BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan? Ini Jawabannya

BPJS atau kepanjangannya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Yang membantu masyarakat apabila terhadap masalah akan kesehatannya.

Pernah, BPJS menjadi tranding topik sosial media dan menggemparkan seluruh masyarakat.

Saat itu, BPJS menjadi pemberitaan lantaran adanya kenaikan iuran yang dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia mulai dari tingkat III hingga tingkat I.

Sontak seluruh elemen masyarakat kaget dan bahkan ada yang menyampaikan aspirasi dengan turun ke jalan untuk menuntut menolak kenaikan iuran BPJS karena dianggap memberatkan masyarakat.

Selain itu, bahkan ada sebagian dari elemen masyarakat yang boleh dikata berlebihan, sebab bukan kenaikan BPJSnya yang dituntut, malah ingin membubarkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Banyaknya isu yang pernah terjadi terkait BPJS, wajar-wajar saja dilakukan oleh Rakyat Indonesia sebab menyampaikan aspirasi masih diatur dalam koridor dalam UUD RI 1945. Menyampaikan aspirasi adalah hak demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sedangkan begitu juga dalam mendapatkan layanan kesehatan yang murah dan berkualitas adalah kewajiban dari negara RI. Namun, disisi lain pemerintah Indonesia juga mempertimbangkan mengenai keseimbangan dalam layanan kesehatan itu.

Baca Juga  Mengenal Perbedaan Gejala Haid dan Kehamilan

Hal ini disinyalir menjadi landasan pemerintah untuk menaikkan iuran BPJS agar BPJS yang didalamnya tergabung berbagai rumah sakit seperti swasta dan pemerintah untuk bisa tetap beroperasi tanpa mengalami kerugian.

BPJS Adalah?

Apabila melihat kembali BPJS yang kepanjangannya adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS adalah lembaga yang didirikan untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia.

Hal ini sesuai dengan UU No. 40 Tahun 2004 dan UU No.24 Tahun 2011. Melalui peraturan No. 40 tahun 2004 itu tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, BPJS dikategorikan sebagai badan hukum nirlaba.

Apasih yang dimaksud dengan Nirbala?. Nirlaba adalah organisasi non profit yang sasarannya untuk mendukung suatu isu dan bukan tujuan komersil atau mencari untung.

Baca Juga  Lagu Bungoeng Jeumpa Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah dan Makna Lagunya

Selain itu untuk Dasar Hukum melalui UU No. 24 Tahun 2011, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS akan menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial yang terdapat di Indonesia.

Misalnya saja jaminan kesehatan PT Askes Indonesia menjadi BPJS Kesehatan. Begitupula dengan lembaga jaminan sosial ketenagakerjaan dari PT Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini juga sempat menjadi pertanyaan banyak pihak bahwa BPJS sebenarnya atau sejarah BPJS sebenarnya berasal dari mana?. Salah satu pertanyaannya adalah “BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan?.

Hal ini juga yang menjadi pembahasan utama dan sekaligus penutup dalam pembahasan kali ini menyangkut BPJS yang dapat dilihat dibawah ini:

BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan Adalah

BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Sebagaimana penjelasan diatas, bahwa terdapat BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga menjawab pertanyaan bahwa “BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi dari Perusahaan PT Askes” yang dilakukan secara bertahap.

Baca Juga  Bentuk-Bentuk Persebaran Terumbu Karang di Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa pada awal tahun 2014 menjadi awal transformasi PT Askes menjadi BPJS Kesehatan.

Selain itu, lembaga BPJS Kesehatan langsung bertanggung tanggung jawab terhadap Presiden dalam setiap kerjanya.

Transformasi BPJS dari Askes itu, bahkan Kementrian Sosial menyampaikan pendapat dan harapannya bahwa akan menjadi program Jaminan Sosial terbaik dan terbesar di Asia.

Hal itu jugalah mengapa BPJS bermarkas di Jakarta serta mempunyai kantor perwakilan di tingkat Provinsi serta kantor cabang yang ada di tingkat kota.

Selain itu apabila ada yang bertanya bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan Transformasi dari Perusahaan yang melalui pembahasan diatas berasal dari PT Jamsostek yang dilakukan mulai dari tahun 2015.

Demikianlah informasi mengenai BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
BPJS Kesehatan Merupakan Transformasi Dari Perusahaan? Ini Jawabannya | fajeros | 4.5