kondisi medis dimana menyebabkan terjadinya penumpukan cairan yang berlebihan pleura yang dari tipis menjadi tebal. Hal ini disebut dengan efusi pleura.

Melalui penjelasan diatas, kondisi yang inilah yang disebut dengan Paru-Paru Basah. Menangani paru-paru basah bisa dikatakan juga adalah hal yang penting,

Baca Juga  Jelaskan Latar Belakang Terjadinya Virus Corona? Ini Asal Muasalnya

Sebab penyakit ini juga serius karena apabila terkena penyakit paru-paru basah maka terjadi peningkatan risiko kematian.

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah & Cara Mencegah Paru-Paru Basah (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah & Cara Mencegah Paru-Paru Basah (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Paru-Paru Basah Adalah?

Biasanya, paru-paru basah terjadi karena disebabkan adanya bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Selain dari disebabkan bakteri, juga terjadinya paru-paru basah yang disebabkan oleh virus.

Timbulnya gejala-gejala paru-paru basah bisa disembuhkan yang tergolong ringan. Namun, apabila gejala paru-paru basah ini adalah anak-anak, ditambah lagi orang yang mempunyai riwayat penyakit paru-paru, maka penyakit paru-paru basah sangat berbahaya.

Maka dari itu, diperlukan bagi setiap orang untuk mengetahui dan bisa mengidentifikasi ciri-ciri atau gejala paru-paru basah yang siapa tahu disekitar kalian,

Terdapat orang-orang yang sedang mengalami gejala atau ciri-ciri yang sama dengan paru-paru basah. Adapun ciri-ciri paru-paru basah dapat dilihat dibawah ini:

  1. Nyeri pada dada dan batuk
  2. Kesulitan bernapas atau sesak napas
  3. Demam tinggi dan sering berkeringat
  4. Jantung berdebar
  5. Mual dan muntah
  6. Batuk kering berkepanjangan
  7. Nyeri otot
Baca Juga  Manfaat dan Khasiat Bawang Bombai Bagi Kesehatan Anda

Apabila kamu atau disekitar kamu, mengalami gejala atau ciri-ciri paru-paru basah, maka sebaiknya untuk segera mencari cara mengatasi atau mencegah paru-paru basah itu.

Selain itu, juga bisa langsung segera memeriksakan ke dokter. Ketika gejala paru-paru basah ini datang secara bersamaan.

Karena bila tidak segera ditangani, maka gejala paru-paru basah tersebut bisa berkembang dengan sangat cepat.

Bagaimana Cara Mencegah Paru-Paru Basah?

Terdapat beragama cara yang bisa dilakukan dalam mencegah paru-paru basah. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Adapun cara yang penulis himpun melalui artikel, berita, jurnal dan makalah dari berbagai sumber, penulis menyimpulkan cara mencegah paru-paru basah adalah:

  1. Selalu menjaga kebersihan lingkungan, contohnya yang paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya dan selalu membersihkan rumah.
  2. Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan ketika bersin.
  3. Mendapatkan vaksinasi pneumonia (vaksin PCV) dan influenza.
  4. Tidak merokok dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol.
  5. Rajin mencuci tangan, demi menghindari penularan kuman dari orang lain atau dari benda yang terkontaminasi kuman.
  6. Memakai masker ketika terdapat polusi udara atau orang yang sedang sakit batuk atau pilek di sekitar rumah atau kantor.
  7. Paru-paru basah adalah masalah kesehatan yang perlu mendapat pemeriksaan dan penanganan dari dokter spesialis paru. Jika tidak ditangani, kondisi ini berpotensi menjadi semakin berat dan merusak paru-paru.
Baca Juga  Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari? Ini Sejarah Lagunya

Pengobatan paru-paru basah disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya. Misalnya jika paru-paru basah disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberikan antibiotik.

Untuk paru-paru basah yang sangat berat hingga menyebabkan gagal napas, penanganannya membutuhkan alat bantu napas dan perawatan intensif di ICU

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Paru-Paru Basah & Cara Mencegah Paru-Paru Basah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Ciri-Ciri Paru-Paru Basah & Cara Mencegah Paru-Paru Basah | fajeros | 4.5