Ciri-Ciri Laba-Laba & Jumlah Kaki Serta Mata Laba-Laba Adalah?

Laba-Laba – Laba-laba merupakan binatang invertebrata yang berbuku-buku dengan jumlah kaki adalah delapan serta ciri atau karakteristik khususnya membuat jaring dari air liur yang lengket. Melalui jaringnya, laba-laba dapat bertahan hidup dengan menjebak serangga berukuran kecil.

Selain itu, ciri-ciri laba-laba ini dapat membungkus mangsanya dengan memelintir benang sutra yang dipakai laba-laba dalam menghadapi ancaman dari lebah. Serta jaring laba-laba ini berfungsi untuk menyimpan mangsanya.

Jelaslah mengapa laba-laba dikatakan sebagai hewan karnivora atau pemakan daging bahkan terkadang menjadi kanibal.

Selain memakai jaring, ada juga 200 spesies laba-laba yang berbisa. Sampai-sampai kemampuan bisa laba-laba bisa mengancam manusia. Bisa laba-laba disuntikkan melalui taringnya.

Ditambah lagi dengan rahang yang kuat (chelicera) membuat Laba-Laba mampu merusak dengan cepat tubuh mangsanya apabila sudah mengering berjam-jam.

Perlu diketahui bahwa Laba-Laba tidak mempunyai mulut atau gigi, sehingga modal dari Laba-Laba hanyalah taring dan rahangnya.

Struktur Tubuh Laba-Laba Adalah

Untuk struktur tubuh dari laba-laba hanya terdiri atas 2 segmen tubuh yakni kepala (cephalothorax) dan abdomen (perut), sedangkan untuk bagian kedua tubuh itu dipisahkan oleh pinggang yang terlihat kurus disebut dengan pedicel.

Baca Juga  Ciri-Ciri Paru-Paru Basah & Cara Mencegah Paru-Paru Basah

Selain itu, tidak ada batasan jelas antara kepala dan dada, itulah mengapa disebutkan bahwa laba-laba merupakan Cephalathorax.

Jumlah Kaki Laba-Laba Adalah?

Laba-laba memiliki delapan kaki, yang tujuh diantaranya bisa dibagi berupa coxa (yang melekat pada cephalothorax), trochanter, femur, patela, tibia, metatarsal, dan tarsus.

Dari seluruh kaki dimana ujungnya terdapat cakar, terkadang kaki cakar di kaki laba-laba terdapat 2 atau bahkan 3. Umumnya, spesies laba-laba yang membangun sarang terdapat 3 cakar di setiap ujung kakinya.

Jumlah Mata Laba-Laba Adalah?

Jumlah mata laba-laba itu sendiri terdapat 8 mata, walaupun ada beberapa diantara laba-laba yang kurang dari 8 mata bahkan ada pula yang tidak memiliki mata.

Selain itu, keunikan dari laba-laba yang juga menjadi ciri khusus yang dimilikinya adalah memiliki penglihatan yang buruk, sehingga dalam mencari mangsanya, laba-laba memakai indera peraba di kaki, untuk mendeteksi getaran melalui jaringnya.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Otot Manusia

Umumnya, mata laba-laba berlengsa tunggal, yang membuat tidak bisa membedakan warna, dan sensitif terhadap gelap dan terang. Walaupun terdapat spesies yang unik dengan penglihatan tajam dan bagus serta mengenali warna.

Habitat Laba-Laba Adalah

Selain itu, ciri atau karakteristik dari Laba-laba dalam hal ini soal tempat tinggal atau habitatnya, dimana laba-laba ini mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga sangat sensitif terhadap ganguan lingkungan.

Namun, yang paling cocok untuk laba-laba hidup adalah di serasah, daun yang gugur di hutan adalah habitat yang cocok untuknya. Jumlahnya meningkat lebih banyak saat lapisan serasah semakin tebal. Alasannya karena lebih banyak tempat tersedia untuk bersembunyi dan terhindar dari suhu yang ekstrim.

Ciri-Ciri Laba-Laba Secara Singkat Adalah?

Berdasarkan dari seluruh penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik atau ciri-ciri laba-laba adalah..

  1. Binatang invertebrata yang berbuku-buku, karnivora dan terkadang kanibal
  2. Memiliki jumlah kaki dan mata sampai delapan
  3. Tidak mempunyai gigi
  4. Mencari mangsa serangga kecil dengan memakai jaring, indera, dan ada pula melalui bisa.
  5. Dapat membuat benang sutera
  6. Taring dan rahang dipakai menghancurkan mangsa
  7. Mulut dipakai untuk menghisap mangsa
  8. Berkembangbiak dengan cara bertelur
  9. Bisa menyimpan mangsa dengan jaring dalam waktu yang lama
  10. Memiliki dua segmen tubuh yakni kepala dan perut yang bersifat Cephalathorax (satu, sulit dibedakan).
Baca Juga  Dampak APBN Terhadap Perekonomian Negara

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Laba-Laba & Jumlah Kaki Serta Mata Laba-Laba Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Ciri-Ciri Laba-Laba & Jumlah Kaki Serta Mata Laba-Laba Adalah? | fajeros | 4.5