Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 Adalah?

Kanker Kelenjar Getah Bening – Penyakit kanker merupakan penyakit yang menjangkiti tidak hanya manusia, akan tetapi juga kepada hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Penyebab kanker, pada umumnya adalah karena terdapat kerusakan gen yang mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel yang disebut dengan mutasi gen.

Apasih itu Mutasi Gen? Mutasi Gen adalah keadaan saat sel membuat perubahan karena terkena paparan sinar UV, bahan kimia atau bisa juga karena bahan yang ada di alam.

Kanker merupakan penyakit yang paling populer. Sebab penyakit ini sebagaimana data yang dapat dihimpun penulis, terdapat 4,3 juta pertahun yang meninggal dunia akibat kanker.

Sedangkan terdapat 2,3 juta yang ada di negara berkembang. Sedangkan untuk penderita terdapat 5,9 juta per tahun di seluruh dunia dan penderita dari penyakit kanker sampai 3 juta.

Salah satu kanker yang populer sampai-sampai penyakit ini menewaskan artis Indonesia yang biasa manggung dan terkenal di berbagai kalangan baik tua dan muda yakni Olga Syahputra dan tidak hanya Olga saja,

Bahkan beberapa dari kalangan agamawan yang biasa berdakwah dari mesjid ke mesjid dan dari televisi ke televisi yakni Ustaz Arifin Ilham juga sampai-sampai terkena penyakit kanker ini. Kanker ini adalah kanker kelenjar getah bening. Kanker ini berasal dari Kelenjar Getah Bening, kalau demikian kanker kelenjar getah bening? 

Kelenjar Getah Bening Adalah?

Yang dimaksud dengan Kelenjar Getah Bening adalah suatu bagian dalam tubuh yang bertugas sebagai sistem pertahan. Diketahui bagian ini dalam tubuh berjumlah 600 kelenjar getah bening.

Organ ini sangatlah penting sebab, sebab bertugas menyerang apabila terdapat infeksi dan menyaring cairan getah bening. Biasanya terdapat 55% pembesaran kelenjar getah bening di daerah kepala dan leher.

Walaupun demikian ternyata, bagian tubuh sebagai sistem pertahanan ternyata tidak luput dari yang namanya kanker. Apasih bahaya kanker kelenjar getah bening itu?

Kanker kelenjar getah bening sangatlah berbahaya. Kanker ini tergolong kanker ganas sebab area yang diserang oleh kanker ini adalah sistem limfatik.

Baca Juga  Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sistem yang mempunyai tugas yang sangat penting bagi manusia, tugasnya adalah untuk pertahanan tubuh untuk membentuk barisan pertahan yang tujuannya untuk melawan keberadaa infeksi atau kanker.

Dengan tugas itu, apabila terjadi kanker kelenjar getah bening membuat, kanker ini sangat berbahaya dan perlu diwaspadai lebih lanjut. Sebab untuk sembuh dari kanker kelenjar bening bergantung dari tahap apa atau stadium berapa kanker yang dialami oleh anda atau pasien.

Dalam mengetahui apakah terkena kanker kelenjar getah bening ataukah tidak sangatlah mudah, yang pertama adalah dengan menguasai gejala kanker kelenjar getah bening dan tanda-tanda atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening atau biasa disebut limfoma maligna akan menimbulkan keluhan utama yaitu benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar, dan menetap.

Penyakit kanker kelenjar getah bening atau limfoma dibagi menjadi 2 (dua) jenis utama, yakni limfoma Hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Sedangkan limfoma juga dibedakan menurut tingkat keparahan menjadi 4 (empat) adalah dari mulai stadium 1 sampai dengan stadium 4. 

Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening (Foto: Artikelsiana.com

Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1

Mendeteksi kanker kelenjar getah bening sejak dini sampai penyakit memastikan segera ditangani sebelum mengancam nyawa sebelum banyak menghabiskan banyak anggaran karena penyakit kelenjar getah bening.

