[Jawaban] Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana dan Makna

Tahukah apa arti la tahzan innallaha ma’ana? Benar jawabannya adalah jangan engkau bersedih. Tentu saja banyak diantara kita sudah pernah mendengar ucapan la tahzan innallaha ma’ana arti, akan tetapi masih belum mengetahui seperti apa artinya.

Tentu saja ucapan la tahzan innallaha ma’ana sudah begitu populer di tengah orang Indonesia. Sebuah ungkapan yang berbahasa Arab dapat kita temukan secara lisan dan dituliskan lewat status facebook dan pada kolom komentar pada media sosial. Semenjak kehadiran film ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, ucapan-ucapan berbahasa Arab semakin banyak digandrungi oleh rakyat INdonesia.

Kita tengok saja ada beberapa kosakata yang berbahasa arab seperti afwan, na’am, syukron dan lain sebagainya. Deretan kata ini seringkali terucap pada percakapan sehari-hari. Begitupun dengan ucapan la tahzan innallaha ma’ana, juga sudah menjadi penghias kata-kata untuk menemani kegiatan komunikasi dengan sesama.

Tentu saja bagi orang yang sudah mengetahui seperti apa arti la tahzan innallaha ma’ana artinya maka mungkin tak ada masalah. Mereka akan langsung dapat mengetahui apa maksud dari ucapan tersebut. Akan tetapi, beda halnya dengan orang-orang yang masih awam atau pertama kali mendengarkan ucapan tersebut maka pasti mereka akan langsung berfikir, apa sih artinya istilah la tahzan innallaha ma’ana itu.

Yah, benar, pasti masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui la tahzan innallaha ma’ana artinya apa?. Kita bisa membuktikanya berdasarkan data perekaman melalui kata kunci google bahwa banyak orang Indonesia yang mencari informasi tentang “arti la tahzan innallaha ma’ana” atau “la tahzan innallaha ma’ana arti” atau “tulisan arab la tahzan innallaha ma’ana”.

Nah, oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami mengganggap perlu untuk dapat membuat uraian khusus mengenai la tahzan innallaha ma’ana. Mudah-mudahan artikel ini bisa memenuhi rasa penasaran anda seperti apa arti la tahzan innallaha ma’ana.

Baca Juga  [ Jawaban ] Sebutkan Hikmah Beriman Kepada Malaikat? Nilai 100

la tahzan innallaha arti

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

La Tahzan Innallaha Ma’ana artinya adalah suatu ungkapan bahasa Arab yang mempunyai arti “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama dengan ktia” atau “janganlah berduka Cita, Allah bersama kita”. Ucapan ini diperuntukkan kepada orang-orang yang karena sebab tertentu sedang merasakan suatu kesedihan. Ucapan La Tahzan Innallaha Ma’ana berfungsi menjadi penghibur hati dan pengingat bahwa Allah tak akan pernah meninggalkan hamba-Nya dalam kondisi apapun.

Tulisan arab dari La Tahzan Innallaha Ma’ana adalah لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا. Kalau kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia maka berarti “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”. Gimana? kamu tidak bingung lagi kan mendengar ucapan ini saat diluar sana?

Baca juga: 

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

Sudah kita ketahui bersama bahwa la tahzan innallaha ma’ana adalah suatu ungkapan berbahasa Arab yang dipakai oleh masyarakat Indoensia pada percakapan sehari-hari. UCapan ini terbentuk dari adanya beberapa kosakata arab yang mempunyai makna masing-masing. Kalau diartikan secara kata per kata, maka la tahzan innallaha ma’ana berbentuk:
– La (لَا) = jangan
– Tahzan (تَحْزَنْ) = bersedih
– Innallaha (إِنَّ اللَّهَ) = sesungguhnya Allah
– Ma’ana (مَعَنَا) = bersama kita

Kalau seluruh kata yang ada di atas digabungkan maka berarti menjadi “janganlah bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”. Ketika seorang hamba sudah bersama Allah maka hamba tersebut akan mempunyai kekuatan di atas kekuata yang sudah dia miliki.

Baca Juga  [Jawaban] Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah?

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

Sebenarnya, untuk ucapan La tahzan innallaha ma’ana itu bukan hanya sekedar ucapan, akan tetapi ungkapan ini merupakan bagian dari petikan ayat Al-Quran pada surah At-Taubah ayat 40.

Berikut ini penggalan lengkap ayat tersebut.

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Makna La Tahzan Innalaha Ma’ana

La tahzan innallaha ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا) memiliki kandungan makna bahwa jangan bersedih, Allah itu maha luas kasih sayangnya. Allah tak akan menguji hamba-Nya kecuali ingin melihatnya ingat, mengadu dan memohon kepada diri-Nya. Allah tak akan menguji kita, kecuali dia mengetahui bahwa kita bisa melewatinya.

Bahkan, Rasulullah Saw pun pernah merasakan suatu kesedihan karena adanya tuduhan orang-orang kafir terhadapnya. Mereka menyebut dirinya sebagai dukun, pendusta, penyihir, bahkan orang gila. Akan tetapi Rasulullah Saw tetap berpegang teguh pada ungkapan yang terdapat pada Al-Quran surah At-Taubah : La Tahzan Innallaha Ma’ana.

Baca Juga  11+ Arti Telinga Berdenging Menurut Primbon ISLAM

Saat hati sedang terasa sakit, yang sakitnya jauh lebih sakit daripada tubuh yang terpelanting dari tempat yang tinggi. Sebenarnya, pada saat itu kesabaran kita memang benar-benar diuji. Ujian adalah salah satu bukti Cinta-Nya kepada kita. Allah menguji kita supaya kuat dan semakin mulia di Mata-Nya. Allah menguji kita supaya dosa-dosa kita berguguran karena keteguhan hati dan usaha kita mengatasinya. Allah menguji kita supaya kita bisa layak untuk mendapatkan surga.

Contoh Penggunaan La Tahzan Innallaha Ma’ana

Nah, berikut ini terdapat beberapa contoh situasi penggunaan ucapan La Tahzan Innallaha Ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا):

– Saat sedang merasa putus asa yang disebabkan oleh usaha kita yang masih belum juga membuahkan hasil, maka janganlah bersedih, ucapkanlah la tahzan innallaha ma’ana.
– Hati kita sedang merasa sedih karena baru saja ditinggal oleh orang-orang tercinta. Kesedihan ini terasa amat sangat begitu dalam. Supaya tak lartu dalam kesedihan tersebut maka ucapkanlah la tahzan innallaha ma’ana.
– ada orang yang telah menyakiti kita, menuduh kita berbuat sesuatu yang tak kita lakukan. Wajar kalau hati kita merasa sedih, akan tetapi janganlah berlama-lama dengan perasaan tersebut maka ucapkanlah la tahzan innallaha ma’ana.

Nah, demikianlah informasi tentang arti la tahzan innallaha ma’ana arti. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana dan Makna | Artikel Bermanfaat | 4.5