[Jawaban] Arti Cash On Delivery (COD) dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Tahukah anda Arti Cash on Delivery? Benar, jawabannya adalah Beli di tempat. Kata Cash On Delivery disingkat menjadi COD. Tentu saja, diantara kita semua pasti masih ada yang belum mengetahui sebenarnya apa arti COD atau Cash On Delivery? Oleh karena itu disini, artikelsiana.com akan membahas kata COD itu sebenarnya maksudnya apa.

Memang semakin beraneka macam sekarang ini jenis transaksi yang ada di sistem jual beli barang, terutama pada jual beli barang secara online. Keuntungan yang bisa kita peroleh dalam bisnis online ini sudah jelas kita rasakan sebagai konsumen. Kemudahan bertransaksi yang jelas, kecepatan hingga kenyamanan pun dipastikan semua konsumen bisa mendapatkannya. Akan tetapi, terdapat satu masalah yang seringkali terjadi dalam bisnisjual beli online yakni keamanan dalam bertransaksi. Bagi penjual online, pasti sangat penting sekali untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Bagi para pendatang baru di dunia bisnis online, mungkin saja masih belum paham dengan beberapa istilah yang seringkali hadir saat akan melakukan transaksi jual beli online. Anda sudah tentu sering melihat tulisan COD pada toko online atau dalam kepanjangannya yaitu Cash On Delivery. Dan masih banyak lagi istilah yang lainnya yang akan membuat kita bingung bagi seorang pemula bisnis online.

Oleh karena itu, disini kita akan membahas tentang arti Cash On Delivery atau COD yang sering didengar pada dunia jual beli online. Akan tetapi jika anda sudah lama menggeluti bisnis jual beli online maka istilah ini pasti tidak asing lagi ditelinga anda.

Arti Cash on Delivery atau COD biasa dipakai dalam proses jual beli online atau jual beli memakai sarana internet. Pasti diantara kita saat ini sudah sering mendengar istilah “COD”. Bagi orang yang tidak mengikuti segala perkembangan dunia bisnis online maka pasti istilah Cash On Delivery atau COD akan terasa asing ditelinganya.

arti cash on delivery

Arti Cash On Delivery

Cash On Delivery artinya adalah suatu sistem pembayaran dalam jual beli dimana pembeli atau konsumen akan melakukan pembayaran sejumlah uang kepada penjual ketika barang yang dipesan atau dibeli itu telah diterima pembelinya sehingga dibutuhkan pertemuan diantara keduanya di suatu tempat yang sudah disepakati sebelumnya.

Berdasarkan arti Cash On Delivery atau COD di atas maka kita bisa menguraikan beberapa hal sebagai berikut:

– COD atau cash on delivery adalah suatu sistem pembayaran. Sebagai sistem pembayaran, COD termasuk bagian dari sistem jual beli. Mengapa demikian? Karena pada sistem jual beli akan melibatkan beberapa elemen yang diantaranya bagian order, bagian gudang, pengiriman, piutang atau pembayaran. Dan adapun istilah COD seringkali kita dengarkan atau kita baca pada sistem jual beli online.

Baca Juga  Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Fungsi, & Teorinya

– COD (Cash On Delivery) terjadi pada saat pembeli telah menerima barang dan menyerahkan sejumlah uang kepada pembeli. Dalam hal ini, sejumlah uang yang dimaksud tidak hanya terbatas pada harga barang yang telah dipesan. Melainkan akan ditambahkan dengan biaya pengiriman untuk wilayah tertentu. Pada sistem pembayaran COD, barang bisa saja dikirimkan dengan menggunakan via expedisi atau barang dikirimkan sendiri oleh penjualnya dengan menyepakati bertemu secara langsung di suatu tempat.

Pada sistem pembayaran ini, cash On Delivery atau COD diprediksi akan dapat memberikan kontribusi yang tinggi dalam melakukan peningkatan omset penjualan online. Hal tersebut karena minimnya kekhawatiran atau ketakutan kena tipu dalam sistem jual beli online. Dan tak menutup kemungkinan, pada sistem COD akan dapat menjadi trend baru dalam sistem jual beli online.