Salah satunya adalah dengan mengetahui ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 banyak orang yang baru menyadari dirinya terkena limfoma saat sudah masuk ke stadium lanjut yang membuat peluang sembuhnya sudah semakin kecil. Maka dari itu, sampai-sampai membuat ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 adalah:

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Tanda atau ciri-ciri kanker kelenjar getah bening 1 yang paling mudah diketahui adalah terdapat pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di leher, bawah ketiak atau selangkangan.

Baca Juga  [Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya

Walaupun ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium yang pertama ini tidak melulu terjadi karena kanker, bisa saja karena penggunaan obat-obatan atau antibiotik. Tapi, apabila terjadi pembengkakan, ciri dari pembengkakan ini kalau memang kanker adalah tidak terasa sakit saat ditekan.

2. Demam

Selain bisa diketahui karena pembengkakan, ciri-ciri kankerk kelenjar getah bening juga bisa diketahui apabila terjadi demam. Ciri ini, bisa dikaitkan dengan kanker kelenjar getah bening karena terdapat serangan sel kanker kelenjar getah bening direspon oleh tubuh yakni hipotalamus yang ada otak.

Hal itu maka akan berdampak pada tingginya suhu tubuh, karena hipotamus akan mengatur thermostat. Demam ini juga akan diiringi dengan rasa menggigil.

Walaupun sebagai ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 akan tetapi, tanda ini tidaklah lebih parah dibandingkan dengan penyakit lain seperti demam berdarah atau demam tifoid.

3. Tubuh Terasa Lemah

Hal ini juga menjadi ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 atau stadium awal, karena sel kanker menyerang sistem kekebalan tubuh yang biasanya ciri ini juga akan diiringi dengan napas yang pendek.

4. Gangguan Pencernaan

Gejala kanker kelenjar getah bening bisa saja turut dirasakan di area pencernaan Anda. Hal ini utamanya ketika kelenjar getah bening yang diserang adalah kelenjar yang letaknya di area perut.

Sebagaimana dilansir dari Lymphoma Action, salah satu ciri ciri kanker kelenjar getah bening stadium 1 awalnya munculnya sensasi perut terasa penuh. Sedangkan, invasi sel kanker pada usus menyebabkan penyakit lain seperti diare dan sembelit.

5. Gatal pada Kulit

Ini juga bisa menjadi ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium awal atau pertama yang tanda ini banyak diderita oleh kanker kelenjar getah bening hodgkin yang biasanya terjadi di area tangan, kaki, bahkan bisa di sekujur tubuh penderitanya yang bisa terjadi sepanjang hari apalagi bertambah parah saat malam hari.

Baca Juga  Pengertian Sekularisme Adalah: Ciri & Contoh-Contoh Sekularisme

Walaupun hal ini belum pasti, tapi terdapat penjelasan ilmiah akan ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium awal bisa terjadi karena mekanisme pelepasan zat kimia bernama sitokin oleh tubuh sebagai bentuk respons terhadap serangan sel limfoma yang menjadi dugaan kuat.

6. Penurunan Berat Badan

Mengetahui kanker kelenjar getah bening stadium awal atau pertama bisa dengan melihat beran badan. Apabila terjadi penurunan berat badan secara drastis, hati-hati sebab bisa saja menjadi tanda munculnya kanker kelenjar getah bening stadium I karena sel kanker juga menghabisi nutrisi.

Hal ini membuat terjadinya penurunan berat badan hingga mengakibatkan pada tubuh menjadi lema dan kehilangan nafsu makan. Itulah yang membuat mengapa ciri-ciri kelenjar getah bening stadium awal.

7. Keringat Berlebih

Terkadang apabila mengalami keringat yang keluar secara berlebihan, anda perlu patut waspada sebab ini bisa menjadi ciri-ciri kanker kelenjar getah benah stadium 1 apalagi saat malam hari diwaktu tidur. Penyebabnya keluarnya keringat berlebih karena peningkatan suhu tubuh sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

8. Pusing Kepala

Tidak hanya berkeringat berlebih dan panas yang tinggi, kepala yang pusing bisa menjadi ciri-ciri kanker kelenjar getah bening stadium pertama. Walau demikian, jangan ditanggapi berlebih sebab bisa jadi karena faktor lain.

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 Adalah? | fajeros | 4.5