[Jawaban] Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara Adalah?

Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara – Perdamaian adalah sesuatu yang penting. Sebab perdamaian memiliki arti penting dalam kemajuan suatu negara. Dengan perdamaian itu, maka setiap negara bisa menata kehidupan yang lebih modern.

Sehingga dengan terwujudnya perdamaian dunia, maka fokus masyarakat dunia tidak lagi mengincar kekuasaan dan wilayah, melainkan bagaimana cara mendapatkan hidup yang baik tanpa dengan melukai sesama sebagaimana yang pernah terjadi dalam sejarah.

Isu perdamaian saat ini, tidak lagi hanya pada seputar mengenai hidup tanpa adanya peperangan atau adanya konflik fisik dan batin, akan tetapi isu perdamaian saat ini lebih mengarah kepada bagaimana menciptakan lingkungan.

Walaupun masih terdapat konflik fisik yang disebabkan dari masalah etnis atau agama. Akan tetapi, dampak dari hal itu tidak sampai membuat perdamaian dunia goyah. Sebab dengan pentingnya perdamaian dunia ini,

Sangat berarti dalam menjalin kerjasama dengan orang orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan kita untuk memenuhi kebutuhan yang miliki tanpa harus merugikan, berbuat zalim kepada mereka.

Pengertian Perdamaian Adalah?

Maka dari itu, pengertian perdamaian secara umum adalah penyesuaian dan pengarahan yang baik dari orang seorang terhadap penciptanya pada satu pihak dan kepada sesamanya pada pihak yang lain.

Perdamaian berlaku secara keseluruhan baik itu perseorangan, seseorang dengan masyarakat, masyarakat dengan masyarakat, bangsa dengan bangsa dan singkat kata adalah seluruh manusia yang ada di alam semesta ini.

Baca Juga  Dasar Pemikiran Lahirnya Kebijakan Politik Luar Negeri Bebas Aktif Indonesia, Ini Penjelasannya

Perdamaian Dunia dan Indonesia

Sebagai negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan merupakan negara bekas jajahan Inggris, Belanda, Portugis, Spanyol, Prancis dan Jepang. Tidak sedikit, sejarah pengalaman pahit yang diderita Indonesia akibat ketidakhadiran perdamaian itu.

Beratus-ratus tahun lamanya, Indonesia mengalami masa penjajahan membuat bangsa Indonesia sebagai negara yang anti terhadap paham neo-kolonialisme dan anti terhadap pandangan orang-orang barat saat dimasa awal-awal kemerdekaan.

Sebab saat itu, pentingnya perdamaian bagi Indonesia dan juga bagi dunia adalah hal yang sangat diimpikan oleh rakyat saat itu.

Sebab dampak yang dihasilkan dari tidak hadirnya perdamaian sangat besar. Tidak sedikit rakyat Indonesia yang gugur sia-sia akibat masa penjajahan, perang dunia I dan dunia II.

Namun, dengan nasionalime dan patriotisme yang selalu ada dalam hati setiap rakyat Indonesia, membuat bangsa Indonesia tetap kokoh.

Hingga pada masa Presiden Soekarno, pola pikir masyarakat akhirnya terbuka untuk menerima apa yang sifatnya dari luar akibat perdamaian yang telah dirasakan itu.

Melihat arti penting perdamaian dunia maka, Indonesia menjadi salah satu anggota PBB yang mempunyai pengaruh besar, bahkan beberapa kali menduduki posisi strategis dalam PBB yang merupakan organisasi dunia yang didalamnya terdapat 193 negara yang bertujuan salah satunya menciptakan dan menjaga perdamaian dunia.

Maka dari itu, perdamaian dunia menjadi arti penting yang diharapakan banyak negara. Sehingga itulah mengapa PBB membentuk Dewan Keamanan yang bertugas menjaga perdamaian dan keamanan antar negara.

Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Peranan Indonesia Dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

Keseriusan Indonesia untuk terlibat dalam misi perdamaian dunia telah mengalami transformasi yang signifikan seiring dengan perkembangan lingkungan strategis serta komitmen bangsa untuk lebih proaktif dalam menyikapi konflik yang terjadi sebagaimana yang dilakukannya dalam PBB. Adapun peran yang dilakukan Indonesia di PBB adalah:

  1. Indonesia berhasil menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika yang menghasilkan Dasasila Bandung, menjadi pelopor pencetusan ZOFTAN dan SEANWFZ, pemprakarsa berdirinya ASEAN dan Gerakan Non Blok.
  2. Tercatat Indonesia mengirim kontingen XXVI-C2 ke Lebanon selatan (2010) dengan 1.000 personel di berbagai dunia.
  3. Kontingen pasukan Garuda dibeberapa wilayah negara-negara di dunia, contohnya untuk menyelesaikan Perang Arab-Israel (1957).
  4. Menyelesaikan perang saudara di Kongo mengirim pasukan tahun 1960, pemeliharan perdamaian PBB di Bosnia (1993).
  5. Pada Tahun 1989, Sebagai anggota PBB Indonesia berhasil membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di kamboja hingga menjadi mediator antara Filiphina dan Moro National Front Liberation (MNFL) yang menguasai Mindanau Selatan.
  6. Dalam menyukseskan misi perdamaian itu, maka peran Indonesia terlihat jelas saat menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB, yaitu periode 1974 – 1975, 1995-1996, dan 2007-2008. Bahkan pada Juni lalu, Indonesia terpilih sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020.
Baca Juga  Demokrasi : Ciri-Ciri Demokrasi

Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Berdasarkan dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara adalah:

Perdamaian merupakan salah satu syarat tercapainya stabilitas sosial menuju suatu kemajuan dan kemakmuran. Negara akan maju apabila kondisi negara yang bersangkutan stabil secara sosial dan politik. Sedangkan, perdamaian dunia ikut mempengaruhi kondisi stabilitas suatu negara. Dunia yang bebas dari konflik akan membuat suatu negara leluasa membuat kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara lain.

Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Indonesia

Perdamaian dunia sangat berarti bagi Indonesia, bahkan misi untuk menjaga perdamaian dunia terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea ke IV yang berbunyi “….melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Sehingga bagi Indonesia, perdamaian dunia ingin dunia yang tertib, di mana seluruh negara dan bangsa berdiri di atas kemerdekaan. Indonesia meyakini bahwa untuk mewujudkan semua itu maka perdamaian dunia dan keadilan sosial harus diwujudkan.

Demikianlah jawaban mengenai soal Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara Adalah?. Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan teman-teman. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara Adalah? | fajeros | 4.5