6 Ciri-Ciri Arteri Pulmonalis & Fungsi Arteri Pulmonalis Adalah

Ciri dan Fungsi Arteri Pulmonalis – Arteri pulmonalis merupakan bagian terpenting yang fungsinya membawa darah yang terdeoksigenasi. Proses ini melalui ventrikel kanan jantung ke paru-paru.

Melalui dua organ yakni Jantung dan Paru-paru, bekerja sama dalam membentuk sistem peredaran darah dan jantung pada tubuh manusia. Sebab apabila darah itu mempunyai oksigen yang banyak maka secara efeisien bisa mencapai setiap bagian yang terdapat dalam tubuh.

Sedangkan untuk darah yang kurang oksigen akan mengalami proses deoksigenasi yang dikembalikan kembali ke paru-paru untuk pemurnian. Maka dari itulah, mengapa Arteri Pulmonalis menjadi bagian yang unik dalam sistem transportasi darah.

Arteri pulmonalis adalah salah satu dari dua pembuluh bercabang dari batang paru yang merupakan bagian integral dari anatomi jantung utuh dan merupakan pembuluh yang mengangkut darah de-oksigen ke paru-paru yang berasal dari ventrikel kanan. Arteri pulmonalis kanan lebih panjang dari dua arteri.

Baca Juga  Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Mamalia

Melewati melintang garis tengah di dada bagian atas bawah arkus aorta dan memasuki hilus pada paru kanan. Arteri paru-paru kiri adalah lebih pendek dan memasuki hilus paru kiri.

Walaupun terdapat hampir seluruh arteri membawa darah yang memiliki oksigen yang banyak. Namun untuk arteri paru berbeda, sebab membawa darah yang kurang oksigen ke paru-paru untuk dilakukan pemurnian.

Sebagian besar arteri membagi dari aorta tetapi arteri paru lebih jauh dari ventrikel kanan jantung ke kiri dan arteri pulmonalis kanan.

Ciri-Ciri Arteri Pulmonalis Adalah?

Berdasarkan dari informasi diatas dan yang dihimpun oleh penulis dari berbagai sumber, maka adapun ciri atau karakteristik dari arteri pulmonalis adalah:

  1. Arteri pulmonalis memebawa darah sedikit oksigen. Di arteri pulmonalis darah mengalir kuat atau cepat.
  2. Pada paru paru, Arteri pulmonalis bercabang 2 mengikuti bronkus utama kanan dan kiri
  3. Pembuluh darah percabangan dari arteri pulmonalis memiliki ujung akhir
  4. Arteri pulmonalis mempunyai tekanan darah yang rendah sehingga baik untuk pertukaran gas dibandingkan dengan arteri bronkialis
  5. Arteri pulmonalis membawa darah dari bilik kanan ke paru-paru. Arteri pulmonalis berdinding tebal dan elastis.
  6. Katubnya terletak di pangkal jantung
Baca Juga  [Jawaban] Sasando Berasal Dari Pulau Rote NTT, Ini Sejarah Sasando

Fungsi Arteri Pulmonalis Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan dan ciri-ciri arteri pulmonalis, maka fungsi dari arteri pulmonalis pada dan bagi manusia adalah:

Secara singkat, fungsi sebenarnya dari arteri pulmonalis sangatlah sederhana yakni untuk membawa darah terdeoksigenasi dari ventrikel kanan jantung ke paru-paru.

Baca Juga  Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya

Letak Arteri Pulmonalis Adalah

Apabilah menyimak pembahasan diatas, sebenarnya untuk letak atau posisi dari arteri pulmonalis sudah dapat diketahui, namun untuk memberikan kemudahan dalam mengetahui letak arteri pulmonalis dimana terletak di antara jantung dan paru-paru yang membawa darah yang kurang oksiden namun kaya karbon.

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Arteri Pulmonalis & Fungsi Arteri Pulmonalis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
6 Ciri-Ciri Arteri Pulmonalis & Fungsi Arteri Pulmonalis Adalah | fajeros | 4.5