Cash On Delivery (COD) Artinya

arti cod

Tentang istilah COD dalam dunia bisnis online, supaya kita tidak keliru maka kita mesti memahami terlebih dahulu apa pengertian COD atau cash on delivery dalam bisnis online.

COD yang memiliki kepanjangan Cash On Delivery memiliki arti bahwa suatu layanan transaksi jual beli online, dimana pembeli bersedia untuk melakukan pembayaran barang yang dibeli jika pihak penjual juga bisa mengantarkan barang ke suatu tempat yang telah ditentukan sesuai dengan apa yang menjadi kesepakatan bersama.

Penjual dan pembeli melakukan suatu kesepakatan untuk bertemu dan selanjutnya akan melakukan transaksi secara langsung. Akan tetapi transaksi secara langsung ini hanya untuk membayar dan mengantarkan barangnya saja, pembeli tidak dapat memilih barang yang lainnya untuk dibeli. Hanya saat pembeli sudah menentukan barang apa yang ingin dibeli maka barulah mereka memakai layanan COD atau cash on delivery untuk transaksi yang selanjutnya.

Tak hanya sekedar bertemu saja, COD ini juga dipakai para penjual untuk dapat memberikan pelayanan tambahan kepada pembelinya, yang dimana penjual bersedia untuk mengantarkan barang dagangannya ke tempat yang telah ditentukan tanpa adanya ongkos kirim. Nah, kalau anda sedang menemukan sebuah lapak online yang memberikan tulisan di lapaknya bahwa bersedia untuk COD maka anda sebagai pembeli berhak untuk mendapatkan layanan ekstra dari penjual dalam bentuk bebas ongkos kirim dalam area tertentu yang telah ditentukan oleh penjual atau kesepakatan bersama.

Akan tetapi terkadang terdapat juga kesalahan dari pihak penjual, jika anda mendapatkan lapak yang menuliskan COD, tetapi penjual tak bersedia mengantarkan barangnya. Oleh karena itu, anda mesti lebih teliti lagi dalam memilih penjual yang memang benar-benar ingin memberikan layanan COD. Jadi sebaiknya, sebelum anda menentukan untuk membeli barang maka tanyakan secara terlebih dahulu mengenai COD yang dituliskan oleh penjual tersebut.

Baca Juga  Pengertian Kemasan, Tujuan, Fungsi, Jenis-Jenis & Manfaat Kemasan

Berdasarkan arti cash on delivery yang ada di atas maka pengertia COD dalam bisnis online bisa kita simpulkan bahwa COD adalah suatu layanan yang dimana seorang konsumen sudah bersepakat dengan penjual secara online untuk membayar jika barang yang dibeli oleh pembeli bisa sampai ke tempat pengiriman yang telah ditentukan bersama. Tidak seperti halnya sistem pembayaran yang biasanya kita lakukan dalam bisnis online, yang mewajibkan untuk transfer uang terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mendapatkan barang yang dibeli oleh pembeli.

Biasanya yang seringkali menawarkan COD ini yaitu perusahaan lokal yang tak akan pernah menolak kalau bertemu secara langsung. Karena COD itu sendiri tak akan memberikan kerugian dari kedua bilah pihak.

Jangkauan Layanan COD

Meskipun jenis transaksi COD atau Cash On Delivery ini menjadi salah satu transaksi alternatif yang mungkin sering dilakukan dalam usaha jual beli online. Akan tetapi mesti anda ketahui bahwa layanan COD juga mempunyai pengecualian.

