[Jawaban] Ar rahman Arti nya adalah Makna dan Kandungan

Tahukah ar rahman arti nya apa? Tentu saja, kandungan surat Ar-Rahman ini sangatlah baik sehingga surah Ar Rahman sangatlah dianjurkan untuk bisa dibaca pada setiap harinya. Surat ini mempunyai arti bahwa Allah yang maha Pemurah dan mempunyai 7 keutamaan untuk umat Muslim.

Surat Ar-arrahman merupakan surat ke-55 yang terdiri atas 78 ayat dimana berisi tentang pemberitahuan mengenai nikmat-nikmat Allah yang begitu mengagumkan. Bahkan di dalamnya juga berisikan kandungan tentang rahmat Allah Swt secara nyata baik di dunia maupun di Akhirat.

Makna surat Ar-Rahman ini akan dapat memberikan motivasi kepada seorang muslim untuk bisa semakin menambah keimanannya terhadap Allah Swt. Bahkan, salah satu dari penggalan ayat surah Ar Rahman itu ada yang diulangi sebanyak 31 kali karena memiliki arti yang maha dahsyat.

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān
Artinya: Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Baca Juga  Masya Allah, Inilah Kecerdasan Semut Yang Harus Diketahui

Nah, berikut ini terdapat 5 keutamaan surah Ar-Rahman yang wajib kita ketahui sebagai umat Muslim.

ar rahman arti nya

Ar arrahman arti nya?

Keutamaan Surah Ar-Rahman

1. Tingkatkan keimanan

Kata “Ar Rahman” membantu kita untuk bisa lebih banyak lagi memuji Allah Maha Pemurah. Untuk dapat meningkatkan keimanan, maka sebaiknya bacalah surah Ar-arrahman Arab beserta dengan artinya.

2. Mendapat Ridha Allah

Secara ringkas bahwa isi pada penjabaran surah Ar-Rahman adalah menjelasakan segala bentuk nikmat Allah Swt yang sangatlah banyak yang diberikan kepada makhluknya. Sehingga menjadi pengingat kepada kita untuk senantiasa mempunyai sifat yang penuh kasih sayang terhadap Allah dan segala makhluknya.

Bagi anda yang memang rutin membaca surah Ar-Rahman disebutkan bahwa Allah akan menyayangi segala kelemahannya dan meridhoi segala nikmat yang telah dikaruniakan kepadanya.

Baca Juga  [Jawaban] Arti Yaumul Milad Adalah: Makna dan Tulisan Arab

3. Mensyukuri Nikmat

Pengulang pada ayat fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān (Surat Ar Rahman Latin) yang artinya maka nikmat Tuhan anda yang manakah yang anda dustakan? Tentu saja menjadi pengingat bagi diri kita bahwa terdapat banyak sekali nikmat yang sudah Allah berikan.

Saat kita sedang merasakan keterpurukan, patut mengingat bahwa kita hidup dan bernapas juga termasuk bagian dari nikmat ALlah yang mesti disyukuri.

4. Matinya orang yang membaca Ar-rahman seperti syahid

Pada Tsawabul A’mal telah dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa “Barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

Baca Juga  Pengertian Hadas dan Macam-Macam Hadas

Itulah yang telah disebutkan dengan salah satu kelebihan dari surat Ar Rahman.

5. Mendapat Syafaat di hari Kiamat

Jika anda yang selalu senantiasa membaca surat Ar Rahman saat bangun pada malam atau sesudah sholat maka Allah akan dapat membuat berjumpa dengan dirinya pada hari kiamat dengan bentuk manusia yang paling indah dan baunya sangat harum.

Nah, demikianlah informasi tentang jawaban ar rahman arti nya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan info terkait arti ar rahman. Sekian dan terimakasih

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Ar rahman Arti nya adalah Makna dan Kandungan | Artikel Bermanfaat | 4.5