Pertama, pelayanan COD atau Cash On Delivery ini mempunyai jangkauan wilayah yang terbatas. Oleh karena itu, tak semua wilayah di Indonesia bisa terlayani dengan menggunakan COD. Hal tersebut sudah tentu menjadi hal yang jelas mutlak bisa dilakukan, karena tak mungkin kalau barang penjual yang berada di Surabaya itu diantarkan secara langsung kepada pembeli yang berada di wilayah Jakarta. Apakah anda ingin menanggung biaya perjalanan Pulang Pergi Surabaya – Jakarta? PAstinya tidak mau bukan? Jadi layanan COD itu biasanya terbatas hanya dapat dilakukan pada satu wilayah tersebut atau lokal. Semisal, di Semarang, maka COD hanya bisa terjadi di sekitar wilayah Semarang dan sekitarnya, sesuai dengan apa yang menjadi kesanggupan penjual untuk jangkauan wilayahnya.

Dan yang kedua, COD ini terkadang akan dikenakan tarif tambahan atau ongkos kirim kalau lokasi pembeli berada di luar dari jangkauan layanan COD dari penjual, akan tetapi masih dalam lingkup wilayah yang sama. Semisal, penjual yang berada di wilayah Surabaya kota akan memberikan layanan COD, akan tetapi hanya satu wilayah saja di kota itu. Dan jika berada di luar wilayah tersebut maka akan dikenakan ongkos kirim atau tarif tambahan.

Oleh karena itu, pada layanan COD atau Cash On Delivery mesti menghasilkan kesepakatan bersama tentang transaksi yang akan terjadi. Jika masih berada dalam satu wilayah yang dekat maka anda sebagai pembeli bisa secara langsung mengunjungi toko tersebut. Sesuaikan juga dengan lokasi anda saat itu dengan wilayah layanan COD yang disanggupi oleh penjual tersebut.

Baca Juga  Manfaat dan Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kelebihan dan Kekurangan COD (Cash On Deliver)

Kita sudah memahami arti cash on delivery atau COD maka selanjutnya kita akan membahas tentang kekurangan dan kelebihan COD baik untuk para penjual dan pembeli. Nah, berikut ini penjelasannya.

Kelebihan Cash On Delivery

Anda akan memperoleh keuntungan yang banyak sekali jika memakai transaksi COD. Keuntungan COD yang pertama yang akan diperoleh bagi para pembeli yaitu bisa secara langsung melihat kondisi barang yang akan dibeli, bahkan bisa mencobanya secara terlebih dahulu sebelum membeli, sesuai kesepakatan dengan penjualnya. Dibandingkan jika anda melakukan transaksi dengan pengiriman, pastilah anda tak akan dapat melihat kondisi barangnya secara langsung.

Yang kedua, anda sebagai pembeli bisa melakukan negosiasi dengan penjualnya dalam rangka menawar harga yang sudah ditentukan penjualnya secara langsung setelah melihat kondisi barangnya. Dan yang paling istimewa yaitu anda tak akan kehilangan biaya untuk ongkos kirim, akan tetap hal tersebut hanya berlaku untuk online shop yang berada pada satu wilayah lokal saja.

Dan keuntungan COD bagi para penjual yaitu mereka akan memperoleh citra yang baik dari pembeli dan mendapatkan sebutan sebagai penjual online yang terpercaya. bahkan si pembeli akan menginformasikan kepada teman-temannya dan saudaranya untuk merekomendasikan toko anda sebagai penjual yang terpercaya untuk membeli barang-barang yang serupa.

Kekurangan Cash On Delivery (COD)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa COD mempunyai jangkauan wilayah yang terbatas. Oleh karena itu, bagi pembeli tidak selamanya bisa menikmati layanan COD. Penjual yang berada di wilayah yang jauh masih tetap akan meminta biaya tambahan ongkos kirim kalau anda berada di luar jangkauan wilayah COD dari penjual.

Sedangkan bagi penjual, kekurangan COD yaitu mereka mesti rela mendapatkan resiko yakni merelakan kehilangan ongkos kirim demi mengantarkan barang yang sudah dipesan oleh pembeli.

Nah, demikianlah informasi tentang arti Cash On Delivery atau COD. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan info tentang Cash On Delivery. Terimakasih atas kunjungannya.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Arti Cash On Delivery (COD) dan Kelebihan Serta Kekurangannya | Artikel Bermanfaat | 4.5